Bedah 6 Merk Susu Formula yang Bagus dan Aman untuk Tumbuh Kembang Anak

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Apr 27, 2017

Susu atau sering disebut juga sebagai susu formula, adalah salah satu kebutuhan paling penting untuk tumbuh dan kembang si kecil tersayang. Dikonsumsi sebagai pengganti Air Susu Ibu (ASI), susu formula atau susu instant menjaga si kecil tetap sehat, menunjang dan meransang pertumbuhan bayi. Walaupun begitu, ASI tetap dinilai sebagai asupan terbaik bagi anak.

Well, asupan ASI tentu akan berakhir seiring dengan selesainya produksi ASI pada masing-masing ibu. Maka, susu formula hadir menggantikan dengan kandungan gizi yang tak kalah hebat dari ASI. Ada 5 jenis vitamin dan mineral yang harus ada pada susu formula anak. Yaitu AHA atau AA yang baik untuk pembentukan jaringan saraf otak sehingga menopang perkembangan otak dengan baik. 

Juga ada DHA yang fungsinya untuk membantu perkembangan otak bayi serta merangsang pertumbuhan indera penglihatan bayi. Selanjutnya ada LA, sebuah mineral berupa asam lemak yang baik untuk perkembangan otak dan mental. Disusul oleh FOS dan GOS untuk memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik serta membuat sistem pencernaan jadi lebih sehat dan baik.

Serta Omega 3 dan Omega 6 yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku serta mencegah kerusakan sel. Nah, melihat kelima vitamin dan mineral tersebut. Kami ingin membedah 6 merk susu bayi atau susu formula yang pasti sudah tidak asing lagi buat moms. Adapun keenam merk tersebut adalah:

 

Bebelac

Dilansir situs resmi Bebelac, www.bebeclub.co.id, susu formula Bebelac mengandung sederetan nutrisi tepat untuk membesarkan anak hebat. Susu Bebelac diperkaya dengan lebih banyak minyak ikan, FOS:GOS (1:9), serta berbagai macam vitamin dan mineral yang membuat anak lebih cepat tanggap, memiliki nutrisi tepat, serta memiliki kemampuan sosial dan fungsi saluran cerna yang baik. 

Bebelac ada di setiap tahap tumbuh dan kembang buah hati lho. Baik itu dari 0 - 1 tahun, 1 - 3 tahun, 3 - 5 tahun dan seterusnya. Susu formula Bebelac yang patut kamu beli seperti Bebelac 3 yang merupakan susu pertumbuhan untuk si kecil yang berumur 1 - 3 tahun kaya akan FOS:GOS, minyak ikan, 12 vitamin, dan 9 mineral. Juga ada Bebelac 4 untuk anak 3- 6 tahun yang mempunyai kandungan nutrisi tepat sama dengan Bebelac 3.

Untuk harga, per 800 gram, Bebelac 3 Bebenutri Plus (Susu atau Vanilla) adalah Rp 119.850. Sedangkan Bebelac 4 Bebenutri Plus seharga Rp 109.750 dan dijual di Lazada, Blibli, dan Elevenia.

Beli Susu Bebelac

 

Nutrilon

Diawak oleh perusahaan yang sama dengan Bebelac yaitu Nutricia. Nutrilon termasuk salah satu merk susu formula bayi yang laris di pasaran. Nutrilon memiliki tiga varian susu formula yaitu Nutrilon, Nutrilon Soya (susu kedelai), serta Nutrilon Royal. Merk satu ini gampang diingat karena maskot beruang yang selalu ada pada kaleng dan kotak packaging susu. 

Mirip dengan Bebelac, formula susu formula Nutrilon kaya akan nutrisi tambahan yang ada untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi anak dan juga ibu baik sejak masa hamil hingga umur 6 tahun.

Produk Nutrilon merupakan produk susu yang mengikuti standar keamanan makanan di Eropa serta melalui pemeriksaan ketat dari para ahli dari Danone. Nutrilon mengandung FOS & GOS untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Keduanya dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan perkembangan bakteri baik, selain itu dapat menyehatkan dinding usus serta mencegah terjadi infeksi.

Susu Nutrilon mengandung Omega3, Omega6, 12 Vitamin, 9 Mineral, tambahan Kalsium dan Fosfor. Nutrilon 1 untuk usia 0-6 bulan, Nutrilon 2 untuk usia 6-12 bulan, Nutrilon 3 untuk usia 1-3 tahun, dan Nutrilon 4 untuk usia 3 tahun ke atas. Berikut merupakan beberapa produk susu bayi nutrilon.

Untuk harga, ada Elevenia, Blibli, dan Lazada yang menjual susu Nutrilon. Kisaran harga pun bergantung pada varian dan ukuran yang diinginkan. Saat ini susu formula nutrilon (varian & ukuran bebas) berada di harga Rp 67.450 di Blibli - 500 ribuan di Lazada.

Beli Susu Nutrilon

 

Dancow

"aku Dan kau suka Dancow," slogan tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telingamu kan? Ya, Dancow memang memiliki salah satu slogan/tagline yang paling nyangkut di benak masyarakat Indonesia hingga saat ini. Tapi slogan tersebut bukan tanpa alasan, loh. Pasalnya, Dancow membekali produk mereka dengan kandungan nutrisi yang bukan hanya lezat namun kaya akan vitamin, mineral, dan zat baik.

Dilansir dari situs resmi Dancow, www.dancow.co.id, ada banyak varian susu formula yang bisa moms jadikan pilih. Tapi secara garis besar, susu formula Dancow dibagi menjadi tiga yaitu susu formula untuk umur 1 - 3 tahun, 3 - 5 tahun dan 5 tahun ke atas. Dibagi jadi tiga varian yaitu Dancow Advanced Excelnutri+, Dancow Gold, dan Dancow Batita. 

Susu Dancow mengandung nutrisi tepat untuk proteksi yaitu menjaga saluran cerna untuk proteksi menyeluruh bagi si Kecil dengan kandungan serat poangan Inulin, Lactobacillus rhamnosus NCC 4007 & Bifidobacterium longum NCC 3001. Tinggi Vitamin A,C,E, & Mineral Selenium dan Zink. Nutrisi baik untuk perkembangan otak dan  proses belajar optimal si Kecil dengan kandungan Minyak Ikan (Sumber DHA), Omega 3 (Asam α-Linoleat), dan Omega 6 (Asam Linolenat). Serta pertumbuhan fisik anak untuk tumbuh kembang optimal si Kecil dengan kandungan Protein dan Kalsium tinggi.

Soal harga, susu Dancow dijual mulai dari Rp 42.100 dan dijual di Elevenia, Lazada, dan Blibli.

Beli Susu Dancow

 

Lactogrow

Sama-sama diproduksi oleh Nestle seperti Dancow, Lactogrow juga bisa menjadi susu formula andalan si kecil. Dulunya dikenal sebagai 'Lactogen', nama baru 'Lactogrow' mengedepankan peran susu ini sebagai susu pertumbuhan atau "to grow".

Nestle Lactogow HappyNutri, susu pertumbuhan anak usia 1-5 tahun yang diperkaya dengan 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan dan LA untuk menjaga kenyamanan saluran cerna si kecil. Susu bubuk untuk menunjang pertumbuhan sejak umur 0 bulan hingga 6 tahun sehingga anak bisa terus aktif dan kreatif.

Harga susu Lactogrow mulai dari 30 ribuan saja dijual di Tokopedia, Blibli, Lazada, Elevenia, dan Bukalapak lho!

Beli Susu Lactogrow

 

Friso Gold

Friso Gold membantu memperkuat daya tahan tubuh anak dari dalam, sehingga ia bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga bersama mom. Friso Gold menyedikan susu ibu hamil dan menyusui yaitu Susu Frisomum Gold dengan kandungan prebiotik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi rasa sembelit, serta menopang pembentukan janin si kecil.

Lalu juga ada Susu Friso Gold 3 yaitu susu pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti ALA, LA, prebiotik, nukleotida, vitamin A, C, dan E, zat besi, selenium yang baik untuk perkembangan fisik. Disusul oleh Susu Friso Gold 4, susu pertumbuhan untuk usia 3 - 12 tahun yang cocok untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam.

Untuk harga, harga termurah mulai dari Rp 70.000 dan dijual di Tokopedia, Lazada, Elevenia, Blanja, dan Bukalapak.

Beli Susu Friso Gold

 

Enfagrow

Merk selanjutnya adalah Enfagrow. Hadir dengan empat varian susu yaitu Enfamama A+, Enfagrow A+ 3, Enfagrow A+ Gentle Care, serta Enfagrow A+ 4. Kandungan nutrisi yang ada di Enfagrow pun tak perlu diragukan lagi. Dilansir dari situs resmi mereka, www.enfa.co.id, Enfagrow A+ Formula  diformulasikan secara ilmiah oleh Mead Johnson Nutrition, kini dengan DHA 25 mg per saji yang ditingkatkan 78% dibanding formula sebelumnya,  formula yang membantu mengoptimalkan konsentrasi, memori (daya ingat) dan problem solving (pemecahan masalah) si Kecil.

Diperkaya berbagai macam protein dan vitamin seperti vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan kulit mata, lapisan permukaan saluran pencernaan dan saluran penafasan. Juga kaya akan vitamin B6 & B12, kalsium, zat besi, dan vitamin C.

Nah, Engafrow A+ dijual mulai dari Rp 90.000 di Tokopedia. Juga tersedia varian lengkap dengan harga yang bervariasi di Blibli, Lazada, Elevenia, dan Blanja.

Beli Susu Enfagrow

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru