6 Hal yang Selalu Dilakukan Para Mama Cerdas

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 10, 2015

Kehadiran buah hati pastinya membawa semangat baru pada keluarga kecilmu. Mulai dari ayah yang semakin giat kerja, hingga moms yang semakin semangat bangun pagi menyiapkan hari. Untuk para mama senior, mengurus si kecil sekalian isi rumah bukanlah lagi tantangan baru. Namun, bagi para mama baru, yang masih gemes-gemesnya dengan kehadiran si kecil, pastinya cukup kewalahan mengatur kehidupan anak sekaligus kerapian rumah, dan kebutuhan pribadi. Tenang moms, kami sudah merangkum 6 cara jitu yang selalu dilakukan oleh para mama cerdas dalam mengurus buah hati dan rumah. Silahkan cek daftarnya di bawah ini ya!

1. Gunakan gantungan sepatu untuk suplai kebersihan

Sering meletakkan sabun pembersih atau cairan pembersih kaca sembarangan? Bukankah si kecil sering berlarian di dalam rumah? Pastinya kamu tidak lupa jika sabun pembersih tersebut harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak bukan? Untuk mencegahnya, gunakan gantungan yang selama ini digunakan untuk menata sepatu sebagai rak peralatan bersih-bersih. Kamu bisa meletakkan mulai dari pembersih kaca, sabun cuci piring, pembersih kompor dan lainnya di sana tanpa perlu khawatir akan si kecil meraihnya.

2. Gunakan tatakan es sebagai tempat perhiasan

Cara yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi kamu penggemar atau pengoleksi aksesoris nih. Selain lebih hemat, kamu tidak perlu mencari baik itu anting-anting, gelang, bahkan bros kesayanganmu kesana-kemari. Beli tatakan es batu ekstra sebagai organizer aksesorismu. Terdengar aneh? Well, silahkan dicoba dulu di rumah dan keluarkan pendapatmu ya.

3. Gunakan rak cuci piring untuk menata buku gambar

Moms, sangatlah penting hukumnya mengasah kemampuan si kecil dari berbagai aspek. Mulai dari pengetahuan akademis hingga pengembangan kreativitas. Untuk mengasah kreativitas ini, seringkali anak dibekali dengan bermacam buku gambar. Disadari atau tidak, si kecil sudah mempunyai beragam jenis dan bentuk buku menggambar. Ajarkan nilai teratur pada si kecil dengan selalu meletakkan kembali buku gambarnya di rak cuci piring yang kamu siapkan sebagai pengganti rak buku gambarnya. Penggunaannya selain praktis, hemat, juga tidak memakan space ruangan.

4. Gunakan botol makanan bayi sebagai tempat bumbu

Bermacam makanan jenis makanan penuh gizi dan nutrisi dibeli untuk memastikan si buah hati tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Selalu saja ada yang dibeli setiap kali mengunjungi supermarket, seperti bubur sayur dan buah olahan, hingga olahan protein. Moms, jangan buang botol makanan bayi setelahnya ya! Segera cuci botol tersebut dengan sabun dan air panas lalu keringkan. Setelahnya, botol-botol tersebut dapat kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan bumbu dapur.

5. Ambil bedak bayi untuk lantai yang lebih halus

Jika rumahmu dihiasi oleh lantai yang terbuat dari kayu. Pastik kamu sering menemukan permukaan kayu yang kasar dan berbahaya bagi si kecil. Untuk menghapus kekhawatiran tersebut, cepat ambil bedak bayi dan taburkan di atas permukaan yang kasar tersebut. Bahan astringen pada bedak akan menghaluskan permukaan kayu sehingga lebih halus dan lebih aman jika si kecil berlari dan bermain di lantai.

6. Gunakan lem di sepatu agar slip-proof

Si kecil sering tergelincir atau jatuh karena alas kaki yang licin. Kamu lantas tidak perlu membeli sepasang alas kaki baru lho. Karena yang perlu dilakukan adalah ambil perekat (lem) dan gunakan di sol terluar sendal atau sepatu. Biarkan lem mengering beberapa saat dan voila! Si kecil tidak akan mudah tergelincir dengan alas kakinya.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru