Ini 3 Kontroversi Uber di Seluruh Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Nabilla Aidid @arsenails

Oct 29, 2015

article_image
article_image

1. Amerika Serikat

Salah satu kontroversi dahsyat mengenai Uber terjadi di Amerika Serikat, negara asal si taksi. Pada April lalu, terdapat seorang pengemudi Uber berizin melepaskan tembakan ke arah seorang pria yang baru saja menembak sekelompok pejalan kaki di suatu kawasan di Chicago. Bukti pengadilan membeberkan jika pria tersebut menembak para pejalan kaki tepat di depan kendaraan si pengemudi. Sontak si super Uber tersebut melesakkan pelurunya. Setelahnya di bulan Juni, Uber melarang pengemudi dan penumpang membawa senjata api demi keselamatan dan kenyamanan.

article_image

2. India

Kontroversi yang terjadi di India bahkan tidak bersifat main-main. Seorang pejabat tinggi pemerintahan di indonesia telah mengajukan permintaan untuk memberhentikan Uber di seluruh India setelah terdapat salah seorang pengemudinya yang dituduh memperkosa seorang penumpang perempuan.

article_image

3. Cina

Pada Januari tahun ini, pemerintah Cina dengan tegas melarang pengemudi Uber menawarkan layanan mereka melalui aplikasi Uber. Polisi menyantroni kantor Uber di Guangzhou dan menyita ribuan iPhone serta peralatan lainnya yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Komisi transportasi di Guangzhou berpendapat jika Uber mengoperasikan layanan taksi ilegal dan tidak memiliki izin bisnis yang jelas dan layak.