Do's & Don'ts Chinese New Year

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Feb 05, 2016

Chinese New Year atau Lunar New Year, yang sering juga kita kenal sebagai Imlek menyimpan banyak fakta menarik dan juga DO's and Don'ts. Walaupun ada diantara kita yang nggak merayakan Imlek, saling menghargai itu penting lho. Maka dari itu, ada baiknya kamu memahami Do's & Don'ts Chinese New Year.

1. Menyapa dan memberikan selamat

Do: ucapkan selamat tahun baru kepada orang yang kamu temui dengan mengucapkan "Gong Xi Fat Cai" atau juga "Have a happy & properous New Year". Dont: sebaiknya tidak menegur orang yang sedang bersedih, mengucapkan angkat empat (4) karena erat kaitannya dengan kematian atau mengucapkan kata 'kematian'.

2. Penggunaan baju

Do: pakailah pakaian berwarna dan bernuansa merah karena diyakini sebagai simbol keberuntungan. Don't: menggunakan baju berwarna dan bernuansa warna putih atau hitam karena kedua warna tersebut identik dengan warna tradisonal kematian.

3. Makanan

Do: ketika makan bersama temanmu dalam merayakan Imlek, makanlah makanan vegetarian. Don't: makanan berdaging atau mengandung darah, karena bukanlah hal yang baik untuk melihat darah saat perayaan Imlek.

4. Item Fashion

Do: ada baiknya untuk membeli baju baru seperti baju Cheongsam, Qi Pao dan Changsan. Baju berarti juga 'fu' dalam Bahasa Mandari yang berarti kekayaan. Don't: membeli dan menghadiahkan sepatu. Sepatu berarti juga 'hai' dalam Bahasa Mandarin yang artinya keluhan dan masyarakat Cina percaya keluhan bukanlah cara yang baik untuk memulai tahun baru.

5. Saat mengunjungi keluarga

Do: selalu kunjungi rumah sanak famili yang lebih tua darimu. Jika masih ada yang lebih muda, berikan angpao. Don't: lihatkan sopan santun, sebisa mungkin membantu walaupun tidak dimintai bantuan. Dan jangan sampai kamu memecahkan piring atau barang lainnya ya! Karena hal itu diyakini sebagai nasib buruk.

Merayakan Imlek atau tidak, ada baiknya kita saling menghargai ya. Untuk itu, pastikan kamu menerapkan do's dan menghindari don'ts di atas! Silahkan klik tombol di bawah untuk mendapatkan artikel tips & trik seputar Imlek, belanja online, dan banyak hal lainnya. Happy Chinese New Year!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru