Telunjuk Indonesia’s Next Smart Shopasista: Pengalaman Belanja Online yang Luar Biasa

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Dec 22, 2015

oleh Rizka Wulandari, peserta #TelunjukINSS, Bandung

 

Tinut... Tinut.. Tinut....

Bukan, itu bukan suara mobil ambulance di tengah jalan melainkan suara handphone saya ketika ada

panggilan masuk.

“Halo dengan mbak Rizka?” Tanya seorang wanita di sebrang sana.

“Iya.. Betul.. Kenapa ya?”

“Selamat ya... Mbak terpilih menjadi peserta Telunjuk Indonesia’s Next Smart Shopasista perwakilan

Kota Bandung... bla bla bla dst!”

Sambil jingkrak-jingkrang tidak karuan, saya berusaha menjawab dengan se-cool mungkin.

“Oke.. Makasih banyak ya!”

***

Betapa senangnya saya yang hobi mantengin berbagai website e-commerce plus doyan ngechat admin online shop mendapat kesempatan untuk dibayarin belanja online sebesar 2,5 juta rupiah sama telunjuk.com! Semua itu gara-gara saya terpilih menjadi salah satu peserta Indonesia’s Next Smart Shopasista by telunjuk.com. Sebuah ajang pencarian bakat smart online shopaholic yang terdiri dari 6 orang di 6 Kota Indonesia yakni Medan, Surabaya, Bali, Makassar, Bandung dan Jakarta. Keenam peserta ini didatangi tim telunjuk di kota masing-masing dan ditantang untuk belanja online sebesar 2,5 juta rupiah di website telunjuk.com dalam kurun waktu 1 jam sambil dimanjakan dengan makan di resto mewah. Bukan hanya itu, ada grand prize liburan ke Gili Trawangan bagi si pemenang utama! Sis, mantap banget, kan?

 

Cihampelas Walk – 19 Desember 2015

Ciwalk kali ini terasa berbeda. Mall di Jalan Cihampelas Bandung yang biasa dipadati oleh banyak orang malah terlihat sangat sepi. Ya, semangat yang terlalu menggebu-gebu membuat saya datang terlalu pagi dari jam yang ditentukan tim telunjuk. Tentunya, kesempatan ini saya gunakan untuk berfoto selfie dengan outfit stunning red ala telunjuk.com

 

Menyemangati diri sebelum memulai hari

Akhirnya sebuah chat tim telunjuk masuk pada aplikasi whatsapp saya. “Tim telunjuk telah tiba. Hore! Hore! Hore!” ujar saya dalam hati dengan nada lagu tasya – libur tlah tiba. Mengikuti aba-aba  yang diberikan, saya pun memasuki korean resto yang dimaksud. Mencari tim telunjuk bukan perkara yang sulit karena sebelumnya saya terlanjur kepoin para peserta lainnya dari Medan, Surabaya, Bali, Makassar yang ditemani oleh dua mz mz ganteng dari tim telunjuk! Dengan gugup akhirnya saya duduk di depan kedua tim telunjuk tersebut. Di atas meja telah disajikan sebuah note lucu bertuliskan “I could give up shopping, but I’m not a quitter” yang harus saya tulis dengan wish list. Setelah dicoba, ternyata menulis shopping list itu lebih susah dari merangkai surat cinta. Dibutuhkan banyak fikiran untuk sekadar menuliskan apa yang kita inginkan. Gak percaya? Coba buktikan sendiri khasiatnya.

 

Setelah mencurahkan seluruh keinginan ke dalam deretan wishlist, saya pun melaju ke dalam mall untuk survei offline untuk membandingkan harga barang di online store dengan offline store. Naluri shopasista saya tertantang, dengan gesit saya memasuki satu persatu toko di Cihampelas Walk untuk survei dan syuting. What, syuting? Iya, selama survei saya ditemani mz Arya, tim telunjuk berhidung mancung, brewokan, dengan tatanan rambut unik yang sigap mengambil gambar, serta mz Adri, tim telunjuk beranting hitam dengan tatto keren di tangan kanan kirinya yang ahli merekam semua aktivitas. Cuman di #TelunjukINSS yang bisa begini! X)

 

Setelah survei offline selesai, bersiap untuk tantangan belanja online! Yippie! Dari Cihampelas Walk kami berlenggak menuju Sierra cafe, tempat makan sejuk berlokasi di Dago dengan view kota  Bandung yang memukau. Jangan envy, please :))

 

Ini dia saat yang ditunggu-tunggu. Tantangan belanja online di website telunjuk.com dalam waktu 1 jam pun dimulai. Seketika saya pindahkan satu persatu barang di daftar shopping ke website telunjuk.com. Btw, dipindahkan dengan cara diketik namanya ya, bukan diangkut satu-satu.

 

Btw, telunjuk.com itu unik banget! Buat yang seneng banget belana online, telunjuk.com bisa jadi teman baik kita, lho. Di tampilan beranda telunjuk.com terdapat kolom putih yang bisa kamu ketik dengan barang yang kita pengen dan seketika itu pula barang yang kita cari akan muncul dengan harga yang berbeda-beda di setiap merchant-nya. Telunjuk.com itu ibarat search engine yang bisa mencari apa pun yang kamu mau, untuk mendapatkan harga yang terbaik. *brb ketik kata kunci jodoh masa depan* Hardisk eksternal. Barang impian yang kepengen banget dibeli akhirnya saya tuangkan ke dalam kolom putih di telunjuk.com. Seketika berbagai tipe dan variasi harga hardisk eksternal muncul di layar pc. Akhirnya pikiran saya jatuh kepada “WD Passport Ultra New Premium 1TB USB 3.0 - Black Free softcase + Pen” dari mataharimall.com yang memberikan fasilitas free ongkir atas semua barang yang kita beli. Ketika beli online, free ongkir adalah sebuah anugrah terindah yang pernah ku temui. Belajar dari pengalaman belanja sebelumnya, dulu pernah belanja online dengan nominal barang Rp500.000,- pas di checkout berubah jadi Rp600.000 karena ongkir membengkak. Huft moment. Tidak mau jatuh ke lubang yang sama, maka dari itu saya berbelanja semua wish list di mataharimall.com agar mudah, bebas ongkir, dan juga terpercaya hihi.

 

“Yak waktunya habis.” Mas Arya The Time Keeper mengingatkan saya yang asyik ngeborong untuk menghentikan aktivitas belanja online. Alhamdulillah, satu persatu barang yang saya cari di telunjuk.com berhasil saya masukan ke dalam wish list dengan cara mengklik gambar lonceng yang tertera. Belanja di telunjuk.com itu mudah banget. Ibarat sahabat di sekolah, telunjuk.com selalu memberikan rekomendasi yang baik bagi sahabat terdekatnya. Kini, saya tak perlu repot mengecek satu persatu harga barang di setiap situs e-commerce untuk mendapatkan harga termurah. Cukup buka telunjuk.com, apa yang kita butuhkan akan muncul! Kini, mudahnya belanja online sebelas duabelas dengan membalikkan telapak tangan. Trust me, it works!

 

Kyaaaa, uang sebesar 2,5juta rupiah yang diberikan pun bertransformasi menjadi 12 barang impian. Karena saya orangnya seneng jalan-jalan, barang yang dibeli mostly perlengkapan yang bisa dipakai bergaya saat traveling. Dan ini dia barang yang berhasil saya beli di telunjuk.com:

 

Filosofi wish list:

1. Powerbank Wallet 12.000mAh – White (biar bisa tetep update lagi traveling)

2. Smartfren Modem WiFi 4G LTE Andromax M2P – Putih (biar bisa menjangkau jaringan

tercepat dimana pun berada)

3. Arfu Dock Imperious 02 (sepatu boots tuk dipakai hari raya saat jalan-jalan)

4. Travel Pillow (bantal empuk anti pegel saat perjalanan jauh)

5. Exclusive Imports SKMEI Multi-Function Dual Display Digital Watch (jam tangan sport. Hal

krusial bagi para petualang. That’s why I buy it)

6. LA Girl Matte Pigment Gloss – Fleur (lipstik cantik biar tetep fresh saat traveling)

7. Etude House Drawing Eyebrow –Brown (walau jalan-jalan, alis musti kece, sis!)

8. WD Passport Ultra New Premium 1TB USB 3.0 - Black Free softcase + Pen (wadah besar

untuk menyimpan foto, video, dan semua memori tentang kamu saat traveling)

9. Palomino Ligero Handbag (keseringan bawa carrier, nenteng tas cantik boleh dong, sis?)

10. Central Kerajinan Gitar Ukulele Kentrung 4 Senar - Ukuran 58x21x8 cm - Hijau-Hitam (biar

pinter main ukulele. Bukan deng, biar bisa cover lagu di instagram haha)

11. Pigeon Toilettries Gift Set (kado buat kakak yang bentar lagi lahiran)

12. Kiddy Handuk Set Farm – Green (kado buat ponakan yang bentar lagi dilahirin)

***

“Beres.” Kata Mas Adri The Cameraman yang mendakan bahwa aktivitas syuting telah selesai. Fiuuuuuh. Makanan dan minuman yang telah dipesan di awal baru sempat saya nikmati. Maklum, waktu belanja yang dikasih cuma 1 jam, sebagai seorang Indonesia’s Next Smart Shopasista, urusan perut adalah hal kedua setelah urusan mata (red-belanja). Berakhirlah acara belanja online 2,5 juta ditemani dua tim telunjuk yang setia mendampingi ke-6 peserta #TelunjukINSS dari ke 6 kota besar selama 6 hari means 1 kota 1 hari. Super sekali!

 

Dear Tim Telunjuk, take me to Gili Trawangan, please. :”D

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru