Mengapa Sikap Selektif Dibutuhkan Ketika Memilih Mainan Anak

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Sep 23, 2015

Tidak hanya sebagai hiburan, mainan ternyata sangat penting bagi perkembangan anak. Selain berkaitan dengan pertumbuhan otak, mainan juga berdampak terhadap perkembangan psikologis dan fisik anak. Karenanya, dalam memilih mainan untuk sang buah hati, Ibu harus cerdas dan selektif. Lalu, faktor apa sajakah yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mainan Anak?

1. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia anak

Pemilihan mainan harus disesuaikan dengan usia anak, karena berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Kamu dapat memilih mainan dengan memperhatikan kondisi perkembangan otak dan motorik Anak sebelum menemntukan jenis mainan apa yang tepat pada usia tersebut.

2. Pilihlah mainan yang dapat melatih daya ingat

Saat ini, ada banyak sekali kreasi mainan anak. Kamu pun dapat melatih daya ingat anak melalui mainan. Biasanya jenis mainan ini berkaitan dengan huruf, angka, warna, hingga kata-kata bagi anak yang telah berusia lebih besar. Dengan ini, anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan, yaitu sambil bermain.

3. Pilihlah mainan yang dapat mengembangkan imajinasi

Tumbuhkan daya imajinasi anak sejak dini. Biasanya mainan yang dapat dipilih adalah mainan bergambar, balok susun, dan sebagainya.

4. Perhatikan ukuran dan bentuk mainan

Ukuran dan bentuk dari mainan sangat perlu dicermati. Contohnya, jangan berikan mainan yang terlalu kecil, karena anak dapat dengan mudahnya memasukkan benda ke dalam mulut. Hindari pula mainan yang memiliki sisi tajam, karena dapat melukai anak, contohnya biasanya terdapat pada mainan robot-robotan.

5. Pilihlah mainan yang aman bagi kesehatan anak

Banyak sekali ditemukan mainan yang terbuat dari bahan dan zat yang berbahaya bagi kesehatan anak. Misalnya kandungan zat-zat kimia berbahaya seperti antinomi, arsen, timah hitam, air raksa dan sebagainya. Pastikan label SNI terpampang pada kemasan mainan.

Di era ini, menjadi smart consumer sangatlah penting, karenanya cermati sebelum membeli. Pastikan Kamu membeli produk mainan anak dengan kualitas dan harga terbaik lewat telunjuk.com, yang menyediakan beragam produk mainan anak dari berbagai toko online terpercaya! Praktis dan efektif.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru