Intip 5 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 08, 2016

Saat ini, banyak toko online yang menawarkan berbagai pilihan jenis barang berkualitas dengan harga yang bervariasi. Namun seiring berkembangnya toko online, modus kejahatan pun semakin banyak. Mungkin di antara kamu pernah mengalami kasus penipuan online, dimana kasusnya sendiri cukup umum, yaitu barang yang sudah dibayar tidak dikirim ke alamat yang dituju. Tapi, tak perlu kapok berbelanja online, ketahui dulu lima tips belanja online agar tidak tertipu berikut ini!

1. Berbelanja di Situs yang Terpercaya

Sebelum memulai online shopping, kamu harus mencari tahu terlebih dulu mengenai informasi situs e-commerce atau retailer. Browsing dan pelajari situs belanja online terpercaya. Sebisa mungkin, carilah situs yang memiliki jaringan internasional atau situs online Indonesia yang memiliki badan perusahaan yang jelas.

2. Mencari Tahu Spesifikasi Produk

Jika sudah menemukan situs belanja online terpercaya dan ingin membeli suatu produk, cari tahu mengenai spesifikasi produk tersebut. Kamu dapat mengenali produk yang kamu incar mengenai spesifikasi, kelengkapan, masa garansi dan kisaran harga jual umum. Cara termudah yaitu dengan mengakses shopping search engine seperti telunjuk.com yang menginformasikan pada kamu mengenai perbandingan harga sebuah produk.

3. Memilih Metode COD

COD atau Cash on Delivery dulunya merupakan istilah yang sering digunakan oleh anggota forum sebuah situs jual beli. Namun sekarang, metode COD sudah diberlakukan oleh banyak situs jual beli. Dengan COD, kamu bisa membayar barang saat barang tersebut sampai di hadapanmu, sehingga mencegah dirimu tertipu untuk kedua kalinya saat berbelanja.

4. Mengenali Penjual

Sekalipun kamu berbelanja di situs marketplace besar, namun ada saja beberapa seller nakal yang berbuat curang. Untuk itu, saat kamu ingin berbelanja, kenalilah penjual atau pengirim barang dengan mencari informasinya melalui mesin pencarian. Kemudian, perhatikan pula ulasan atau rating yang diberikan pelanggan, dan biasanya dapat ditemukan pada laman produk bersangkutan.

5. Menyimpan Bukti Pembayaran

Tips belanja online agar tidak tertipu yang terakhir adalah menyimpan bukti pembayaran, seperti struk transfer, SMS konfirmasi atau email konfirmasi. Dengan begitu, kamu dapat menjadikan bukti tersebut sebagai acuan jika terkena penipuan, serta dapat menguatkan bukti jika ingin melaporkannya ke pihak kepolisian atau bank.

Untuk kamu yang ingin berbelanja online, tidak ada salahnya mempraktikkan tips belanja online agar tidak tertipu di atas. So, jika kamu sudah merasakan sensasi menyenangkan dari belanja online, pasti aktivitas ini akan menjadi agenda bulanan kamu! Untuk mendapatkan tips dan trik seputar belanja online dan dunia gaya hidup menarik lainnya, yuk klik tombol di bawah! #IGetBetter2016

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru