Beli Makan, Bayar Pake Senyum! | Telunjuk Updates Eps. 7

Oleh Via Permata Suci @ViaPermataSuci

Sep 20, 2017

 

1. Xiaomi Mi A1

Xiaomi baru aja meluncurkan smartphone Xiaomi Mi A1 di India. Mi A1 merupakan hasil kerja sama Xiaomi dengan Google, yang diwadahi dalam proyek Android One. Sebenarnya, apa sih Android One? Google menggarap Android One dengan menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih seperti Evercoss, Nexian, dan Mito juga menjadi rekanan Google.

Nah, Xiaomi Mi A1 sendiri, mengusung layar 5,5 inci. Fitur utama Xiaomi Mi A1 adalah kamera ganda (dual camera) di bagian belakang. Kedua kamera Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi kamera resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya serupa iPhone 7 Plus. Hmm, menarik! Mi A1 mengusung chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, slot MicroSD hingga 128 GB, baterai 3.080 mAh, dan menjalankan OS Android terbaru versi 7.1.2 Nougat. Kabarnya ponsel ini akan dibandrol harga sekitar 3,1 jutaan.

2. Artificial Intelligence

Pengembangan program kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) semakin mengemuka di dunia teknologi. Dalam sebuah tweet, Elon Musk, sang pendiri Tesla dan Space X, memprediksi bahwa negara-negara adidaya akan terlibat perlombaan memuat AI. Menurut dia, hal tersebut bisa memicu perang besar. Wow.

Elon Musk mengatakan, nantinya pemicu perang dunia III bukanlah negara-negara pembuat AI, tapi program AI itu sendiri. Yah, mirip-mirip film Terminator gitu, AI bisa saja memutuskan untuk menyerang negara lain, setidaknya begitu menurutnya. Elon Musk menjalankan inisiatif OpenAI yang mendorong pengembangan AI secara terbuka agar dapat diawasi publik. Dia juga memiliki Neuralink yang mencari cara untuk menggabungkan AI dengan otak manusia, agar manusia tetap kompetitif di tengah pengembangan AI yang semakin maju.

3. Smile To Pay

Pasti diantara kalian semua pengen dong bayar makanan cukup dengan senyum aja? Nah, ini udah berlaku di China lho. Itu semua bisa jadi nyata karena, resto KFC yang bersangkutan telah menerapkan sistem Smile to Pay, alias teknologi pengenal wajah untuk melakukan pembayaran secara elektronik.

Cara membayar berbasis senyuman ini mudah saja. Pelangan cukup berdiri di depan sebuah kamera 3D dan tersenyum selama dua detik. Komputer kemudian akan menggunakan algoritma facial scanning untuk mengenali pengguna. Perusahaan pembuat teknologi di balik Smile to Pay adalah Ant Financial, salah satu anak usaha Alibaba yang bekerjasama dengan KFC.

4. Baby Shark Challenge

Pasti kalian udah gak asing sama lagu Baby Shark yang sempet heboh dengan #BabySharkChallenge kemarin. Ternyata, lagu dan tarian "Pinkfong Baby Shark" yang sederhana ternyata punya pesan berharga di baliknya. PR Director Smartstudy pembuat konten lagu "Pinkfong Baby Shark", Jamie Oh, mengatakan, tiap gerakan mewakili tiap anggota keluarga. Gerakan tangan yang membuka dan menutup itu ibaratnya seperti mulut hiu, dari kecil hingga yang berukuran besar. Kini video "Baby Shark" dalam channel YouTube Pinkfong mendapatkan lebih dari 800 juta kali viewer secara global.

5. Larangan Motor di Sudirman Batal!

Pemprov DKI akhirnya membatalkan uji coba pembatasan motor pada 12 September mendatang. Pemprov DKI menyebut pembangunan yang masih banyak dilakukan di sekitar Jalan Sudirman hingga Thamrin menjadi salah satu pertimbangan batalnya uji coba tersebut.

Sebelumnya direncanakan, pembatasan sepeda motor akan diberlakukan di ruas Jl Jenderal Sudirman hingga Jl MH Thamrin mulai 12 September mendatang. Pemotor dilarang melewati ruas tersebut pada pukul 06.00-22.00 WIB. Tapi , aturan tersebut banyak ditentang oleh para warga dan tokoh-tokoh masyarakat karena dinilai diskriminatif.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru