12 Hal yang Harus Kamu Lakukan Selama di Gili Trawangan

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Dec 16, 2015

Sahabat Telunjuk, jika biasanya Bali selalu menjadi primadona Indonesia sebagai tempat wisata paling eksotis. Kini ada Gili Trawangan yang nggak kalah eksotis! Oleh karena itu kita udah ngerangkum 12 hal yang wajib kamu lakukan selama berlibur di Gili Trawangan.

1. Diving dan snorkeling bareng kura-kura laut

Menurut homeiswhereyourbagis, Gili Trawangan terkenal akan tiga hal yaitu party, diving, dan snorkeling. Nah, hal pertama yang harus kamu arrange selama di Gili adalah diving dan snorkeling. Biar pengalaman snorkeling lebih seru, sempatkan bertanya pada penduduk lokal dimana spot kamu bisa snorkeling bareng kura-kura. Berenang di air sejenis kristal dan bisa main bareng kura-kura, what a way to spend your afternoon!

2. Keliling Gili Trawangan

Pastikan kamu dan sahabatmu keliling Gili Trawangan. Kamu bisa memilih beberapa alternatif kendaraan seperti sepeda dan delman. Negosiasikan harga rental sepeda dan delman dengan baik, you're set to explore Gili! Kamu bisa mengunjungi spot-spot menarik terdekat dengan sepeda dan pilih delman sebagai alternatif kendaraan.

3. Mengunjungi pulau lain di kepulauan Gili

Nyesel banget nggak nyempetin ngeliat pulau lain di Kepulauan Gili selama di sana. Dua kali sehari, transportasi publik seperti perahu bisa mengantarmu mengunjungi Gili Meno dan Gili Air mulai 9.30 pagi. Jika kamu ketinggalan transportasi publik, kamu bisa nyewa atau rental perahu yang dibanderol kurang lebih 350.000 (Pergi-Pulang).

4. Melakukan beragam olahraga air

Selain diving dan snorkeling, olahraga air favorit lainnya mencakup Stand Up Paddling (SUP) dimana kamu bisa mendayung kayak di sekeliling pulau. Kamu juga harus nyobain surfing atau wakeboarding di laut Gili! Bukan hanya di Gili Trawangan, aktivitas surfing juga bisa kamu temukan di Gili Air dan Gili Meno.

5. Pergi mancing, BBQ, dan sepiring seafood segar

Memancing juga masuk ke salah satu aktivitas paling asyik untuk dilakukan di Gili. Biasanya kamu akan diajak ke tengah laut untuk memancing dan kembali ke daratan untuk membakarnya langsung. Namun, jika kamu lebih kepingin makan seafood seger, kamu bisa langsung datang ke salah satu restoran favorit. Dari lobster, udang, tuna, mahi-mahi, cumi-cumi dan masih banyak lagi bisa jadi santapanmu. Biar lebih seru, dateng aja ke square di Gili Trawangan dimana pemancing lokal menghidangkan "the Catch of the Day".

6. Pergi ke view point untuk melihat matahari terbenam

Jangan ngaku pernah ke Gili Trawangan kalo kamu belom berdiri di viewpointnya. Viewpoint merupakan tempat yang pas banget untuk melihat sisi lain dari Kepulauan Gili. Letaknya ada di bagian selatan pulau dan bisa kamu capai dalam waktu kurang dari satu jam perjalanan saja. Usahakan untuk pergi ke sana pada sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset yang sangat elok dan sayang jika dilewatkan.

7. Pesta di bawah bintang-bintang

Menurut pantauan terakhir, Kamis malam adalah satu-satunya malam yang tergolong malam suci di Gili sehingga jarang ada aktivitas malam yang meriah. Dan itu berarti kamu punya 6 malam lain untuk berpesta di Gili. Pergi ke cafe terdekat di Sama-sama, untuk menikmati live music and jamming sambil menikmati bir dingin. Party under the stars, here we go!

8. Berkuda di pesisir pantai

Memang bukan pilihan utama bagi kamu para pria sedang bersenang-senang di Gili, namun berkuda di pesisir pantai merupakan opsi bagus untuk liburan keluarga. Udah kebayangkan berkuda sambil melihat pemandangan pantai nan indah dengan angin sepoy-sepoy?

9. Jangan lupa ke pasar malam

Mulai 6 sore hari, pasar malam di Gili mulai hidup. Menawarkan beragam hidangan atau jajanan pasar yang relatif murah dan enak. Kamu bisa mencicipi banyak jenis masakan laut (seafood lagi), jagung bakar, serta beragam hidangan nasi dan sayuran. Yang jelas kamu harus mencicipi nasi campur khas pasar malam Gili yang terdiri dari hidangan nasi dengan sayuran, telur, daging, tahu, kacang, mie goreng, dan sambal.

10. Sempatkan nonton Presean

Bagi kamu yang udah tertarik banget sama Lombok dan Gili Trawangan, Presean tentunya bukan hal yang asing lagi. Merupakan salah satu ilmu bela diri asli Indonesia dari Suku Sasak di Lombok yang dipertontonkan ke publik di Pasar Seni Arena. Presean melibatkan dua pendekar, disebut juga "Perpadu" dan satu wasit, disebut juga "Pakembar”. Konon, kedua pendekar terpilih adalah mereka dengan kekuatan supernatural karena bela diri ini melibatkan adu kekuatan ekstrim dan sangat berbahaya. Namun kini, Presean dikemas lebih menarik untuk menarik perhatian para turis. Bahkan perkelahiannya melibatkan penonton yang ada. Presean mengedukasi seputar sportivitas dan kelestarian budaya.

11. Konservasi kura-kura

Nggak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan, ada tempat konservasi kura-kura. Biasanya mereka mengadakan upacara pelepasan kura-kura secara pelepasan yang dimana cukup menarik perhatian para turis yang ada. Penasaran gimana pelepasan kura-kura ke habitat aslinya? Sempetin dateng ke pelepasan kura-kura ya!

12. Harus datang ke Lombok

Secara alam dan kebudayaan, Lombok mempunyai segalanya dari apa yang bisa kamu bayangkan. So, kudu ke Lombok ketika kamu di Gili! WAJIB!

Sahabat Telunjuk, sekian deh 12 hal yang kamu harus lakukan ketika sedang liburan di Gili Trawangan. Kalo kamu ngelakuin semuanya, dijamin deh liburan kamu selama di Gili Trawangan menjadi liburan terbaik selama hidupmu. Akan lebih unforgettable lagi, kalo tripnya dibayarin!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru