4 Tips Agar Liburan Bareng Si Kecil Lebih Menyenangkan

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Dec 08, 2015

Moms! Nggak kerasa kan hari ini sudah memasuki bulan Desember. Desember berarti juga musim liburan, baik itu liburan sekolah dan juga liburan Natal. Bukan hanya anak-anak yang menantikan waktu liburan sekolah, moms juga pasti sudah nggak sabar ingin melewati liburan bersama keluarga bukan? Untuk liburan yang lebih menyenangkan, ada baiknya sudah menyiapkan rencananya dari jauh-jauh hari sehingga tidak dikejar stress karena pekerjaan dan faktor lainnya. Intip 4 tipsnya di bawah ini ya:

1. Buat rencana detail

Ingin mendekorasi ulang rumah sebelum pergi liburan? Ingin reservasi tiket dan hotel jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga murah? Atau berencana untuk belanja keperluan rumah dan liburan sebelum terbang liburan? Kuncinya adalah tahu "kapan" moms harus mulai. Atur tanggal detail dari setiap kegiatan yang akan harus dilakukan sebelum terbang liburan, sehingga moms seluruhnya tetap terorganisir serta tidak ada yang terlupakan. Ada baiknya juga untuk meminta si kecil menuliskan rencana liburannya selama setahun sehingga moms mengetahui kapan harus bergerak dan menyusun rencana liburan keluarga.

2. Buat aturan sejak awal

Salah satu hal efektif yang bisa dilakukan untuk mengajak si kecil saling rukun dan bersikap baik adalah dengan menjanjikan hadiah sebagai ganjarannya. Ketika sudah mempunyai rencana liburan keluarga, buatlah perjanjian dengan anak-anak, jauh-jauh hari sebelumnya. Seperti harus selalu rukun, bersikap baik satu sama lain, saling tolong-menolong pekerjaan rumah, dan sebagainya. Dan sebagai hadiahnya adalah liburan yang sudah moms rencanakan sejak awal.

3. Tolak undangan pesta larut malam

Apakah moms atau ayah pernah ketinggalan liburan keluarga karena jatuh sakit atau urusan kantor? Liburan kali ini harus jauh lebih menyenangkan tanpa gangguan dengan mengatur jadwalmu sedemikian mungkin. Ingat, merupakan hal yang sangat wajar untuk menolak ajakan para kolega untuk menghadiri party atau ajakan makan malam yang berujung pada pulang malam dan kekurangan tidur. Jika akhirnya hal ini malah membuat moms kecapekan dan membatalkan rencana liburan dengan si kecil, lebih baik katakan "Tidak" pada ajakan tersebut.

4. Praktikkan perilaku dan kebiasaan

Liburan kali ini bareng keluarga besar? Maka, momen tersebut adalah momen terbaik untuk melatih si kecil bersosialisasi dan semakin dekat dengan anggota keluarga besar. Sebelum liburan, coba review perilaku si kecil, dan buka obrolan soal hal ini. Ajak dan demonstrasikan bagaimana mengucapkan terima kasih atau memulai perbincangan.

Moms, tips-tips di atas cocok sekali dilakukan untuk mewujudkan liburan yang lebih menyenangkan bersama buah hati. Jika terdapat beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana, itu hal wajar kok. Have a fun and safe holiday season!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru