10 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia Menurut Google

Telunjuk.com App

Bill Clinten

Oct 10, 2018

29 Dilihat

10 Kota Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia Menurut Google

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan industri travel online dinilai cukup pesat. Dengan adanya kemudahan teknologi untuk memesan hotel dan penerbangan, pengguna pun sekarang semakin nyaman dan mudah merencanakan liburan mereka.

Terkait perkembangan terkini di dunia travel online Tanah Air, Google merilis temuan tentang 10 destinasi wisata favorit di Indonesia.

Daftar disusun berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari lewat search engine Google oleh pengguna di Indonesia, sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, dari laporan Google Trends.

Data Google mengungkapkan sejumlah hal menarik. Di antaranya, 8 dari 10 destinasi yang paling banyak dicari ternyata berada di Pulau Jawa. Alasannya, mereka relatif lebih mudah dijangkau oleh peminat yang banyak berasal dari Pulau Jawa pula.

Zulfi Rahadian, Industry Manager Google Indonesia, menuturkan bahwa, dari kesemua destinasi dalam daftar, kota Malang mengalami peningkatan pencarian terbesar dalam dua tahun terakhir.

Doyan belanja

Tingginya pencarian atas Malang, menurut Zulfi, mencerminkan minat warganet untuk berlibur ke kota berhawa sejuk di propinsi Jawa Timur itu.

"Labuan Bajo dan Sumba juga meningkat. Komodo masih populer, tapi pengguna internet juga mulai coba mengeksplorasi Sumba Barat dan Timur," sebut Zulfi dalam acara Media Briefing yang digelar Google di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Untuk domisili warganet yang melakukan pencarian destinasi liburan, Zulfi mengungkapkan sebagian besar masih berasal dari kota-kota besar macam Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Tapi dia menambahkan bahwa warganet di kota-kota secondary cities seperti Pekanbaru, Balikpapan, dan Kuta mengalami peningkatan besar soal kata kunci pencarian yang berhubungan dengan travel, mencapai 48 persen pada bulan Juli 2018 berbanding Januari 2017.

Sesampainya di tujuan pun, warganet Indonesia yang tengah berlibur tetap memanfaatkan internet untuk melakukan pencarian.

"Misalnya, dalam mencari obyek-obyek wisata, restoran atau kafe, dan tempat berbelanja seperti shopping mall karena orang Indonesia doyan belanja," imbuh Zulfi.

Selengkapnya, berikut daftar 10 destinasi wisata yang paling banyak dicari di Indonesia menurut Google.

1. Jakarta
2. Bandung
3. Yogyakarta
4. Badung (Kuta)
5. Surabaya
6. Malang
7. Semarang
8. Bogor
9. Medan
10. Bandung Barat (Lembang)

 
Kalau merencanakan liburan ke destinasi favorit di atas sudah praktis dengan teknologi, begitu pula dengan pesan tiket transportasinya! Mau beli tiket pesawat atau kereta dapat cashback hingga Rp200.000? Nggak perlu capek search ke banyak website lagi, praktis tinggal klik di sini atau button di bawah ini untuk cek promonya! 
 
 

Cek Sekarang!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored