Mengapa 4 Mei Disebut Star Wars Day?

Oleh Valerie Joan @Valejoan

May 04, 2018

article_image

Tanggal 4 Mei dirayakan sebagai Hari Star Wars atau Star Wars Day bagi seluruh penggemar Star Wars di seluruh dunia. Kalau di filmnya kita pasti mendengar kalimat “May the force be with you”, maka pada tanggal 4 Mei yang terdengar adalah “May the 4th be with you”.

Fans star wars di seluruh dunia merayakan hari ini dengan cara yang berbeda-beda, misalnya nonton  atau kompetisi kostum dan melakukan parade.

 

Sebenarnya, bagaimana sih awal mula dan munculnya Star Wars day ini?

 

Berawal dari ucapan selamat untuk Margaret Thatcher

 

Ungkapan “May the 4th be with you” pertama kali diucapkan pada tahun 1979, dua tahun setelah film Star Wars pertama dirilis. Kalimat ini muncul dalam rangka memberikan selamat atas kemenangan Margaret Thatcher menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang berjenis kelamin perempuan. Kalimat ini terpampang di koran London Evening News yang berbunyi “May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulations.”

 

Walaupun ungkapan ini tidak diciptakan oleh Lucasfilm, studio pembuat Star Wars, tapi ungkapan “May the 4th be with you” dinikmati oleh seluruh fans Star Wars dan didukung pula oleh Lucasfilm.



Bagaimana Fans Merayakan Star Wars Day?


foto: The Globe and Mail

 

 

Penggemar fanatik Star Wars di seluruh dunia punya cara-cara untuk merayakan Star Wars Day tanggal 4 Mei. Soalnya, kapan lagi kamu bisa ngumpul dengan sesama fans Star Wars yang dress-up sebagai Stormtrooper, Princess Leia, Luke Skywalker atau bahkan Yoda dan nonton bareng, bertukar merchandise Star Wars atau melakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya?


foto: dok. Star Wars Day Toronto

 

Hari Star Wars dirayakan secara besar-besaran pertama kalinya pada tahun 2011 di Toronto Underground Cinema, Amerika Serikat. Pada waktu itu fans berkumpul untuk pemutaran film-film Star Wars, dan setelahnya melakukan lomba kostum karakter Star Wars.



Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merayakan Star Wars Day? Tulis pengalamanmu di kolom komentar di bawah ya!

 

Sumber: dailystar.co.uk

Artikel Lainnya

Artikel Populer

Artikel Terbaru