Ini 5 Pernak-Pernik Khas untuk Lengkapi Kebutuhan Sambut Imlek 2017

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 20, 2017

Tahun Ayam Api udah di depan mata. Menjelang Tahun Baru Cina, atau Imlek (Chinese New Year), warga Tionghoa dan keturunannya melakukan berbagai persiapan untuk menyambut datangnya pergantian tahun. Biasanya, mereka akan bersih-bersih rumah untuk mengundang keberuntungan, membeli bahan makanan khas Imlek seperti kue keranjang, jeruk mandarin, yee sang, hingga manisan, dan menghias rumah dengan pernak-pernik berbau Imlek. Persiapan tentu perlu dilakukan dari sekarang agar pergantian tahun semakin afdol dan membuat tahun baru penuh hoki. Kami merangkum 5 pernak-pernik khas Imlek yang syarat hoki sebagai inspirasi kamu mempersiapkan Tahun Baru Ayam Api nanti. Berikut adalah daftarnya:

1. Pohon Mei Hua

"Mei" memiliki arti cantik, sedangkan "Hua" atau "Hwa" berarti bunga dalam Bahasa Mandarin. Maka, "Mei Hua" berarti juga pohon bunga yang cantik. Saking cantiknya, pohon ini dijadikan sebagai bunga nasional negara Tiongkok, lho. Warna bunga Mei Hua yang merah muda akan menyejukkan, memperindah, dan membuat suasana rumah yang kaya akan unsur merah selama perayaan Imlek semakin nyaman. Biasanya, warga Tionghoa dan keturunannya akan menghias pohon tersebut dengan lampion-lampion kecil, amplop angpao, serta aksesoris lain yang berwarna merah dan emas. Pohon Mei hua yang mampu tumbuh disegala musim ini, selalu mekar setiap tahun baru akan tiba. Maka, pohon ini dipercaya bisa mendatangkan harapan dan rezeki setiap orang, memberikan semangat dan kegembiraan untuk menyambut kehidupan dan keberuntungan baru.

2. Lampion/Lantern

Sulit memisahkan keberadaan lampion dengan tradisi perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Selain akan terasa kurang meriah tanpa lampion, lampion merupakan pernak-pernik atau artefak budaya yang menandakan pergantian tahun. Muncul sejak Dinasti Xi Han pada abad ketiga masehi,filosofi lampion adalah sebagai simbol pemberi pengharapan jika di tahun baru ini bisa dibanjiri hoki, keberuntungan, kebahagiaan, dan rezeki yang berlimpah. Konon, legeda dari negeri Tiongkok mengatakan jika lampion juga berfungsi untuk mengusir makhluk buas Nian yang hobi mengganggu manusia, terutama anak kecil, hihi. Suasana meriah Imlek tentu akan lebih hidup berkat nyala lampu/api lampion yang menghiasi sudut rumah dan jalanan tempat tinggal.

3. Petasan dan Kembang Api

Tahun baru tentunya belum afdol tanpa dentuman keras petasan dan kemeriahan petasan dan kembang api. Petasan dan kembang api merupakan salah satu pertunjukkan terpopuler untuk membuat Hari Raya Imlek jauh lebih gaduh. Suaranya yang lantang dan rame dipercaya bisa membuat makhluk buas (nian) tersembunyi jadi ketakutan dan tidak jadi mengganggu manusia. Selain itu, petasan juga dipercaya bisa mengusir nasib-nasib buruk tahun sebelumnya dan mengharapkan masa depan yang lebih bahagia dan menyenangkan.

4. Angpao!

Bisa dipastiin, hampir seluruh anak-anak dan mereka yang masih lajang menanti Imlek dengan rasa gembira. Kenapa? Karena Imlek berarti juga banjir rezeki atau uang. Para orang tua dan mereka yang sudah menikah diwajibkan memberikan angpao (uang dalam amplop merah) kepada anak-anak dan yang belum menikah. Nggak ada keharusan dan peraturan untuk nominal angpao kok, cuma kalo bisa harus berupa uang kertas baru, wangi, dan tidak ada uang logamnya. "What you give is what you get", pemberian angpao dipercaya bisa memperlancar rezeki pemberinya di hari esok. Hayo, yang merayakan Hari Raya Imlek, udah siap nerima angpao? Ato udah nyiapin angpao? Hihiii

5. Baju-Baju Imlek

Perayaan Imlek yang kental dengan unsur warna merah bukan cuma ada di hiasan dan pernak-pernik aja, di baju juga. Baju-baju Imlek juga sangat beragam lho, ada Baju Qi Pao dengan brukat, Baju Cheongsam yang kini bisa kamu miliki dalam model beragam (dress panjang, dress selutut, dan blouse), Dress Penguin dengan gaya lebih playful, dan Dress Shanghai yang terbuat dari bahan lace bermotif bunga dan membuat pemakainya terlihat lebih elegan. Hayo, sudah siap baju imlek tahun ini?

Biar tambah hoki, cek promo-promo Imlek, Sin Cia/Chinese New Year yang sudah disipakan oleh berbagai toko online seperti Lazada, MatahariMall, Elevenia, dan Blibli khusus untuk kamu, yuk!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru