[Sundul Gan!] Mencoba Menjadi dan Berfikir Seperti Andrew

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jun 06, 2016

"Sundul Gan", sebuah film biografi yang menceritakan tentang perjalanan pendiri dari komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus. Memvisualisasikan jatuh bangun yang dialami oleh kedua founder-nya, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata. Bermula dari Andrew, pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat, sedang dalam misi untuk memenuhi tugas kuliah yaitu membuat aplikasi & software gratis dengan melahirkan kaskus.us. Sundul Gan: The Story of Kaskus menginspirasi Lulu untuk membahas sang aktor utama, Andrew Darwis dan mengajak kamu untuk mencoba menjadi & berfikir seperti Andrew sang pendiri satu-satunya komunitas terbesar di Indonesia (be and think like a boss). Lalu, apa yang harus kamu lakukan dan gimana sih menjadi & berfikir ala pendiri Kaskus? Intip 5 benda yang bisa mendukung kamu mengembangkan "startup" ato komunitas kamu sendiri di bawah ini.

1. National Geographic Canvas Slender Bag

First thing off, untuk menjadi seorang Andrew Darwis, kamu yang demen coding & jago bahasa pemograman harus mempunyai tas selempang atau messenger bag. Kamu memerlukan tas bermuatan besar yang bisa menampung banyak bawaan dan tentunya berbahan kuat. Nggak lucu dong kalo tas mu tiba-tiba jebol atau putus di tempat umum? Hehehe well, Lulu merekomendasi Canvas Slender Bag dari brand National Geographic seharga 1,3jutaan yang didesain khusus buat kamu yang suka berpergian (mobile) dan suka nerd look. Lihat produk detailnya di Bobobobo ya!

2. Buku Collective Intelligence in Computer-Based Collaboration

Terlepas dari kamu merupakan bagian dari tech-team handal di negeri atau seorang mahasiswa yang sedang bingung dengan tugas akhir dan UAS, kamu perlu membawa text-book kemanapun kamu pergi. Andrew tidak membangun Kaskus seperti jinnya Roro Jonggrang lho, so Lulu yakin Andrew mendapat kepintarannya dari membaca buku, praktis tanpa henti, diskusi, dan sumber lainnya. Membaca buku bukan cuma memberikan kesan "nerd" aja kok, tapi juga kamu terlihat pintar, terlepas dari kamu mengerti bukunya atau tidak hahaha. Lulu merekomendasikan buku "Colletive Intelligence in Computer-Based Collaboration" oleh John B. Smith seharga 881ribu di Blanja.com

3. Noted Monochrome Series/Goal Planner

Apakah kamu percaya dengan ide yang selalu datang secara tiba-tiba di saat dan tempat yang terkadang kurang tepat? Well, ide susah sekali muncul ketika kamu benar-benar berfikir keras dan justru malah keluar ketika kamu sedang nongkrong, berdempetan di bis kota, dibonceng mas-mas gojek, ato justru saat nongkrongin kamar mandi. Untuk itu, biar ide-ide brilian tercebut tidak terbang begitu saja, kamu perlu memiliki agenda/organizer/notes sebagai wadah mencatat seluruh ide gila yang kamu miliki. Ide-ide tersebut mungkin tidak langsung terpakai namun percayalah semua akan indah saat waktunya. Murah aja kok, ada Noted Monochrome Series/Goal Planner seharga 30ribu aja yang bisa menjadi canvas dari seluruh pemikiran "outside the box" yang kamu miliki. Yuk belanja sekarang di Bobobobo.

4. Smartphone

Jika ingin membangun startup sendiri dan terkenal sebagai founder perusahaan ternama, kamu nggak boleh ketinggalan informasi kapan pun dan dimana pun kamu berada. Yayaya, kamu pasti sudah memiliki smartphone andalan di kantong kamu sekarang. Tapi, apakah kamu sudah memaksimalkan penggunaannya? Ato cuma dipake untuk chatting-an sama mantan doang minta balikan? Orang sukses nggak punya waktu cuma untuk ngurusin galau doang, sekarang waktunya mengoptimalkan kegunaan smartphone yaitu sebagai transmitter informasi relevan yang kamu perlukan untuk bisnis impianmu. Kamu juga bisa mencari rekomendasi smartphone dari berbagai brand ternama seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dan Lenovo di Telunjuk.

5. Acer Predator 15 G9-591-739C Notebook

Let's be honest, keinginan untuk loncat ke zona serius (in the zone) bisa datang kapan saja dan Lulu sudah menyarankan kamu untuk membeli tas selempang, wajib sifatnya untuk membawa laptop kemanapun kamu pergi. Dengan begitu, kamu bisa memasuki zona seriusnya kapan saja dan dimana saja. Ato, jika kamu sudah berhasil membangun wesbite sendiri, kamu bisa me-maintain bug & update dimana pun dan kapan pun. Mencari laptop yang baik untuk bahasa pemograman apapun sekaligus sumber hiburan yang krusial? Lulu merekomendasikan Acer Predator 15 G9-591-70XR (28jutaan - 1% OFF di Blibli). Dengan laptop ini, programming & gaming bisa berjalan harmonis dan bisnis tetap laris manis.

Sundul gan, sundul mimpi kamu dan terus berlari menggapai impian terbesar kamu! Sebelumnya, jangan lupa untuk memiliki kelima item di atas untuk membantu mobilitas dan impian mu ya!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru