Moms, Intip 6 Cara Jenius Untuk Stimulasi Otak Si Kecil Yuk

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Dec 08, 2015

Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Hal ini dimulai dengan pertumbuhan dan perkembangan. Moms, pasti ingin anakmu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang pintar dan cerdas bukan? Untuk itu, dilansir dari mom.me, terdapat tujuh cara jenius yang bisa moms terapkan untuk meransang perkembangan otak si kecil. Apa saja sih keenam cara tersebut?

1. The Shell Game

Penelitian menunjukkan jika bayi berusia tiga tahun sudah bisa mengenali dan mengetahui penjumlahan, ya sama halnya dengan apa yang terjadi dalam matematika. Satu hal yang bisa moms terapkan adalah perkembangan jejak visual mereka. Untuk itu, ajak si kecil bermain "the shell game". Sebagai permulaan, ambil 2 gelas plastik dan 1 mainan kecil. Simpan mainan di bawah salah satu gelas dan pindahkan cup secara bersamaan. Jika bayimu bisa menebak dimana letak mainan, tingkatkan level permainan dengan tambahan 1 gelas lagi, dan seterusnya.

2. Mencocokan warna

Rentang usia enam bulan hingga satu tahun, secara perlahan kecil mulai mengembangkan keahliannya untuk mencocokan kategori, namun tentunya masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Satu cara fun yang bisa moms lakukan adalah mengambil satu print warna dan beberapa mainan si kecil, lalu mengajaknya mencocokan warna yang ada di kertas dengan warna mainan tersebut.

3. Mendengarkan radio

Satu penelitian lagi mengatakan jika bayi yang mendengarkan siaran radio secara pasif, akan menyerap bahasa atau kata-kata, bahkan dalam bahasa asing (Bahasa Inggris, Mandarin, dan lainnya). Maka, daripada si kecil mendengarkan rekaman yang sama secara berulang-ulang, latih si kecil mendengarkan siaran radio yang dimana program radio tersebut sesuai dengan kapasitas si kecil.

4. Eksplor lingkungan baru

Saat masih bayi, otak manusia secara aktif memetakan apa yang dilihat dan terjadi di sekitar. Untuk itu, ada baiknya untuk selalu membawa si kecil jalan-jalan melewati jalur atau tempat yang berbeda. Dengan begitu, otak si kecil secara aktif akan membuat pemetaan baru yang bagus untuk peransangan otak serta membangun rasa percaya diri dan rasa ingin tahu. Lebih baik lagi jika kamu mengajaknya keliling taman karena berada di sekeliling alam akan ikut meningkatkan relaksasi.

5. Tes rasa

Mengenali anak pada berbagai jenis rasa yang ada pada usia belia merupakan hal penting. Satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memberikan si kecil berbagai macam makanan. Moms bisa meletakkan potongan kecil dari makanan di piring makan bersamaan dengan makanan favoritnya. Moms bisa memotong stoberi, ikan salmon, dan ubi, contohnya. Buah hati bukan hanya akan mengenali rasa baru, namun juga belajar untuk mengenali beragam warna, bentuk, dan tekstur makanan.

6. Perintah-perintah sederhana

Saat belia, anak sudah mengerti tentang aturan dan perintah sederhana, seperti mengambil, melempar, meletakkan barang dan sebagainya. Untuk itu, secara konsisten, moms mendemonstrasikan keahlian dan menolong si baby mengembangkan keahlian barunya. Dengan begitu, akan membantu buah hati menumbuhkan kesadaran akan tubuhnya dan ruangan di sekitarnya.

Moms, yuk terapkan keenam cara jenius di atas untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Jangan lupa untuk terus mengembangkan dan meningkatkan level permainan yang ada untuk meransang pemetaan otak si kecil.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru