Staycation? 4 Cara Seru Buat Long-Weekend Bersama Keluarga Lebih Seru

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Sep 06, 2016

Moms, libur lebaran Idul Adha semakin dekat, walopun tanggal merahnya cuma sehari, moms dan keluarga bisa memanfaati long-weekend yang ini secara efektif. Jika moms terlalu sibuk akhir-akhir ini, jangan panik. Staycation bisa jadi opsi terbaik saat ini. Liburan nggak melulu harus ke luar kota bahkan luar negeri kok. Liburan di rumah dan keliling kota juga bisa jadi sangat menyenangkan. Lulu udah ngerangkum 4 cara seru agar staycation keluarga jauh lebih menyenangkan dilansir familylives. Keempat caranya adalah:

1. ide seru di luar dan dalam rumah

Walaupun liburan hanya di rumah, bukan berarti liburan akan membosankan. Untuk menyiasatinya, moms bisa ajak anak-anak ke luar rumah untuk melakukan aktivitas yang jarang mereka lakukan selama di sekolah. Bisa dimulai dengan mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan adalah sumber aktivitas yang baik untuk anak moms. Anak-anak bisa membaca bermacam buku sambil bermain komputer yang tentunya akan membantu perkembangan pengetahuan anak. Selanjutnya, menghabiskan waktu pagi hari sambil berenang merupakan ide seru. Berenang pastinya menyenangkan bagi si kecil dan baik untuk kesehatan. Selesai dari berenang, moms bisa ajak si kecil mengunjungi pusat perbelanjaan terdekat untuk makan siang. Dapat dipastikan, mall-mall pasti punya kegiatan khusus anak tersendiri setiap liburan sekolah. Selanjutnya, untuk mengasah rasa ingin tahu, ajak si kecil mengunjungi museum. Serta asah bakat seni mereka dengan pergi ke galeri seni. Menyenangkan!

2. di rumah aja?

Liburan di musim hujan seperti sekarang ini bisa jadi sangat tricky. Selain bakalan sering hujan, moms dan si kecil terpaksa harus berdiam diri di rumah. Melakukan aktivitas di rumahpun bisa jadi sangat menyenangkan lho. Moms bisa mengatur dan mengajak keluarga nonton film bareng di ruang keluarga, masak dan mencoba resep baru, bermain petak umpet, serta mencoba trik-trik kecantikan dan kesehatan baru.

3. camping!

Hal menyenangkan tidak selamanya ada di mall kok, moms dan keluarga juga bisa merencanakan dan melakukan hal seru di sekitar rumah. Mengajak si kecil berburu harta karun merupakan satu ide cemerlang! Buat rencana dan atur perburuan seseru mungkin dengan suami dan dorong si kecil untuk menemukan harta karun yang sudah disembunyikan dengan clue. Selain itu, moms bisa mengajak anak-anak mengunjungi taman terdekat sambil ngemil coklat. Jalan-jalan sore sambil makan coklat? Couldn't get any better! Last but not least, camping! Buat camping trip dengan keluarga dan dirikan tenda di halaman belakang atau kebun sebelah rumah.

4. asah kreativitas

Salah satu cara untuk liburan lebih menyenangkan adalah lebih kreatif dalam merencanakan kegiatan. Beberapa kegiatan kreatif yang bisa dilakukan adalah menggambar dan mewarnai bersama. Tambahkan ornamen pendukung seperti glitter dan origami untuk hasil yang lebih sempurna. Cara lainnya adalah dengan bermain permainan tanpa komponen elektronik seperti kelereng, membuat balon, hingga masak-masakan. Cara terakhir adalah dengan origami, cari instruksi bentu seru secara online dan mulai buat origami bersama si kecil. Kegiatan ini tentunya akan mendorong anak belajar keahlian baru.

Liburan nggak melulu harus keluar kota bukan? Lulu sudah merekomendasikan kegiatan staycation yang wajib dicoba di rumah. So, liburan sekolah dan akhir tahun ini akan jauh lebih menyenangkan walaupun hanya stay di rumah. Moms, bingung cari kado natal untuk anak tersayang? Yuk klik tombol di bawah ini untuk beli mainan favorit si kecil. Have fun and happy holiday!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru