5 Destinasi Paling Update di Pulau Jawa, Hati-Hati No 4 Bakal Bikin Kangen

Oleh Via Permata Suci @ViaPermataSuci

Aug 29, 2017

Who needs Vitamin-SEA? Pasti banyak banget diantara kalian yang rasanya udah butuh banget liburan dan pengen kena angin-angin pantai. Salty hair, sandy toes, sunny day. Wah ngebayanginnya aja udah seneng banget. Kali ini Telunjuk akan kasih rekomendasi destinasi wisata pantai di pulau Jawa yang tentunya bisa jadi opsi buat kamu yang mau merencanakan liburan. Langsung aja yuk disimak :

1. Banyuwangi

Terletak di ujung Timur pulau Jawa, Banyuwangi udah terkenal oleh keindahan alamnya. Bagi kalian yang ngaku anak pantai, wajib main ke Banyuwangi. Saking cantiknya, Banyuwangi dijuluki sebagai The Sunrise of Java. G-Land (Pantai Plengkung), salah satu spot surfing paling hype ini juga terletak di Banyuwangi. Sederetan pantai lainnya seperti Pantai Pulau Merah, Pantai Sukamade, dan Pantai Teluk Hijau pastinya gak boleh sampai terlewat kalau berkunjung ke Banyuwangi. Gak cuma wisata pantai aja, kalian harus banget berkunjung ke Kawah Ijen. Disana, kamu bisa melihat fenomena blue fire yang ternyata cuma ada di 2 tempat di dunia, yaitu di Kawah Ijen, Banyuwangi dan di Iceland. Fenomena ini terjadi biasanya sekitar pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Penasaran? Langsung cek tiketnya aja kalo gitu :) Tips : Berlibur ke pantai wajib hukumnya buat bawa sunglasses. Bosen sama sunglasses yang itu-itu aja? Yuk cek disini!

2. Pulau Peucang

Pulau ini terletak di provinsi Banten, berseberangan dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Ada yang udah tau? Yup, Pulau Peucang. Menurut beberapa teman yang gemar traveling, katanya pulau ini dijuluki sebagai surga-nya pulau Jawa. Bagi kalian yang tinggal di Jakarta, dibutuhkan waktu 9 jam untuk bisa sampai ke dermaga penyebrangan di Kecamatan Sumur, lalu kalian bisa menempuh jalur laut untuk sampai ke pulau ini, kurang lebih 4 jam. Capek dijalan pasti langsung terobati kok saat melihat indahnya pulau ini. Pulau ini terbilang cukup kecil, luasnya hanya 450 hektar. Dikelilingi oleh pasir putih dan pantai yang biru dan super jernih bikin mata kamu nggak kedip! Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan kijang yang berkeliaran ditepi pantai. FYI, nama Pulau Peucang berasal dari bahasa Sunda, Peucang yang artinya Kijang. Tips : Jangan biarkan kulit kamu gosong terbakar sinar matahari. Pakai sunblock dengan SPF yg cukup tinggi untuk melindungi kulit kamu. Temukan disini :

3. Pantai Cimaja

Penat sama kemacetan Jakarta? Tandanya kamu butuh short-escape. Yang satu ini mungkin bisa jadi opsi buat kamu. Pantai Cimaja, terletak di bagian selatan Sukabumi. Cukup dengan 6 jam perjalanan dengan mobil dari Jakarta, kamu sudah sampai di Cimaja. Pantai Cimaja dikelilingi oleh tebing-tebing dan persawahan, pas banget dong buat short-escape. Akomodasi dan fasilitas di Cimaja juga terbilang cukup maju. Udah banyak resort-resort yang bisa kamu temui disana, salah satunya Karang Aji Beach Villa. Kalau kalian sering liat feed Instagram para travel blogger, pasti udah gak asing lagi nih. Desain exterior dari Karang Aji Beach Villa ini emang eye catching banget. Bagian luar Karang Aji Beach Villa terbuat dari kolase kaca warna warni yang pastinya membuat villa ini beda dari yang lain. Nggak perlu merogoh kocek mahal-mahal kok. Untuk bisa menginap disini, kamu cukup menyiapkan budget sebesar Rp 400.000. Pocket friendly kan? Tips : Jalan-jalan ketempat se-lucu ini sayang banget kalo nggak foto-foto, Sahabat Telunjuk. Dapetin kamera mirorless dengan harga dan kualitas terbaik disini :

4. Dieng Plateau

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dan unik, Dieng juga terkenal dengan hasil pertanian dan agrowisata yang menarik. Terletak diketinggian 2093 mdpl, Dieng menawarkan wisata alam yang tidak terlupakan. Salah satunya, menikmati Golden Sunrise di Puncak Sikunir. Parah sih. Sekeren itu. Buktiin sendiri, you can thank me later. Setelah terpukau oleh Puncak Sikunir, main-main ke Telaga Warna. Telaga Warna mengandung sulfur yang tinggi sehingga bisa berubah warna jika terkena cahaya matahari. Demi feeds Instagram yang kece, jangan lupa mampir ke Batu Ratapan Angin. Selain bisa foto ala travel blogger, kalian bisa melihat pemandangan 360 derajat Dieng Plateu. Jangan lupa beli kentang buat Ibu dirumah, Sahabat Telunjuk. Dieng terkenal sebagai penghasil kentang terbesar di pulau Jawa. Tips : Karena suhu udara di Dieng ini dingin banget, kalian harus memakai mantel atau sweater supaya gak menggigil.

5. Gunungkidul, Yogyakarta

Darimana pun kalian berasal, Jogja selalu jadi kota yang nyaman buat pulang. Nggak cuma terkenal dengan pohon beringin di alun-alun Kidul, jajan batik di Mirota, dan makan lesehan di Malioboro, masih banyak lho yang bisa diexplore dari Jogja. Yuk, main-main ke sederetan Pantai di Gunung Kidul. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Wedi Ombo, disini terdapat laguna yang bersebelahan dengan pantai. Jadi, kamu bisa berenang atau ngambang-ngambang tenang disana. Belum puas main di Wedi Ombo? Langsung melipir ke Pantai Ngrumput yang gak kalah booming. Pantai Ngrumput kabarnya jadi favorit bagi traveler yang suka camping. Walaupun nggak terlalu luas, tapi pemandangan alamnya bikin betah. Tapi jangan sampai nggak pulang ya, hehe :D Tips : Gak mau dong kalau tiba-tiba gear kalian basah terkena ombak pantai. Nah, disarankan banget untuk menggunakan dry-bag nih, Sahabat Telunjuk. Kamu bisa dapetin dry-bag nya disini :

Pasti kalian langsung gak sabar pengen liburan kan? Kalau kalian punya destinasi yang pengen direkomendasiin, yuk langsung comment dibawah ya! Jangan lupa liburan :)

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru