7 Langkah Dasar Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Sep 28, 2015

Di tahun-tahun pertama dalam kehidupan berumahtangga, umumnya masalah keuangan sangat sering ditemui. Kondisi keuangan saat menikah tentu akan berbeda dengan saat Kamu masih lajang, di mana dalam berumah tangga, penghasilan yang dimiliki Kamu dan pasangan menjadi penghasilan bersama, dan keputusan yang terkait dengan finansial pun harus disepakati bersama dengan pasangan. Belum lagi apabila Kamu baru memiliki buah hati, akan ada banyak kebutuhan dan perencanaan finansial yang harus Kamu rumuskan bersama pasangan dengan cermat. Meskipun masalah keuangan selalu dikaitkan dengan jumlah penghasilan, namun rupanya faktor penentu terbesarnya justru merupakan bagaimana cara pengelolaannya. Tak jarang, meski memiliki penghasilan besar, masih ada saja keluarga yang mengeluhkan masalah keuangan. Mengelola keuangan sebenarnya tidaklah sulit, Kamu hanya butuh pemahaman dan kedisiplinan dalam mengikuti aturan yang telah Kamu susun bersama dengan pasangan. Apa saja yang harus Kamu perhatikan untuk mengelola keuangan rumah tangga? Simak list untuk mengelola keuangan secara sederhana di bawah ini.

1. Pahami Portfolio Keuangan Keluarga

Mengetahui segala aspek keuangan dalam rumah tangga Kamu adalah hal pertama yang harus Kamu lakukan. Mulai dari pendapatan, aset, serta pengeluaran rutin dan tagihan yang harus dibayarkan seperti listrik, telepon, hingga hutang cicilan rumah, kendaraan, maupun kartu kredit, dan sebagainya.

2. Susun Perencanaan Keuangan

Menyusun anggaran keuangan rumah tangga dapat membantu Kamu untuk dapat lebih bijak dalam pengalokasian dana. Susunlah perencanaan yang realistis, dan tidak perlu terlalu ideal. Jangan lupa menyisipkan anggaran untuk bersenang-senang dan juga pengeluaran tak terduga.

3. Tentukan Tujuan dan Prioritas

Kamu dan pasangan mungkin memiliki target keuangan yang ingin Kamu capai, misalnya untuk dana pendidikan buah hati ataupun renovasi rumah. Tentukan target yang ingin dicapai beserta tingkatan prioritasnya, dengan ini, Kamu akan lebih mudah untuk menentukan fokus pencapaian.

4. Menabung adalah Kewajiban

Sisihkan penghasilan yang diperoleh di awal setelah menerima gaji. Umumnya, rasio jumlah tabungan yang berada di dalam rekening yang paling aman adalah 3 kali dari jumlah pemasukan bulanan Kamu. Sebaiknya Kamu memiliki rekening terpisah untuk tabungan dan keperluan sehari-hari.

5. Hindari Hutang

Hindari kebiasaan hidup konsumtif seperti berbelanja dalam jumlah besar yang biasanya berujung pada hutang karti kredit. Sebisa mungkin, menghindari hutang adalah salah satu cara terbaik untuk memiliki kondisi keuangan rumah tangga yang sehat.

6. Berinvestasilah

Meskipun masih baru membina rumah tangga, mulailah berpikir rancana jangka panjang. Berinvestasi merupakan salah satu solusi untuk mencapai cita-cita yang ingin Kamu dan pasangan raih di masa mendatang. Ada banyak cara untuk berinvestasi, mulai dari emas, properti, reksadana, maupun saham. Carilah produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan Kamu, dan cermatlah untuk memilih yang menguntungkanmu.

7. Bijaklah dalam Berbelanja

Tak jarang, kita kesulitan untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Bual list tentang hal-hal yang dibutuhkan dan diinginkan untuk memudahkan Kamu melihat perbedaannya. Dengan memahami perbedaan keduanya, Kamu akan lebih dapat meminimalisir perilaku konsumtif, dan menjadi lebih bijak dalam berbelanja.

Di era teknologi ini, Kamu pun lebih dimudahkan dalam berbagai hal, termasuk pula dalam berbelanja. telunjuk.com pun menawarkan solusi belanja cerdas bagi Kamu, di mana Kamu dapat melakukan pembelanjaan dari beragam ecommerce hanya lewat satu platform dan Kamu pun dapat melakukan komparasi harga di dalamnya. Temukan kebutuhan belanja Kamu dengan kualitas dan harga terbaik!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru