8 Fakta Menarik Seputar Chinese New Year

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Feb 06, 2016

Sahabat Telunjuk, jika selama ini kamu hanya mengenal Chinese New Year atau Imlek yang dirayakan oleh keturunan Tionghoa sebagai hari libur nasional. Ada banyak fakta menarik dibalik Imlek lho, yuk baca 8 fakta menariknya di bawah ini:

1. Tanggal perayaan

Imlek selalu jatuh di tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Dan menurut kalkulasi kalender China, Imlek selalu jatuh pada tanggal antara 21 Januari hingga 20 Februari setiap tahunnya.

2. Dikenal juga sebagai Spring Festival

Saat musim dingin atau winter, masyarakat Cina menyebut Spring Festival (chunjie/chwnn-jyeah). Hal ini dikarenakan oleh permulaan musim semi atau 'Star of Spring' jatuh pada 4 -18 Februari dan merupakan periode awal musim semi dalam kalender matahari.

3. Diikuti oleh tahun atau shio

Pastinya kamu udah sangat akrab dengan shio-shio yang ada pada kalender Cina, seperti tahun ini yang dikenal juga sebagai Tahun Monyet atau the year of the Monkey. Terdapat 12 binatang yang merepresentasikan tiap tahunnya. Secara tradisional, masyarakat dan keturunan Cina masih percaya dengan ramalan bintang dan tahun baru.

4. Festival untuk 1/5 populasi dunia

Imlek jatuh bertepatan dengan liburan musim dingin di Cina. Sekolah-sekolah biasanya diliburkan selama satu (1) bulan, dan lebih lama lagi untuk universitas. Cina, Hongkong, Makau dan 9 negara Asia lainnya mempunyai Hari Libur Nasional seperti Indonesia, Filipina, Vietnam, Korsel, Malaysia, Korut, Taiwan, Brunei, dan Singapur.

5. Angpao

Angpao, sebuah tradisi Imlek yang paling ditunggu-tunggu bagi yang merayakan. Angpao disimbolkan dalam amplop merah dengan desain bernuasa Chinese yang diberikan oleh yang tua ke yang lebih muda, dari bos ke karyawan atau seringkali disimbolkan sebagai bonus tahun baru.

6. Dirayakan besar-besaran

Selain perayaan gede-gedean di Cina, masyarakat di London, Inggris dan Hongkong juga nggak mau kalah merayakan Imlek secara meriah. Seperti 2013 lalu, 500.000 orang menyulap China's Town dan jalanan-jalanan protokol di London penuh gempita saat Imlek. Dan di Hongkong, diadakan balapan kuda paling meriah dipadati oleh lebih dari 100.000 fans.

7. 4% dari populasi dunia bergerak

Jika kamu mengira Natal dan Tahun baru mempunyai arus mudik terpadat, maka kamu keliru. Faktanya menurut chinahighlights pada 2013 lalu, terdapat 3,5 miliar perjalanan saat Imlek hanya di Cina saja, ditambah lagi ada 30 juta orang di Korsel pulang kampung saat Imlek. Kebayang kan seberapa padat arus mudik yang terjadi?

8. Kembang api dan perayaan 16 hari

Imlek memegang rekor sebagai perayaan atau festival dengan jumlah penggunaan kembang api terbanyak setiap tahunnya. Selain membuat Imlek lebih meriah dan spektakuler, kembang api dipercaya sebagai alat untuk mengusir makhluk halus lho. Dan di Cina sana, festival perayaan Imlek berlangsung hingga 16 hari lamanya. Dengan tradisi kumpul keluarga diisi dengan makan bersama, keluar rumah, melihat kembang api dan lantern pada malam ke-15.

Wah, banyak banget nih fakta-fakta seputar Imlek yang Lulu juga baru ketahui. Untuk mendapatkan informasi seputar Imlek mulai dari diskon spesial, inspirasi hadiah, dan hal laiinya. Yuk baca artikelnya di bawah ini!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru