4 Cara Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Smartphone di Kantor

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 26, 2015

Handphone, atau lebih sering disebut sebagai smartphone adalah satu perangkat yang dengan mudah dapat mengganggu. Namun sebaliknya, smartphone dapat membantu hari-harimu menjadi semakin efisien, produktif, dan up-to-date. Lewat fasilitas browsing yang dimiliki tiap smartphone, kamu bisa dengan cepat memperkaya diri dengan pengetahuan atas apa yang sedang terjadi atau ngetren baik di sekelilingmu dan juga di belahan dunia lain. Bukan hanya dapat menjadi hambatan tersebesar dalam produktivitas kerja, smartphone pastinya bisa menjadi teman cerdas seperti namanya. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mengikuti empat cara meningkatkan produktivitas menggunakan smartphone di bawah ini ya.

1. Mengunduh podcast seputar pekerjaan

Kini, Anda bisa mengunduh podcast baik secara gratis dan berlangganan seputar topik yang diinginkan. Ketika berhadapan dengan pekerjaan, alangkah baiknya untuk menyisihkan 15 hingga 20 menit untuk mendengarkan podcast seputar topik pekerjaan sebelum tiba ke tempat meeting atau ke kantor. Tips untuk para marketer, MarketingPodcast.com merupakan pilihan baik untuk mengawali hari kerjamu atau kamu bisa google penyedia podcast lainnya dengan mudah.

2. Menghemat waktu dengan shortcut atau text replacement

Merupakan suatu kewajiban dalam dunia kerja untuk melakukan hal yang sama secara berulang. Seperti ketika kamu seorang Sales, proses penjualan biasanya dimulai dengan data mining, pendekatan ke calon klien, meeting, dan seterusnya. Proses tersebut berulang hingga kamu mencapai prestasi yang diinginkan. Oleh karena itu, kamu seringkali menggunakan smartphone untuk membalas email dan kegiatan menunjang lainnya. Pergunakan shortcut atau teks pengganti untuk menghemat waktu dan menekan efesiensi waktu. Teks pengganti seperti "otw", "omy", "hwr" untuk mengganti "on the way", "on my way", dan "how are you" dapat digunakan untuk menyingkat waktu.

3. Mencoba aplikasi baru

Dapat dipastikan jika kamu selalu up-to-date perihal aplikasi yang sedang happening dan segera mengunduhnya. Namun jika selama ini, kamu lebih sering mencari aplikasi untuk mengisi waktu luang atau mendukung hasrat fotografi. Geser kebiasaanmu dengan mencoba aplikasi yang mendukung produktivitas kerja di kantor. Beberapa aplikasi menarik yang layak dicoaba seperti Evernote (untuk menulis note), LogMeIn ( mengontrol desktop jarak jauh), CloudOn (mengedit bermacam dokumen), dan lainnya.

4. Menggunakan aplikasi kalender

Setiap smartphone didukung oleh aplikasi kalender bawaanya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut sebaik-baiknya, namun pertimbangkan juga untuk membeli aplikasi sejenih yang lebih reliable. Cari aplikasinya di AppStore atau PlayStore smartphone yang bisa terintegrasi dengan aplikasi lain seperti peta (maps), tugas (tasks), cuaca (weather), dan lainnya.

Keempat tips di atas meminimalisir alasan untuk tidak produktif. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengintip sosial media atau aplikasi lainnya saat bekerja. Yuk lebih produktif dengan smartphonemu!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru