7 Cara Ampuh Merawat Mesin Cuci di Rumah

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 26, 2015

Setiap hari, kamu selalu disibukkan oleh beragam aktivitas. Baik aktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah. Aktivitas domestik identik dengan pekerjaan dapur dan serangkaian aktivitas rumah tangga lainnya. Maka, untuk mempermudahnya, menggunakan elektronik adalah satu shortcut. Seiring dengan perkembangan era yang semakin modern seperti sekarang ini, penggunaan elektronik bukan sebuah pilihan namun sudah menjadi keharusan. Namun, ketika elektronik di rumah mulai rusak atau bermasalah. Bukannya membantu dalam mengerjakan pekerjaan, tetapi malah membuat kamu semakin pusing. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu perlu merawat barang elektronikmu lho. Merawat elektronik juga bukan hal yang patut disepelekan, apalagi mesin cuci. Oleh karena itu, simak 7 tips merawat mesin cuci di bawah ini ya.

1. Melakukan deep cleaning

Sering merasa cucian tidak sebersih sebagaimana seharusnya? Atau cucianmu berbau dan kamu mencium bau tidak sedap berasal dari mesin cuci? Well, ini adalah momen deep cleaning atau pembersihan menyeluruh. Sebaiknya deep cleaning dilakukan sebanyak setidaknya satu kali dalam satu bulan. Gunakan deterjen baju untuk membersihkan mesin cuci menggunakan air panas. Biarkan mesin cuci beroperasi tanpa pakaian selama satu cycle yang berisikan campuran deterjen dan bleaching.

2. Biarkan pintu terbuka

Trik ini seringkali dilupakan oleh banyak orang. Sebaiknya, membiarkan pintu mesin cuci terbuka setelah mencuci, jangan langsung menutupnya. Membuka tutup atau pintu mesin cucimu membantu pemuaian yang terjadi di dalam mesin cuci. Biarkan pemuaian terjadi dan setelahnya baru tutup kembali mesin cuci.

3. Segera bersihkan tumpahan

Mungkin banyak dari kamu yang sering melalukan kesalahan yang satu ini yaitu tidak segera membersihkan tumpahan apapun yang jatuh ke dalam mesin cuci. Well, akan lebih baik jika kamu langsung mengelap tumpahan tersebut dengan kain lap sesegera mungkin. Lalu apa sih masalahnya? Kebanyaka mesin cuci terbuat dari porselen atau bahan sintetis. Jika tumpahan tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Hal yang dikhawatirkan akan terjadi adalah pengendapan dan perusakan pakaian saat mencuci.

4. Rawat lapisan terluar

Pasti kamu sering menggunakan permukaan mesin cuci sembari mencuci pakaian. Permukaannya yang datar dapat digunakan untuk banyak aktivitas sambil menunggu pakaian. Agar permukaan atasnya tidak ternoda dan lengket, selalu lapisi mesin cuci dengan kain atau baju yang tidak terpakai sebagai pelindung. Ingat, selalu jauhkan benda yang dapat menyebabkan goresan seperti gunting atau yang dapat tumpah dengan mudah seperti gelas minummu dan deterjen cair.

5. Selalu lap bagian dalam

Untuk hasil mencuci yang semakin sempurna, ingatlah untuk selalu mengelap bagian dalam mesin cuci seminggu sekali. Setelah pencucian, tidak jarang residu dari deterjen, pengharum, dan lainnya akan tersimpan di celah-celah dalam mesin cuci. Seminggu sekali, bilas menggunakan sabun cuci piring dan air untuk membersihkaan. Hal ini membantu residu yang tersimpan hilang.

6. Bersihkan dispenser pelembut pakaian

Setiap mesin cuci dilengkapi buku panduannya masing-masing. Dan untuk melakukan hal ini, segera baca buku panduan yang ada. Hindari pemakaian deterjen untuk membersihkan dispenser ini.

7. Selalu perhatikan saluran yang tersambung ke mesin cuci

Setiap saluran yang ada di mesin cucimu dapat bertahan selama lima tahun. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan tiga atau enam bulan sekali untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau apakah kondisi keseluruhan dari saluran tersebut baik. Karena ketika terdapat saluran yang bocor atau bermasalah akan menyebabkan kebanjiran di dalam rumah.

Maka, bagi kamu yang tidak ingin kebanjiran atau harus mencari mesin cuci yang baru, tidak ada salahnya untuk mempraktikkan ketujuh cara di atas. Namun, jika memang mesin cucimu sudah tidak bisa ditolong lagi, ada baiknya untuk menggantinya, dan segera dapatkan penawaran terbaiknya di telunjuk.com!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru