Smartphone Buyer's Guide: the Only Tips You Need To Know

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Feb 19, 2016

Jika ada satu item yang sifatnya begitu essential sehingga sering buat nggak tenang kalo ketinggalan adalah handphone. Ngobrolin handphone juga nggak pernah ada habisnya deh, apalagi kalo udah ngumpul bareng temen yang sesama gadget enthusiast! Saling berbagi informasi perihal tips sebelum membeli handphone atau bagaimana memilih handphone yang tepat seringkali menjadi topik populer ketika ngumpul. Nah, untuk mempermudah kamu dan temanmu dalam mencari handphone paling tepat, Lulu merangkum beberapa panduan esensial yang harus kamu perhatikan sebelum membeli handphone:

1. Layar

Layar merupakan fokus utama saat kita berinteraksi dengan handphone, semakin ke sini, semakin berkurang tombol kontrol pada layar handphone. Iya benar, kita memang menginginkan layar terbesar, namun pada saat bersamaan tidak mau handphone berukuran besar. Hal yang perlu diingat adalah handphone berukuran besar cenderung sukar dipegang dan dioperasi dengan satu tangan. Selain itu, kontras juga merupakan komponen penting ketika berinteraksi dengan handphone. Maka, kamu perlu menyesuaikannya dengan kemampuan daya pandang juga ya.

2. Kamera

Sukar dipungkiri jika smartphone secara perlahan menggeser peran kamera, bahkan handphone-handphone jadul dan notabene tradisional, versi terbarunya dilengkapi oleh kemampuan kamera canggih. Sebagai catatan, kamera 5MP merupakan ukuran standar pada sebuah kamera handphone, namun bahkan kini handphone terbaru memiliki kamera hingga 8MP dan 13MP pada kamera depannya.

3. Perangkat chip & penyimpanan

Untuk meminimalisir kebingungan akan perangkat chip, hal dasar yang perlu kamu ketahui adalah chip terdiri dari 3 bagian yaitu 1 untuk CPU, 1 untuk GPU, dan 1 untuk kinerja browsing. Kamu bisa menggoogle hal ini lebih lanjut untuk detailnya namun pastikan chip yang ada bisa memenuhi kebutuhan. Untuk RAM, 1GB berkapasitas cukup untuk budget smartphone. Namun, dengan kapasitas RAM lebih besar, kamu bisa memiliki handphone dengan kinerja lebih cepat. Lalu ada juga penyimpanan, sesuaikan besarnya kapasitas handphone dengan kebutuhanmu ya.

4. Baterai

Selalu cari tahu tentang daya tahan baterai handphone yang kamu incar, karena membeli handphone baru dengan baterai yang tidak tahan lama itu menyebalkan.

Sahabat Telunjuk, segera implementasikan seluruh panduan di atas agar kamu bisa membeli handphone yang benar-benar pas dengan kebutuhanmu. Untuk membaca artikel tips & trik seputar belanja lainnya, yuk klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru