8 Tas Pengganti Kantong Plastik yang Murah dan Ramah Lingkungan

Telunjuk.com App

Valerie Joan

Aug 26, 2020

75 Dilihat

8 Tas Pengganti Kantong Plastik yang Murah dan Ramah Lingkungan

Indonesia adalah negara dimana sampah plastik masih menjadi permasalahan serius bagi lingkungan yang tak kunjung terselesaikan. Seperti kita ketahui, plastik merupakan bahan yang amat sulit hancur dan dapat memakan waktu 400-1000 tahun untuk terdegradasi. Mengutip dari The Asean Post, Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik kedua terbesar setelah Tiongkok, dengan total 3,22 juta ton sampah pertahun yang dibuang ke lautan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh buruk bagi kehidupan biota laut, dimana sering ditemukan hewan laut yang memakan atau terjerat sampah plastik hingga akhirnya mati.

Pada tahun 2016 sebenarnya pemerintah telah melakukan upaya pengurangan sampah plastik dengan mengenakan biaya Rp200 untuk setiap satu buah kantong plastik di supermarket dan toko-toko ritel. Namun upaya tersebut ternyata kurang efektif karena harganya dinilai terlalu murah dan tidak cukup untuk membuat orang beralih menggunakan tas belanja ramah lingkungan.

Mulai tahun 2020, sebagian pemerintah daerah di Indonesia akhirnya memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai untuk belanja. Diantaranya termasuk DKI Jakarta, Bogor, serta Denpasar, Bali. Kini kita diharuskan membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja di pasar tradisional dan supermarket, atau membeli kantong belanja ramah lingkungan (dengan harga yang lebih mahal dan desain standar) sebagai alternatif pengganti kantong plastik. Maka jangan kaget apabila belanjaanmu di mall tidak lagi dibungkus dengan plastik dan mulailah membawa kantong belanjaanmu sendiri.

Selama pandemi COVID-19, tentunya tetap lebih aman belanja online di rumah saja. Namun apabila kamu harus belanja ke supermarket atau pasar tradisional, pastikan kamu tetap eco-friendly ya, Sahabat Telunjuk! Sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai, berikut ini 7 rekomendasi tas belanja ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

1. Cassava Bag / Kantong “Plastik” Singkong

Cassava Bag

Meskipun bentuknya mirip dengan kantong plastik pada umumnya, kantong “plastik” ini ramah lingkungan karena berbahan dasar singkong. Dilihat dari tampilan luarnya, cassava bag terlihat lebih halus dan elastis. Cassava Bag juga bersifat biodegradable, atau dapat terurai kembali ke alam hanya dalam waktu 2-6 bulan tanpa meninggalkan residu berbahaya. 

Rekomendasi Telunjuk: Telobag T-Shirt Bag

Harga mulai dari Rp45.000/50pcs

BANDINGKAN HARGA 

 

2. Canvas Bag

Canvas Bag

Tas kanvas merupakan salah satu pengganti kantong plastik yang lebih modis. Tas berbahan kanvas juga sering digunakan untuk bepergian, ke kampus, atau hangout santai karena desainnya yang simpel, bahannya yang kuat, dan harganya yang terjangkau. Salah satu tas kanvas yang populer adalah yang bertuliskan “Not a Plastic Bag”. Kamu bisa menemukannya di toko-toko online dengan harga mulai dari Rp40.000.

BANDINGKAN HARGA

 

3. Tas Belanja Lipat / Foldable Shopping Bag

Tas Belanja Lipat

Kamu suka belanja tapi nggak mau repot bawa tas besar? Kalau begitu kamu bisa beralih ke tas belanja lipat. Tas lipat seperti ini merupakan salah satu favorit Telunjuk karena bahannya ringan, praktis bisa dilipat kecil, tapi punya kapasitas yang besar. Banyak tas belanja lipat yang terbuat dari bahan parasut atau nilon, sehingga mudah dicuci, dan mampu membawa belanjaan yang berat. Tas belanja lipat atau foldable shopping bag kini banyak sekali macamnya dan dijual di toko-toko online dengan harga yang super terjangkau.

Rekomendasi Telunjuk: Bagcu Foldable Bag

Harga mulai dari Rp5.000an

BANDINGKAN HARGA

 

4. Mesh Shopping Bag

Tas Jaring Mesh

Mesh Shopping Bag biasa dikenal juga dengan sebutan tas jaring. Biasanya bahannya terbuat dari katun, sehingga bisa dicuci dengan mesin. Tas seperti ini sering digunakan untuk membawa buah-buahan, sayuran, atau dibawa ketika pergi ke pantai. Bahan jaringnya bisa melebar sehingga bisa muat banyak belanjaanmu.

BANDINGKAN HARGA

 

5. Trolley Shopping Bag

Tas Trolly

Selanjutnya ada trolley shopping bag, atau tas belanja yang dilengkapi dengan roda kecil di bagian bawah, jadi kamu tak perlu berat angkat-angkat belanjaan, tinggal tarik saja! Dengan kapasitas yang besar, trolley shopping bag cocok untuk dibawa belanja ke supermarket ketika kamu mau belanja bulanan atau mingguan.

Trolley shopping bag memiliki banyak ukuran dan jenis, mulai dari yang kecil hingga ukuran besar dan bisa kamu beli di toko-toko online mulai dari harga Rp28.000an.

BANDINGKAN HARGA

 

6. Tas Anyaman

 

Tas anyaman warna-warni yang sejak dulu identik dengan pasar tradisional kini diminati bahkan menjadi salah satu fashion item yang mendunia. Keranjang belanjaan ini juga tentunya bisa menjadi salah satu alternatif kantong plastik yang murah dan lebih ramah lingkungan. Meskipun bahan tasi ini juga biasanya terbuat dari plastik (ada juga yang terbuat dari rotan), namun pemakaiannya bisa bertahan selama bertahun-tahun, plus pilihan warnanya yang beragam pun bisa menjadi aksesoris yang unik untuk OOTD-mu. 

Kamu bisa mendapatkan tas anyaman ini di beragam toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan toko-toko online lainnya di Indonesia. Harganya pun juga sangat terjangkau, biasanya berkisar mulai dari Rp20.000-100.000an untuk berbagai ukuran.

BANDINGKAN HARGA

 

7. Tas Spunbond 

Tas Spunbond

Di pasar swalayan, biasanya tas berbahan spunbond dijual sebagai pengganti kantong plastik. Tas berbahan spunbond juga sering digunakan untuk menjadi goodie bag atau pembungkus suvenir. Alasannya tak lain karena harganya yang murah, material yang kuat dan ringan, tahan air, dan mudah untuk disablon. Meskipun kalah stylish dibandingkan canvas bag atau tas anyaman, tas spunbond ini tetap menjadi salah satu alternatif pengganti kantong plastik yang paling digemari.

Harga tas spunbond berkisar mulai dari Rp19.000/12 pcs untuk berbagai ukuran

BANDINGKAN HARGA

 

8. Tas Polypropylene

Tas Polypropylene

Polypropylene (PP) bags merupakan tas yang terbuat dari plastik daur ulang dan dapat didaur ulang. Polypropylene lebih kuat dibandingkan plastik LDPE pada umumnya dan lebih tahan terhadap panas, sehingga bahannya biasa digunakan untuk sedotan, karung, terpal, dan tentunya: tas. Salah satu tas polypropylene yang paling populer adalah IKEA Frakta yang sering digunakan untuk kantong belanja atau laundry. 

Selain bijak berbelanja online, tentunya kita juga harus bijak ketika belanja offline dengan membawa tas belanja sendiri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan ikut membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik di Indonesia. Let’s be a smart shopper!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored