4 Ragam Elektronik Ini yang Menyebabkan Tagihan Listrikmu Membengkak

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 26, 2015

Menghemat energi (dan uang) di dalam rumah semudah mencabut perangkat elektronik dari listrik, atau dalam kata lain dengan tidak membiarkannya terhubung dengan listrik. Masa sih? Coba perhatikan setiap ruangan di rumahmu, apakah perangkat elektronikmu terhubung ke saluran listrik atau 'menyala'. Di dapur, kamu mempunyai mesin pembuat kopi, microwave, kulkas. Di ruang keluarga terdapat televisi, pemutar musik. Hingga di dalam ruang tidurpun, kamu mempunyai televisi (lagi), charger handphone, dan lainnya. Tahukah kamu jika perangkat elektronik, yang selama ini terpasang ke saluran listrik (tidak pernah di-unplug) secara berkala membengkakkan tagihan listrik rumah? Disebut juga sebagai penggunaan listrik 'Phantom', dimana elektronik-elektronik tersebut tetap menggunakan aliran listrik walaupun sedang tidak digunakan namun tetap terhubung (plugged in). Lantas, perangkat elektronik mana saja sih yang menjadi penyumbang terbesar masalah ini? Cek informasi di bawah ini ya:

1. Elektronik Dapur

Memang terdapat elektronik yang tetap harus nyala karena selalu digunakan setiap hari seperti mesin cuci piring dan kulkas. Namun, kamu perlu mencabut perangkat elektronik seperti mesin pembuat kopi, microwave. Kamu pasti sering memandangi jam digital yang selalu menyala di layar microwave bukan? Well, hal ini menandakan jika microwave tersebut tetap menggunakan listrik walaupun sedang tidak digunakan.

2. Charger

Hmm, sebagian besar dari kita mungkin perlu mengakui kebiasaan dimana kita sering tidak mencabut charger setelah selesai mengisi penuh baterai smartphone, laptop, atau perangkat lainnya. Terlalu malas untuk mencabutnya? Ingatkan dirimu secara berkala untuk mencabut charger setiap kali gadgetmu terisi penuh 100%. Karena charger-charger tersebut juga berdistribusi atas mahalnya tagihan listrik.

3. Perangkat/Elektronik Hiburan

Hampir seluruh rumah di Indonesia pasti mempunyai elektronik hiburan berwujud televisi, music player, stereo system dan masih banyak lagi. Perhatikan televisi dan elektronik hiburanmu, terdapat beberapa elektronik yang dilengkapi oleh lampu tertentu untuk menandakan jika mereka sedang dalam keadaan standby atau sedang beroperasi. Hal ini mengisyaratkan jika elektronik tersebut tetap menguras energi lisrik. Maka, jangan lupa mencabut televisi, stereo system dan perangkat hiburan lainnya saat kamu ingin pergi keluar rumah.

4. Komputer

Siapa sih yang tidak mempunyai perangkat yang satu ini. Di era modern dimana informasi semakin bergerak cepat sekaligus membludak. Kita pasti membutuhkan setidaknya satu atau dua komputer yang tersedia di rumah untuk menggali informasi seputar dunia luar. Komputer lantas menjadi salah satu elektronik yang paling sering digunakan setiap hari untuk mendorong produktivitas. Maka, kamu dan anggota keluarga lainnya di rumah seringkali tidak memisahkan komputer (desktop) dengan listrik atau dibiarkan terhubung sehingga setiap kali ingin melakukan aktivitas, kamu tinggal menekan tombol 'turn on'. Bahkan beberapa orang membiarkan komputer mereka dalam kondisi 'sleep' atau 'standby'. Coba menggeser kebiasaanmu yang satu ini dan selalu mematikan serta mencabut aliran listrik dari komputermu. Bukan hanya dapat menghemat tagihan listrik. Konon, hal ini juga mencegah komputermu terbakar dari serbuan petir yang melanda. So, you'd better stay on the safe side!

So, apakah keempat jenis elektronik di atas sering dibiarkan terhubung ke listrik dan terlalu malas untuk mencabut alirannya? Bukan sebuah tanda tanya mengapa tagihan listrik lantas menjadi sangat mahal. So, take the easy steps to easily cut the nerves

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru