Irvins, Keripik Telur Asin Ikonik dari Singapura, Ternyata...

Oleh Valerie Joan @Valejoan

May 11, 2018

article_image

Siapa yang pernah mencoba Irvins Salted Egg Potato Chips atau Fish Skin? Keripik gurih rasa telur asin ini memang sejak beberapa tahun belakangan jadi snack favorit untuk oleh-oleh dari Singapura. Eits… siapa sangka, ternyata camilan kekinian ini diprakarsai oleh 3 bersaudara asal Indonesia! Adalah Ircahn, Ivan, dan Irvin Gunawan yang menjadi perintis sekaligus pemilik usaha camilan berlogo bebek ini.

 

Dilansir dari detikFood, Salted Egg Chips awalnya diprakarsai oleh Irvin, yang membuka usaha restoran Indonesia di Singapura. Salah satu menu yang menjadi favorit di restoran tersebut adalah Kepiting Telur Asin. Ircahn melanjutkan, "Tapi dua diantara yang customer paling suka adalah salted egg potato chips sama salted egg fish skin. Itu sekitar tahun 2013."

 

Irvin lalu menjual keripik kentang dan kulit ikan telur asin ini di stoples. Ia menjajakannya di sebuah booth kecil di stasiun MRT CBD Area. Dari sinilah Irvins perlahan berkembang sampai dipasarkan seperti sekarang sejak 2015. "Kemasannya yang dulu stoples akhirnya berubah jadi resealable pouches yang lebih praktis dan modern pada Juli 2016," timpal Ivan.

 Irvins

foto : irvinsaltedegg.com

Meski muncul beberapa kompetitor, tim Irvins yakin bisa tetap eksis mengingat seluruh produk keripiknya masih dibuat handmade. "Cara masak kita banyak masih menggunakan tangan dibanding kompetitor yang pakai mesin dan sebagainya. Kita stick what we do, handmade. Akibatnya volumenya lebih rendah tapi kualitasnya terjaga. Quality lebih penting dari quantity," pungkas Ivan.

 

Kini gerai Irvins tersebar di 8 lokasi di Singapura. Bahkan sudah merambah ke Filipina dan Hong Kong. Di Indonesia sendiri, Irvins belum memiliki booth atau gerai resmi. Namun Ivan, Ircahn dan Irvin sangat ingin memasarkan produknya secara resmi di Indonesia.

 

Mengenai tips sukses berbisnis di negeri orang, Ircahn dan Ivan yang masih berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) menekankan pentingnya visi.

 

"Lihat jangka panjang, jangan lihat jangka pendek. 'Langsung produksi sebanyak mungkin, jual sebanyak mungkin, make money as much as possible,' jangan lakukan itu. Kalau kamu suka sesuatu jadikan itu passion dan selalu fokus. Buat orang happy, buat orang puas. Pastikan kualitasnya bagus. And have fun," pungkas Ivan.

 

Kalau dulu, beli Irvins harus ngantri di salah satu counternya seperti di Vivo City atau di Changi Airport. Sekarang, buat penggemar Irvins Salted Egg Potato Chips dan Fish Skin, nggak perlu jauh-jauh ke Singapura lagi untuk beli camilan favoritmu ini. Kamu tinggal search aja ‘Irvins’ di Telunjuk, lalu pilih Salted Egg Chips Favoritmu, selesaikan pembayaran, tinggal tunggu aja deh! Paling enak nikmatin keripik telur asin Irvins sambil nonton serial tv favorit di akhir pekan! Kalau kamu, gimana cara terbaik nikmatin camilan kekinian ini? Tinggalkan komen di bawah ya!

 

sumber : detikfood

Artikel Lainnya

Artikel Populer

Artikel Terbaru