Kamu Bisa Memasak 4 Makanan Ini Dengan Microwave Lho

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 26, 2015

Apakah kamu mempunyai microwave di rumahmu? Apa sih yang biasanya kamu lakukan dengan microwave? Memanaskan makanan sehari sebelumnya atau untuk menghangatkan sayuran? Well, sadarkah jika Anda terlalu kudet untuk mengerti apa yang sebuah microwave bisa lakukan di hidupmu. Seringkali, microwave dipandang sebelah mata oleh pemiliknya dan sangat erat dikaitkan dengan menghangatkan makan malam atau sisa makanan yang ada di freezermu. Mulai sekarang cobalah untuk memasak sayuran dengan microwave, karena menurut para ahli nutrisi. Sayuran akan lebih bernutrisi jika kamu memasaknya di dalam microwave dibanding direbus, di-steam, ditumis, apalagi digoreng. Sebagai permulaan, cobalah memasak lima makanan di bawah ini dengan microwave canggihmu ya!

1. Kue di Dalam Mug

Seringkali kita membeli kue coklat, keju atau varian lainnya dari toko notabene membuat kue yang lumayan ribet. Gunakanlah microwavemu untuk memberikan kejutan kecil bagi keluarga. Sebagai contohnya kamu bisa mencoba membuat kue mug dengan rasa espresso. Bahan yang kamu butuhkan seperti tepung, bubuk kopi, susu coklat, gula, baking powder, telur, minyak, dan ekstrak vanilla. Caranya gabungkan seluruh bahan bubuk lalu ditambah bahan cair di dalam mugmu. Dan masaklah dalam microwave selama kurang lebih 2-3 menit. Dan voila!

2. Poached Egg

Poached Egg merupakan salah satu opsi terbaik untuk sarapan bergizi dan cepat. Untuk memulainya kamu memerlukan 1 telur, 1/3 cup air, dan 1/2 sdt cuka (opsional), satu mangkuk kecil dan piring. Pertama, pecahkan telurmu di mangkuk kecil tambahkan air dan cuka, serta garam dan lada bubuk. Untuk rasa lainnya, dapat juga menambahkan keju, chives, dan lainnya. Masukkan mangkukmu ke microwave selama kurang lebih 2 menit. Selanjutnya angkat poached egg dengan sendok dan siap dihidangkan sendiri atau ditemani roti dan nasi

3. Keripik Kentang

Kepingin keripik kentang yang lebih sehat dengan tidak menggunakan minyak? Memasaknya menggunakan microwave merupakan pilihan lebih praktis dan sehat. Potong kentang sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Semakin tebal potongan semakin mengurangi kegaringan kentangnya ya. Letakkan setiap potongan di piring, dan ingat tidak boleh menindih satu sama lain. Masukkan ke microwave selama tiga menit lalu balik dan berikan rasa dengan garam dan lada dan masukkan kembali selama tiga menit. Enjoy!

4. Popcorn

Tidak perlu diragukan lagi jika popcorn merupakan teman yang sangat pas untuk nonton dan ngobrol. Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa bulir popcorn, garam dan bumbu lainnya serta paper bag dan pastinya microwave. Langkah membuatnya pun sangat sederhana, masukkan bulir popcorn ke dalam paper bag dan letakkan paper bag ke microwave. Atur temperature microwavemu tinggi selama 4 menit dan popcorn siap disantap. Oh iya, untuk menambah rasa, tambahkan bumbu sesuai keinginan ya.

Bagaimana? Microwave bukan hanya diciptakan untuk menghangatkan atau mencairkan makanan beku namun juga untuk memasak makanan. Kelebihan menggunakan microwave adalah makanan yang lebih sehat, bernutrisi, dan tetap lezat!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru