Panduan Berapa Lama Seharusnya Kamu Menyimpan 5 Produk Kecantikan Ini

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 20, 2016

Kosmetik, tidak seperti buku atau foto, tidak bisa kamu simpan selamanya. Konsekuensi paling ringan terhadap pemakaian produk kecantikan yang sudah melewati masa pakainya adalah fungsinya yang sudah tidak maksimal lagi. Resiko paling buruknya, kamu mungkin bisa mengalami jerawat hingga infeksi. Berikut ini adalah panduan sederhana mengenai seberapa lama kamu bisa menyimpan sebuah produk kecantikan.

1. Foundation liquid: 6 bulan hingga 1 tahun

Apakah kamu menggunakan jari atau brush untuk mengaplikasikannya, kemungkinan besar kamu tetap tidak membersihkannya lebih dulu sebelum menggunakannya. Karena itu, kamu bisa saja mentransfer bakteri ke dalam foundation cair yang kamu miliki.

2. Makeup cream: 6 bulan hingga 1 tahun

Produk seperti concealer, blush on, dan eye shadow cream yang terlihat mengalami perubahan tekstur perlu segera dibuang. Terutama untuk eye shadow cream yang kamu gunakan dekat dengan mata.

3. Lipstick: Setelah 1 tahun

Jika kamu menyadari lipstick favorit kamu tidak terasa seperti dulu saat dioleskan di bibir, teksturnya sudah tidak halus lagi, maka sudah waktunya untuk mengganti dengan yang baru. Simpan lipstick di tempat yang dingin dan kering. Jangan tinggalkan di dalam mobil.

4. Makeup powder: Setelah 2 tahun

Produk makeup powder seperti blush on dan highlighter bisa bertahan lebih lama dari produk makeup lainnnya. Tapi kamu tetap harus memastikan kebersihan makeup brush dan tempat penyimpanannya untuk membuatnya tahan lebh lama lagi.

5. Eyeliner: 3 bulan (liquid) dan 2 tahun (pencil)

Eyeliner gel dan liquid akan mengering dengan lebih cepat, jadi jika kamu ingin lebih berhemat, gunakanlah eyeliner pensil. Jaga bentuk eyeliner pensil tetap runcing dan hndarkan dar tempat yang lembab sehingga bisa bertahan hingga 2 tahun.

Sahabat Telunjuk, ingat dan perhatikan tanggal atau perdiode membuka kemasan make up ya. Dan cobalah untuk tidak menggunakannya lewat dari batas waktu seharusnya. Artikel aslinya dapat kamu baca di facetofeet.com atau dengan klik tombol di bawah ini ya.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru