Yuk Ajak Si Kecil Menanam 8 Tanaman Obat-obatan di Kebun

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 23, 2015

Moms, akhir pekan tidak hanya bisa diisi dengan jalan-jalan ke mall atau taman bermain. Namun, kamu dan si kecil bisa mambangun kebun kecil sendiri di halaman rumah. Kegiatan ini, bukan hanya mengajarkan buah hati menjadi lebih produktif, namun juga mengenalkannya pada dunia tanaman dan soft skill menanam. Alangkah baiknya jika kamu memilih tanaman yang juga memiliki fungsi sebagai obat-obatan. Tenang, berikut adalah tanaman obat-obatan yang bisa menjadi pilihan moms.

1. Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera terkenal sebagai salah satu tanaman obat-obatan dengan sejuta khasiat dan manfaat. Dari aloe vera, moms dan sahabat telunjuk lainnya bisa mengobati luka yang terbuka, luka bakar, serta mengurangi bengkak pada kulit. Selain untuk kulit, moms juga bisa mengkonsumsi aloe vera karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan usu, sistem pencernaan, gangguan konstipasi, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Marsh Mallow

Ya, sesuai dengan namanya, dulunya akar dari tanaman marsh mallow digunakan sebagai bahan pembuatan marshmallow. Selain itu, beberapa manfaat yang dapat dimbil dari akarnya antara lain penyembuhan bengkak dan iritasi pada saluran urin, mengurangi asam lambung, dan gastritis. Untuk pemakaian luar, gunakan akar marshmallow sebagai pengobatan luka, gigitan serangga, otot pegal, hingga peradangan pada kulit.

3. Camomile

Diidentifikasi sebagai salah satu sumber wewangian yang digemari, sensasi harum yang manis dan fruity yang berasal dari camomile digunakan sebagai obat medis untuk penyembuhan sistem pencernaan. Sebagai aromatherapy, camomile mengeluarkan efek menenangkan serta hangat sehingga membantumu dalam mengurasi stress dan gangguan tidur. Selain wanginya, tanaman ini sering juga digunakan sebagai obat penyembuhan sakit gigi, sakit pada telinga, hingga bahu.

4. Ubi Cina (Chinese Yam)

Berasal dari Pinyin, China, Chinese Yam banyak digunakan dalam pengobatan herbal Cina. Secara tradisional, sangat baik untuk mengobati gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan perut, limfa, paru-paru hingga ginjal. Kaya akan vitamin B2, vitamin C, glutamin, amilase, asam amino, dan lendir. Moms bisa memetik khasiatnya untuk pengobatan nafu makan yang buruk, diare kronis, asma, batuk kering, kencing manis, dan dipercaya membawa umur panjang.

5. Ginseng Siberia

Sejak turun menurun, ginseng dipercaya mengandung segudang vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Ginseng Siberia sendiri sangat baik untuk mengatasi masalah menopause, stress (fisik dan mental), insomnia, nafsu makan buruk, meningkatkan stamina, mempertajam daya ingat, hingga kekebalan tubuh.

6. Peppermint

Termasuk ke dalam golongan obat-obatan tertua di dunia, peppermint sangat kaya akan mangan, vitamin A, dan Vitamin C. Daunnya yang ditumbuk dan diusap pada permukaan kulit membantu otot lebih rileks dan tenang. Daun peppermint yang dimasak baik untuk mengurangi gejala bower synfrome, merelaksasi perut, membunuh bakteri jahat, menyembuhkan demam hingga perut kembung.

7. Ginseng

Bereputasi baik dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidupmu, akar ginseng dapat digunakan sebagai pengobatan ampuh untuk meransang dan merelaksasi sistem syaraf, hormon, menambah stamina, mengurangi kadar gula dan kolesterol tubuh, memperkuat ketahanan tubuh, hingga menambah nafsu makan dan baik untuk penderita insomnia.

8. Kelabat (Fenugreek)

Sesuai dengan namanya, tanaman yang berasal dari Yunani ini banyak ditanam juga di banyak negara di Asia, Eropa, dan Afrika. Walaupun jarang sekali ada perkebunan khusus fenugreek, tidak ada salahnya mencoba bukan? Khasiat yang bisa diambil adalah pelengkap rasa kari, menjaga kolesterol, baik untuk treatment jantung, stroke, hingga penyumbatan pembuluh darah dan bagus untuk penyembuhan penyakit kulit seperti ruam, bisul, luka bakar, goresan, dan jamur. Selain itu, moms juga memanfaatkannya untuk menurunkan kadar gula, menyembuhkan demam, meningkatkan dan memperlancar asi, serta membersihkan kulit wajah.

So, moms, berkebun bukan hanya mengajarkan si kecil akan soft skill berkebun, namun juga melahirkan banyak manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan keluarga. Yuk tanam tanaman obat-obatan!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru