Sebelum Beli, Pahami Dulu Panduan Belanja Mesin Cuci Menurut Tipe-tipenya

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 13, 2017

Semakin hari, ada aja perkembangan dan inovasi yang dilakukan oleh sektor elektronik. Biasanya, elektronik baru semakin memudahkan kamu dalam mengerjakan sesuai yang berat-berat. Seperti mesin cuci. Sekarang kamu bisa nyusi mulai dari merendam, ngucek, bilas, peras dan mengeringkan pakaian di satu mesin aja. Udah nggak perlu ngebilas dan ngeringin cucian berulang kali. Pokoknya, kamu semakin dimanjakan oleh mesin cuci terbaru, deh. Tapi, tahukah kamu jika mesin cuci mempunyai tipe/jenis tertentu dan memiliki kelebihan serta spesifikasi yang berbeda? Sebelum beli mesin cuci, pahami dulu tipe-tipe mesin cuci biar mesin cuci yang dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu dan makin nyaman nyuci pakaian!

 

Mesin Cuci Front-Load

Kalau kamu mencari tipe mesin cuci yang bisa memuat cucian dalam jumlah banyak dalams satu kali putaran nyuci, tipe front-load adalah yang paling pas. Mesin cuci front-load ini juga nggak boros pemakaian air, terus memiliki pulsator yang putarannya nggak terlalu cepat, so baju kamu nggak mudah rusak. Rekomendasi mesin cuci front-load yang bagus adalah LG Mesin Cuci Front Loading 14 Kg (8,8 juta, diskon 39% dari 14 juta di Lazada) untuk muatan besar. Juga ada ukuran lebih kecil dengan muatan hingga 7 kg dari LG, Electrolux, dan Samsung yang harganya beraga dari 3,8 - 5 juta.

 

Mesin Cuci Top-Load

Mesin cuci top-load biasanya berukuran lebih besar daripada mesin cuci dua tabung atau twin tube. Biasanya, mesin cuci tipe ini mempunyai sistem pulsator dengan pergerakan lebih cepat, so, kamu perlu memerhatikan jenis baju dan pakaian yang dimasukkan. Sekiranya kamu memiliki baju berbahan halus lebih banyak, so, pastiin kamu memilih tipe selain top-load. Mesin cuci tipe top-load ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki aktivitas padat. Karena mesin cuci tipe ini sudah dilengkapi dengan keahlian all-in-one yaitu mencuci, membilas, dan mengeringkan secara otomatis. Sehingga, kamu hanya perlu memasukkan pakaian dan deterjen ke mesin cuci dan mesin akan mengisi air sesuai dengan muatan dan memulai proses pencucian hingga pengeringan dan siap jemur. Tipe ini memiliki range harga relatif murah setelah mesin cuci twin tub (2 tabung) di antara tipe lain, mulai dari 2 jutaan dan brand terbaiknya adalah Samsung, Polytron, Sharp, LG, Sanyo, dan Midea.

 

Mesin Cuci Single Tub (Satu Tabung)

Mesin cuci single tub (satu tabung) dibedakan oleh letak bentuk pintu, yaitu pintu atas (top-load) dan pintu depan (front-load) yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas. Jadi, berdasarkan penjelasan sebelumnya, kamu bisa memilih mesin cuci top-load atau front-load sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa menyesuaikan budget yang kamu punya, karena mesin cuci satu tabung memiliki range harga luas mulai dari 2 jutaan hingga 15 juta.

 

Mesin Cuci Twin Tub (Dua Tabung)

Dikenal sejak tahun 1950-an dan beredar di pasar Inggris. Kini, brand-brand terkenal seperti Sanyo, Sharp, LG, dan lainnya memiliki versi mesin cuci twin tub sendiri dengan kualitas, harga, dan desain yang berbeda. Mesin cuci ini memiliki dua tabung dengan dua fungsi berbeda pula. Dimana satu tabung digunakan untuk mencuci dan tabung satunya untuk mengeringkan pakaian setelah pencucian. Dengan begitu, kamu perlu memindahkan cucian dari tabung cucian ke tabung pengering sebelum menjemur pakaian atau dengan kata lain proses pencucian masih manual berbeda dengan tipe top-load yang bisa kamu tinggal untuk melakukan aktivitas lain dan mesin cuci akan mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian secara otomatis. Biasanya memiliki kapastias sebesar 5 -9 kg, dapat mencuci dengan cepat, memiliki sistem pulsator dengan putaran dua arah sehingga membuat baju tercuci lebih bersih. Walaupun tergolong sebagai teknologi canggih, harga mesin cuci twin tub terbilang sangat terjangkau dengan kisaran harga mulai 1 jutaan.

 

Bandingkan Harga Mesin Cuci

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru