Dapatkan Tiket Pesawat Lebih Mudah Dengan 5 Tips Jitu Ini

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Oct 29, 2015

Sahabat Telunjuk, sudah saatnya merencanakan liburan kamu selanjutnya. Ya, bagi kamu para traveller, pasti sudah terbiasa merencanakan liburan sematang mungkin untuk mendapatkan harga tiket lebih murah. Sahabat, ada baiknya memang liburan direncanakan jauh-jauh hari mulai dari destinasi, rute perjalanan, penginapan, biaya makan, hingga hal penting lainnya seperti biaya transportasi. Nah, selalu gagal mendapatkan tiket pesawat murah? Kita sudah merangkum 5 tips jitu mendapatkan tiket pesawat lebih murah untuk liburan akhir tahunmu!

1. Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas, liburan haruslah direncanakan secara rinci dan matang jika kamu ingin mendapatkan tarif tiket pesawat lebih murah. Menurut theguardian dan cheapair, waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 54 hari sebelum hari keberangkatan! Dan diperkirakan kamu bisa berhemat hingga 29% dari biaya yang harus dikeluarkan dari tiket pesawat. Nah sahabat telunjuk, bagi kamu yang ingin jalan akhir tahun nanti, sekarang adalah waktu yang baik untuk mengintai harga tiket pesawat di banyak Online Travel Agent (OTA) yang ada dan ikuti terus perkembangannya.

2. Bandingkan rute perjalanan dan pilih yang terbaik

Banyak jalan menuju Roma, hal tersebut benar baik secara harfiah dan juga pepatah. Terdapat banyak rute alternatif yang bisa kamu susun untuk mencapai ke destinasi pilihan. Rancang dan survey rute-rute yang sering dilalui oleh traveller sebelumnya dan bandingkanlah rute tersebut. Biasanya perjalanan transit berbiaya lebih murah daripada harus langsung ke tempat tujuan, apalagi penerbangan jarak jauh. Untuk itu, dapatkan informasi rute alternatif sebanyak-banyaknya, bandingkan, dan pilihlah yang terbaik dari segi biaya, efisiensi waktu, maskapai penerbangan, dan pertimbangan lain.

3. Berangkatlah di tengah malam atau subuh hari

Bukan hanya hari pemesanan tiket yang menentukan harga tiket, hal lain yang turut serta menjadi faktor penentu adalah jam keberangkatan. Penerbangan pada tengah malam atau subuh hari biasanya berharga lebih murah dibanding jam lainnya. Untuk mempersiapkan penerbangan subuh, jangan lupa untuk menahan rasa kantuk dan jangan sampai ketinggalan pesawat ya!

4. Bepergian saat hari kerja

Selain harus memilih penerbangan di subuh hari, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bepergian saat hari kerja atau weekdays. Well, bepergian saat akhir pekan atau weekend relatif menawarkan harga tiket yang lebih mahal. Keuntungan terbang saat hari kerja adalah harga tiket yang relatif lebih murah, kondisi bandara yang tidak terlalu ramai hingga objek wisata di destinasi yang juga relatif sepi.

5. Ikuti akun media sosial

Tips kelima yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti akun jejaring sosial baik milik maskapai penerbangan dan Online Travel Agent (OTA) untuk bisa mendapatkan informasi beragam mulai dari penawaran menarik seperti promo dan diskon yang sedang berlangsung. Tidak lupa juga untuk mengikuti kuis atau kompetisi online yang diadakan oleh akun tersebut yang umunya berhadiahkan tiket pesawat.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru