5 Langkah Mengajarkan Anak Menabung Dengan Piggy Bank

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 22, 2015

Salah satu hal yang sering dilewatkan oleh para guru untuk diajarkan ke muridnya adalah: mengatur uang. Moms, mengatur uang tidak melulu hal orang dewasa kok. Justru merupakan hal sangat baik untuk mengajarkan bagaimana mengelola uang kepada anak sejak dini. Sebaiknya, orang tua mengisi peran yang tidak dipenuhi oleh para guru dan bertanggung jawab untuk mengedukasi anak cara menabung. Terdapat banyak permainan berupa board maupun online yang bisa kamu mainkan berdua anak seputar bagaimana memperoleh uang, memakai uang dan juga mengetahui nilai uang. Lalu cara sederhana apa yang bisa Anda mulai? Belilah sebuah piggy bank atau sering kita sebut celengan babi. Selanjutnya, silahkan coba 5 langkah informatif di bawah ini ya.

1. Mulai dengan permainan yang mengharuskan anak menabung di piggy bank

Carilah satu permainan dimana setiap pemenangnya harus menabung di piggy bank mereka. Sebelumnya, jangan lupa untuk memberi nama di tiap-tiap celengan. Mengapa? Hal ini dikarenakan semangat anak-anak akan meningkat ketika melihat nama mereka di masing-masing celengan dan semangat terdorong untuk menang dan menabung.

2. Personalisasi piggy bank

Ketika anak-anak sudah mengenal, mengerti, dan mengidolakan suatu subjek. Seperti anak perempuan yang mengidolakan klub sepak boleh tertentu, dan anak laki-laki yang menyukai suatu program kartun. Berikan sedikit penyesuaian dengan menempel nama atau logo tim favorit atau karakter kartun tersebut. Dengan begitu, diharapkan semakin memberikan semangat untuk menabung.

3. Dorong anak menabung dengan tujuan tertentu

Sudahkah kamu terbesit kampus mana anakmu akan bersekolah nanti? Well, setiap orang tua pasti mengidamkan anaknya dapat bersekolah di universitas terbaik di tanah air. Bagikan mimpi ini ke anakmu namun tetap berikan kebebasan pada anak untuk menentukan jalan edukasinya. Namun, anak dan dirimu perlu menentukan satu universitas terlebih dahulu dan memasang logonya di piggy bank.

4. Ajarkan nilai dari uang

Hal ini akan sangat berguna ketika si kecil semakin tumbuh dan berkembang. Tiba saatnya ketika mereka mengerti tentang tren gadget atau berpakaian tertentu. Ajarkan jika berapapun yang mereka tabung mempunyai nilai dan harus disejajarkan dengan nilai barang yang mereka inginkan. Maka, anak perlahan-lahan akan mengerti nilai dari uang dan menabung.

5. Susun prioritas

Ketika anak menginjak umur 3 tahun, kamu sudah bisa membekali sang anak dengan uang saku dengan jumlah yang sedikit. Beri pengertian jika mereka dapat memakai uang tersebut selama mereka juga akan menabung setelahnya. Jangan lupa untuk menyusun prioritas. Mekanismenya adalah beli 2 atau 3 piggy bank lagi dengan ukuran yang berbeda. Piggy bank dengan ukuran terbesar untuk prioritas utama, dan ukuran yang lain untuk amal dan hal lain. Dengan begitu, anak juga akan belajar seberapa penting menentukan prioritas atas apa yang dibutuhkan dan diinginkan.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru