Asuransi Bukan Cuma Pilihan, Tapi Gaya Hidup. Cek 5 Tips Ini Biar Tepat Pilih Asuransi

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

May 04, 2017

Hari ini, detik ini, hampir semuanya bisa dilakukan secara online. Mulai dari belanja, bisa belanja online tanpa perlu datang ke mal atau toko. Baca koran, bisa langganan e-newspaper atau tinggal buka portal berita. Pokoknya, lewat online semuanya jadi lebih mudah, praktis dan nggak pake ribet. Sama halnya dengan layanan asuransi. Kalo kamu masih berpikir apply dan klaim asuransi itu ribet, kamu tentu jauh ketinggalan jaman. Bukan cuma belanja aja yang bisa dilakukan secara digital, kamu juga udah bisa memilih asuransi lewat digital, loh!  Gimana, kamu masih berpikir belum perlu memiliki asuransi. Come on now, kemana aja? 

Sekarang ini, asuransi bukan lagi dicap "pilihan" tapi udah jadi lifestyle-nya masyarakat perkotaan, seperti kamu. Seiring dengan mobilitas dan tren gaya hidup yang makin hari makin heterogen dan meningkat, kamu perlu mempersiapkan diri dengan asuransi. Inget-inget deh kebiasaan buruk sehari-hari yang tanpa kamu sadari bisa mengganggu kesehatan. Masa nggak sayang diri sendiri? Gini deh, biar tahu dan ngerti caranya milih asuransi secara online (maupun nggak online) dan kenapa perlu punya asuransi dari sekarang, intip dulu 5 tips singkat di bawah ini biar bisa pilih asuransi yang tepat.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Kamu sudah familiar dengan penawaran dari perusahaan asuransi belum? Kalo udah, kamu pasti sudah mengenal berbagai paket yang ada seperti asuransi diri, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Untuk memilih paket yang sesuai, kamu perlu medical check-up terlebih dahulu untuk mengenal risiko yang mungkin kamu miliki. Contohnya, kalo kamu merasa punya risiko terkena sakit jantung, yang harus kamu pilih adalah asuransi atau proteksi terhadap kesehatan jantung. Jika kamu merupakan perokok aktif dan nggak bisa lepas dari rokok setiap hari, maka, kamu memerlukan asuransi kesehatan keseluruhan.

2. Buat Anggaran Khusus untuk Asuransi

Satu hal yang pasti, asuransi bersifat mengikat dalam hitungan bulanan bahkan tahunan. Well, kamu perlu mengalokasikan 10 - 20% dari pendapatan khusus asuransi. Tentunya, kamu harus mengatur pengeluaran dan mengerti finansial pribadi untuk memilih paket dan premi yang sesuai. Sehingga, kamu bisa tetap hidup "royal" dengan masa depan kesehatan yang lebih terjamin. Ayo dong, masa nongkrong tiap malam sama teman di coffee shop atau pub bisa, tapi alokasi dana buat keselamatan diri di masa depan nggak rela? Pikir lagi.

3. Pastikan Nilai Pertanggungan Sesuai

Nggak bisa dipungkuri kalo kamu perlu memperkaya pengetahuan perihal asuransi dan biaya pengobatan sebelum memutuskan mengasuransi hidup. Dalam artian, hal ini membantu kamu mengerti kalo uang yang kamu keluarkan untuk membayar premi sebanding dengan estimasi biaya pengobatanmu kelak.  Intinya, jika kamu mengetahui nilai rata-rata pengobatan penyakit atau risiko yang mungkin akan kamu hadapi. Kamu bisa memilih premi yang nilainya sebanding sehingga nanti nggak menyesal jika premi yang kamu bayarkan ternyata tidak menutupi kebutuhan pengobatan.

4. Perhatikan Kredibilitas

Dari sekian banyak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, kamu kudu faham siapa saja pemain besar. Saran dari kami adalah bertanya langsung kepada keluarga, teman, dan kolega yang sudah pernah menjalani proses klaim asuransi secara riil sehingga kamu mempunyai bayangan jelas atas kemudahan proses klaim nantinya. Suka nge-google, kan? Kamu bisa cari cerita apply dan klaim asuransi di Indonesia lewat Google. Nggak ada pertanyaan yang nggak bisa dijawab mesin pencari satu ini, kan?

5. Ubah Cara Pandangmu Tentang Asuransi

Suka travelling? Bawa GoPro dan selfie stick ke tiap sudut tempat liburan untuk share di media sosial? Apa sih yang membuat kamu rela nabung dan terbang traveling kesana-kemari?  Y.O.L.O., You Only Live Once. Prinsip traveling ini sama banget sama kenapa kamu harus punya asuransi. Let's get real! Banyak dari kita yang menunda untuk mempunyai asuransi karena merasa belum perlu dan ingin memanfaatkan uang yang ada untuk hal lain (contoh traveling). Mulai hari ini, coba ubah sudut pandang tersebut dan berfikir "Apa yang bisa asuransi berikan untuk diri saya?" Dengan menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa meyakinkan diri jika asuransi memang diperlukan sejak dini. Karena, lebih baik pas masih sehat dan mampu daripada nunggu jatuh sakit dan nyesel karena YOLO!

Kalo udah ngerti kelima tips dan wejangan di atas, nggak perlu tunda-tunda lagi dan kudu cari tahu informasi lebih lengkap seputar asuransi. Atau! Kamu bisa atur dan pilih asuransimu sendiri, sesuai dengan nyamannya kamu, dan pas dengan budget bulanan di AXA LIFE lewat klik di bawah ini:

 

Saya Mau Hidup Nyaman

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru