Sebelum Berbelanja, Pahami Tips Belanja Online Secara Aman Dulu!

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 07, 2016

Dengan hanya memanfaatkan laptop atau smartphone, kini kamu dapat mencari kebutuhan dan berbelanja secara online, tanpa harus beranjak dari rumah. Namun, berbelanja melalui situs belanja online tetap diperlukan kecermatan, agar aktivitas belanja kamu tetap aman dan nyaman. Ini dia tips belanja online secara aman yang dapat kamu lakukan.

1. Lakukan Survey Kecil-kecilan

Tips belanja online secara aman yang pertama adalah melakukan riset kecil-kecilan mengenai situs jual beli yang akan kamu gunakan untuk berbelanja. Kamu dapat melakukannya dengan mencari situs tersebut melalui mesin pencarian, memeriksa nomor telepon penjual dan mengetahui kejelasan alamat fisik toko online. Jika terdapat hal yang tidak beres, segera lupakan untuk berbelanja di situs belanja online tersebut.

2. Perhatikan Kebijakan Website

Selanjutnya, perhatikan kebijakan yang diberlakukan oleh pengelola website. Jika terdapat salah satu poin mengenai izin pengelola situs untuk memberikan data pribadi pembeli ke pihak lain, maka hindari berbelanja di situs tersebut. Selain itu, perhatikan pula kebijakan mengenai pengembalian barang dan masa garansi terhadap barang yang akan dibeli.

3. Baca Deskripsi Secara Seksama

Banyak situs belanja online menawarkan barang bermerek namun dijual dengan harga yang sangat murah. Sebaiknya, kamu jangan langsung tergiur dengan penawaran harga yang diberikan, namun periksalah dengan seksama deskripsi barang tersebut. Ada kemungkinan barang tersebut merupakan produk palsu yang tentu saja merugikanmu jika terlanjur membelinya.

4. Pilih Situs dengan Keamanan Tinggi

Ada pula situs toko online yang tidak memiliki keamanan baik, misalnya berpotensi diserang hacker dan membuat informasi data pribadi kamu dicuri serta disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pastikan situs yang kamu gunakan saat belanja online memiliki tanda berupa gembok di baris status bar atau alamat situs berubah menjadi halaman https (bukan http) saat kamu mengisi informasi pribadi, seperti alamat atau nomor kartu kredit.

5. Pilih Metode Pembayaran Aman

Tips belanja online secara aman terakhir adalah memilih situs jual beli online yang menawarkan banyak metode pembayaran, sehingga jika kamu merasa tidak nyaman untuk membayar barang dengan kartu kredit, kamu dapat menggunakan sistem lain, seperti transfer bank atau Cash on Delivery.

Tips belanja online secara aman di atas dapat kamu lakukan sebelum berbelanja di salah satu situs belanja online. Jangan lupa, bandingkan harga terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian di sebuah situs e-commerce, ya!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru