4 Tips Cerdas Belanja Susu Formula yang Harus Diketahui Seluruh Orang Tua

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Ketika memutuskan untuk menggunakan susu formula, ada baiknya moms berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter dan ahli nutrisi. Ini dilakukan agar moms tidak salah langkah dalam berbelanja susu. Namun, jika jadwal yang padat menghalagi moms untuk bertemu dokter, Lulu sudah merangkum 4 tips belanja yang dilansir dari consumerreports.org untuk membantu moms memahami aturan belanja susu formula. Langsung saja kita bahas keempat tips-nya di bawah ini.

Hindari menyetok susu sebelum kelahiran anak.

Kekhawatiran akan tidak menyetok susu formula sebelum anak lahir bukanlah terletak pada tanggal kadaluarsa yang dimiliki susu. Melainkan pada formula apa yang moms beli dan apakah formula tersebut cocok untuk si kecil. Biasanya, produsen susu secara dermawan memberikan sample susu dan promo potongan harga ketika tahu moms sedang menunggu kehadiran si keci. Nah, momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengenal formula yang tersedia di pasaran sebanyak-banyaknya. Moms bisa saja sudah memutuskan untuk membeli dan menyetok susu brand A dengan formula A, namun hal ini akan menjadi sia-sia jika nantinya si kecil justru mengalami alergi, muntah-muntah, diare dan gejala lainnya. Oleh karena itu, hindari menyetok susu sebelum kelahiran anak karena formula yang moms beli belum tentu 100% dapat diterima oleh bayi. 

Beli susu formula bubuk jika memungkinkan.

Susu berbentuk bubuk adalah formula termurah yang bisa moms temukan di pasaran. Melansir consumerreports.com, susu bubuk Enfamil Premium Infant berharga 25 - 37% lebih murah dibanding susu berformula Ready-to-Feed dari merek yang sama. Well. susu formula Ready-to-Feed dan Concentrated Liquid memang mempunyai nutrisi yang lebih seimbang dari susu bubuk namun jika dilihat dari segi ekonomis, susu ini adalah pilihan terbaik untuk dipertimbangkan.

Belilah kemasan terbesar yang ada.

Setelah menemukan susu formula baik susu bubuk, lactose-intolerant, soya milk atau apa pun yang cocok dengan kondisi bayi dan budget, biasakan untuk membeli produk dalam kemasan terbesar. Riset membuktikan jika kaleng  terbesar justru berharga lebih hemat jika dilihat dari porsi produk yang ditawarkan dibanding kaleng kecil jika dihitung massa-nya menyesuaikan porsi kaleng besar. Dalam proses produksi pasti ditemukan biaya kemasan, dan ketika moms membeli kaleng kecil dalam jumlah yang banyak sama dengan moms harus membayar biaya kemasan sebanyak kaleng yang dibeli.

Jadilah loyalis brand.

Walaupun pada dasarnya merek-merek (brand) susu formula besar seperti Enfamil, Similar, dan S-26 memiliki formula dan kualitas yang kurang lebih setara. Ada baiknya untuk setia mengkonsumsi susu formula dari satu merek bagi bayi. Ini dikarenakan ketika susu tersebut cocok dan masuk dengan kondisi bayi, maka sistem pencernaannya pun akan menyesuaikan. Hindari gonta-ganti merek setelah bayi merasa cocok. Jika moms bisa mengganti formula susu dari satu merek yang sama. Tetapi, proses pergantian harus berada di bawah pengawasan ketat guna menghindari gejala tidak cocok yang bisa timbul.

 Kini, moms sudah memahami 4 tips cerdas dalam berbelanja susu formula. Saatnya, memantapkan produk pilihan untuk si kecil dan temukan rekomendasi produk terbaik dari ratusan toko online di Indonesia dengan klik

Milih Susu Formula!

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru