Lakukan 5 Tips Ini untuk Memilih Jam Tangan Wanita yang Tepat

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Selain gaya berpakaian dan kepribadian, terkadang aksesoris justru yang membuat fesyen wanita terlihat lebih unik dan otentik. That's why, banyak wanita yang sering menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memilih aksesoris yang tepat untuk menyamakan dengan baju yang digunakan. Jam tangan bukanlah hal lain. Jika kamu bisa menemukan jam tangan yang tepat, menggambarkan siapa kamu dan berfungsi untuk memberikan nilai lebih kepada kamu, di saat itulah kamu berhasil memilih aksesoris. Mengingat ada banyak produsen dan model jam tangan yang ditawarkan pasar, kita sering kali dihadapkan dengan dilemma memilih model dan brand yang pas. Namun, untuk membantu kamu memilih, Lulu merangkum 5 tips memilih jam tangan yang dilansir dari tiptopwatches. Simak rangkumannya di bawah ini ya:

1. Pilih tipe gerakan/mesin.

Terdapat bermacam tipe gerakan/mesin pada jam tangan wanita, tetapi mekanik dan quartz adalah tipe yang paling sering dijumpai. Bedanya, quartz berfungsi lebih praktis, dapat diandalkan, lebih murah, dan biasanya jarang perlu perbaikan. Sedangkan, tipe mekanik membutuhkan pengawasan teknis ekstra hati-hati dan biasanya merupakan sebuah warisan turun-temurun. Terlepas dari sifatnya yang ingin dijaga terus, banyak wanita justru memilih tipe mekanik walaupun harganya cenderung lebih mahal dari tipe quartz. Girard Perregaux merupakan salah satu brand jam tangan dengan produksi tipe mekanik populer di kalangan wanita dunia. (Gambar di atas: Girard Perregaux)

2. Pilih tipe dan gaya jam tangan sesuai selera.

Memilih gaya atau bagaimana bentuk jam tangan yang diinginkan bersifat penting. Tipe klasik biasanya berbentuk bulat dan persegi atau persegi panjang yang terkesan lebih maskulin. Sedangkan tipe dapat beragam berdasarkan fungsi yang ditawarkan seperti sporty, jam tangan yang lebih cocok disebut sebagai perhiasan, jam tangan fesyen yang sedang ngetren atau disebut juga sebagai dress watch. TAG Heuer, Casion, dan Citizen merupakan tiga brand yang terkenal dengan jam tangan sporty berkualitas. Sedangkan Chopard, Patek Phillipe, Bulgari terkenal dengan tipe perhiasaan yang mewah. Jam tangan perhiasan terbuat dari metal bernilai tinggi seperti emas, platinum, dilengkapi oleh bebatuan mahal yaitu berlian, mutiara, amber dan lainnya. Sedangkan jam tangan fesyen/dress watch didesain khusus mengikuti trend yang sedang berjalan. Untuk mencari dress watch oke, kamu bisa mengintip produk dari Cartier, Omega, dan Rolex. (Gambar di atas: Cartier Panthere Mini 18K Steel Vintage Diamond - perhiasan & dress watch)

3. Pilih tipe material jam tangan.

Jam tangan emang merupakan all-time favorite dan menjadi salah satu tipe jam tangan yang paling banyak dicari hingga detik ini. Sesuai dengan perkembangan waktu, jam tangan emas pun memiliki opsi warna emas yang berbeda, seperti classic gold yellow, rose gold, pink gold, hingga platinum. Untuk urusan material, stainless steel tetap menjadi primadona walaupun seringkali memberikan kesan maskulin di jam tangan wanita. Selain stainless steel, juga ada keramik, keramik sering digunakan dalam jam tangan fesyen modern. Material ini besifat lebih praktis ketika digunakan, tidak meninggalkan scratch, dan membuat jam berkilau. Brand Rado dan Fossil cukup terkenal dengan jam tangan keramik mereka, sedangkan Rolex memiliki koleksi jam tangan dengan nuansa warna emas yang bisa kamu intip. (Gambar di atas: Fossil Decker Chronograph Rose Dial Ladies Watch)

4. Pilih tipe tali yang nyaman di tanganmu.

Tipe tali jam tangan berbeda bisa kamu temukan pada jam tangan wanita. Tipe jam tangan dengan model tali bracelets atau gelang seperti milik Cartier, memberikan aksen classy, formal, dan juga mewah bagi pemakainya. Tali kulit lebih cocok digunakan oleh mereka yang muda, berenergi, up-to-date, dan stylish. Dan terakhir ada tipe karet/rubber. Tali karet justru tahan lama, gampang dibersihkan, dan tidak mudah rusak bila terkenal parfum. (Gambar di atas: Esprit Purple Rubber Analog Women Watch).

5. Belilah jam yang memilih faktor "WOW"!

Seperti jam tangan yang mempunyai berlian, berlian tidak pernah ketinggalan jaman dan faktor "WOW" terlihat jelas pada kepingan jam tangan. Jika kamu berencana membeli jam tangan perhiasan, pilihlah dari brand Chopard La Strada, Bulova, dan Chopard. Faktor "WOW" juga bisa kamu temukan pada dial yang mengelilingi bulatan jam tangan. (Gambar di atas: Chopard Diamond Watch).

Setelah menentukan tipe gerakan, gaya, material, tali yang nyaman, dan faktor "WOW". Saatnya kamu mencari, menemukan, dan memilih rekomendasi jam tangan terbaik di puluhan situs e-commerce terpercaya dengan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru