4 Tips untuk Mengedukasi Anak Perihal Manajemen Uang

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 22, 2015

Moms, segala hal yang berhubungan dengan anak pasti ingin menjadi prioritas utama. Mulai dari tumbuh dan berkembangnya, edukasi hingga masa depan. Berbicara masa depan sangat erat kaitannya dengan manajemen uang. Pusing ketika harus mengedukasi anak perihal uang dan bingung bagaiamana ingin memulai? Hal ini sangat wajar adanya, maka dari itu empat tips di bawah ini wajib dicoba.

1. Pelajari kebiasanmu dan menjadi contoh yang baik

Seperti yang kita ketahui jika anak-anak adalah peniru ulung. Mereka akan meniru kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang sekitar. Nah, dirimu menjadi orang terdekat dan harus memberikan contoh atas kebiasaan yang baik. Pertama, pelajarilah kebiasaanmu dalam mengatur uang. Saling berdiskusi sesama teman dan gunakan feedback sebagai motivasi untuk memberikan contoh yang baik. Secara hati-hati, berikan contoh memanajemen uang yang baik dan kamu tidak perlu khawatir dan takut untuk mengakui jika dirimu juga sedang belajar. Jadikan ini momen belajar bersama dan saling berikan motivasi satu sama lain.

2. Beri anak uang saku dan kebebasan

Tips yang satu ini tentunya harus dibarengi dengan pengawasan dan tidak serta merta memberikan kebebasan tanpa perhatian. Berikan pengarahan dan penjelasan jika uang digunakan untuk mendapatkan atau membeli barang yang dibutuhkan, bahkan diinginkan. Setelah anak mengerti, suplai anakmu dengan uang saku dengan jumlah tidak terlalu besar. Buat perjanjian jika kamu akan menaikkan uang saku setiap ulang tahunnya disertai alasan yang jelas dan masuk akal. Ajari anak untuk mempertimbangkan nilai produk terlebih dahulu sebelum membeli sehingga anak tidak terlalu boros.

3. Beri bonus dan ajari untuk berbagi

Hal pertama yang harus diingat dalam memberi bonus adalah alasan yang jelas dan pantas. Yang bisa kamu lakukan adalah mengganjar anak atas bantuan yang dilakukannya di rumah. Katakan jika kamu akan memberikan bonus jika si anak melakukan pekerjaan rumahnya lebih cepat atau menolong pekerjaan rumah lainnya. Perlu diingat juga jika memberi bonus tidak perlu dilakukan terlalu sering mengingat sikap anak yang lama-kelamaan akan selalu menuntut. Setelah bonus diberikan, ajari anak untuk berbagi. Bisa berbagi kepada orang tuanya, saudara, dan teman sepermainan. Tanamkan nilai dengan berbagi mendatangkan kebaikan.

4. Ajak anak untuk menabung

Beberapa orang mengatakan jika menabung harus diajarkan sejak kecil. Dan hal tersebut benar adanya, jadi menabung sebagai kebiasaan yang lama-kelamaan akan menjadi reward dari dirinya ke dirinya sendiri. Ajak anakmu menabung secara regular misalkan menyisihkan uang jajan per harinya sebesar 5 atau 10 ribu rupiah. Sediakan piggy bank dan selalu monitor aktivitas menabung anak. Ketika anak sudah terbiasa menabung, ajaklah mereka berdiskusi atas apa yang akan dilakukan terhadap uang tersebut.

Bagaimana moms, tidak sukar bukan? Ya, mengedukasi anak dalam memanajemen uangnya sendiri akan melahirkan kebiasaan anak yang lebih hemat dengan rajin menabung dan saling berbagi. Pastikan kamu mempunyai celengan di rumah dan dorong anak untuk menabung sejak dini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru