APA?! 7 Pemahaman Populer yang Selama Ini Salah Dimengerti

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jul 31, 2016

#SahabatTelunjuk, pernahkah kamu bertanya jika pengetahuan yang kamu ketahui benar adanya? Did you know jika terdapat beberapa pengetahuan populer yang kita pahami sehari-hari justru seringkali keliru. Seperti, manusia hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak untuk berfikir atau kopi yang notabene tidak sehat untuk tubuh. Dilansir dari marcandangel, terdapat 7 hal pengetahuan populer yang selama ini salah dimengerti oleh masyarakat. Untuk mengetahuinya, simak daftar di bawah ini ya.

1. Manusia hanya menggunakan 10% dari kapasitas otaknya

Manusia mungkin hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak yang ada dalam satu waktu, namun kapasitas tersebut hampir mencukupi kapasitas keseluruhan yang dimiliki oleh otak kita untuk mengukur dan mengkalkulasi data secara akurat. Maksudnya, ketika sisi kreatif dari otak sedang bekerja, otak lantas tidak akan memproyeksikan rumus jajaran genjang yang kamu ketahui. Otak secara selektif akan menggali memori yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

2. Hasil lie detector akurat

Beberapa dari kamu pasti percaya jika alat ini dapat mendeteksi seluruh kesalahan dan membuktikan jika seseorang sedang berbohong atau berkata jujur. Well, Menurut Civil Liberties Union pada pernyataannya 1996 silam "tidak ada satu mesinpun yang dapat mendeteksi kebohongan." 'Lie detector' tidak mengukur apakah seseorang sedang berkata jujur; namun alat tersebut mengukur dan merekam perubahan tekanan darah serta pola nafas dan perspirasi. Namun, hal-hal yang diukur tersebut dapat dimanipulasi oleh perubahan emosi dan lainnya. Maka, jika kamu pernah menonton sebuah film dimana seseorang bisa memanipulasi hasil lie detector menggunakan metode tertentu. Hal ini bisa benar adanya, karena lie detector tidak bekerja untuk mendeteksi kebohongan.

3. Kopi tidak baik bagi tubuh

Well, para pencinta kopi pastinya akan bersebrangan dengan pengetahuan satu ini. Sebenarnya, meminum kopi berhubungan erat dengan moderasi dan juga waktu. Jika kamu meminum seliter kopi menjelang malam hari, maka kamu akan terus terjaga hingga pagi hari, dan hal ini yang dinilai kurang baik bagi kesehatan. Namun, kopi dipercaya sebagai sumber baik dari antioksidan. Mengkonsumsi kopi juga erat dikaikan dengan berukurangnya risiko akan kanker dan penyakit kronis tertentu. Bahkan beberapa penelitian menyimpulkan jika konsumsi kopi yang wajar dapat menjadi sumber energi yang baik ketika akan berolahraga.

4. Kamu dapat meminum air sebanyak yang kamu mau

SahabatTelunjuk, hal ini mungkin terdengar sangat aneh namun terdapat mereka yang kehilangan nyawa dari overdosis air. Kok bisa? Kondisi overdosis terjadi ketika terdapat volume air berlebihan dalam tubuh yang menyebabkan berkurangnya kadar garam dalam tubuh. Kondisi ini akan berakibat fatal pada otak dan organ lainnya dan berujung pada koma atau kematian. Maka, selalu perhatikan konsumsi air serta makananmu setiap hari. Memasok air yang cukup pada tubuh harus juga dibarengi dengan keseimbangan akan asupan zat lainnya.

5. Sayuran mentah lebih sehat untuk tubuh

Dengan pola hidup sehat yang kini semakin berkembang dan diadopsi oleh masyarakat. Mereka lalu berlomba-lomba menemukan kombinasi makanan lebih sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satu opsinya adalah memakan sayuran mentah. Beberapa sayur seperti wortel dan selada memang terbukti lebih sehat ketika dimakan mentah. Namun, memasak sayuran lain seperti bawang bombay dan bawang putih dapat meningkatkan variasi dan kekuatan dari nutrisi yang dihasilkan oleh sayuran tersebut. Maka, tubuhmu menyerap lebih banyak nutrisi baik. Sebagai tambahan, memasak sayur terlebih dahulu sebelum menyantapnya mengeliminasi potensi akan kontaminasi bakteri yang tidak baik untuk tubuh seperti salmonella lho.

6. IQ adalah satu-satunya pengukur intelenjensi seseorang

Untuk mengetahui seberapa cerdas seseroang, seringkali kita bertanya berapa IQ orang tersebut. IQ, salah satu tes intelenjensi yang pastinya sudah kamu lakukan menjadi salah satu pengukur atas kecerdesan atau seberapa pintar seseorang. Sehingga kita seringkali berpendapat jika seseorang ber-IQ rendah, maka ia notabene tidak sepintar dirimu yang digolongkan ke kalangan para Superior. tes IQ adalah salah satu datu banyak teknis yang belum sempurna untuk mengukur intelejensi. Hal yang perlu dipahami adalah tes IQ tidak mengukur tingkat kreatifitas, kemampuan sosial, kebijakan, kebiasaan dan potensi yang mungkin yang dimiliki seseorang sebagai ukuran dari intelenjensi. IQ dapat digunakan sebagai alat ukur dasar potensi intelektual namun tidak serta merta mencerminkan kecerdesan seseorang secara keluruhan dan akurat.

7. Masturbasi notabene tidak sehat

Tersenyum pasti menjadi reaksi pertama pada setiap laki-laki yang membaca penjelasan ini. Dikhususkan untuk para lelaki, penelitian menunjukkan jika melakukan masturbasi ketika muda dapat mengurangi risiko kanker prostat. Seperti kita ketahui, para lelaki sangat rentan atas kanker yang satu ini. Maka, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sedini mungkin.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru