5 Barang yang Tabu Diberikan Saat CNY

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Feb 06, 2016

Sahabat Telunjuk, merayakan Imlek? Atau mungkin kamu mau ikut merayakan Imlek? Pasti bingung nih mau ngasih hadiah tahun baruan apa buat temanmu. Ada banyak banget hadiah yang bisa kamu berikan tapi kamu harus memerhatikan jika hadiah tersebut bukan termasuk 5 barang yang sifatnya tabu diberikan saat Imlek. (Well, kalo udah kelanjur beli, jadikan konsumsi pribadi aja ya!)

1. Sepatu

Haram hukumnya untuk memberikan hadiah berupa sepatu. Usut punya usut, kata sepatu dalam Bahasa Mandarin berbunyi xie/syeah/ yang pengucapannya hampir sama dengan xie yaitu nasib buruk atau kejahatan. Selain itu, sepatu adalah barang yang kamu injak-injak sehingga bukan sebuah simbol yang baik sebagai hadiah. Tetapi bukan berarti kamu ngga boleh menghadiahkan sepatu untuk diri sendiri, intip koleksi favoritmu yang tersedia di Zalora, Bukalapak, Shopdeca, Blibli, hingga kadokadi!

2. Sapu Tangan

Secara budaya, sapu tangan digunakan untuk mengusap air mata pada acara pemakaman dan disimbolkan sebagai salam perpisahan selamanya. Memberikan hadiah berupa sapu tangan sama juga dengan menandakan mengucapkan selamat tinggal selamanya lho. Hmm yuk beli sapu tangan untuk keperluan pribadi aja. Kamu bisa mendapatkan penawaran terbaiknya di Bilna, Bukalapak, Blibli, dan Elevenia.

3. Jam (Jam Dinding & Jam Tangan)

Dalam Bahasa Mandarinnya, 'memberikan jam' berbungi song zhong/song jong/ yang mirip dengan pengucapan kata song zhong atau menghadiri acara pemakaman maka dari itu memberikan jam baik jam dinding dan jam tangan dianggap tabu. Jam juga menandakan kehabisan waktu atau waktu yang semakin menipis. Kebayang dong gimana ceritanya kalo kamu menghadiahkan jam ke seniormu? Well. Sudah-sudah, mending beli jam tangan untuk keperluanmu aja karena banyak rekomendasi pilihannya dari Lokaliku, Lolalo.la, Blibli, Elevenia, dan Gogomall!

4. Payung

Payung sering banget dikaitkan dengan perpisahan atau putus. Karena payung berarti juga san yang dimana artinya adalah 'breaking up'. Berikan hadiah apa saja selain payung kepada orang terkasih ya! Nah, payung malah sangat bermanfaat untuk kamu di musim hujan ini. Oleh karena itu, Lulu sudah nyiapin rekomendasi pilihan yang bisa kamu beli di Lazada, Obralindo, Lokaliku, dan Tees.co.id

5. Cermin

Cermin dianggap sebagai ide hadiah yang buruk di Asia. Karena apa? Karena cermin dipercaya sebagai daya tarik makhluk halus. Selain itu, cermin merupakan barang yang mudah pecah dan hancur sehingga menjadi tabu untuk dijadikan hadiah Imlek. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa membeli cermin untuk kamarmu dengan mengintip koleksi lengkapnya dari Bilna, Blanja, Lazada, Bukalapak, dan Qlapa.

Sekian deh daftar barang yang harus kamu hindari sebagai hadiah Imlek. Untuk mencari inspirasi hadiah Imlek lainnya, kamu bisa klik gambar di bawah ini ya!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru