8 Tips Menjaga dan Membuat Pakaian Lebih Tahan Lama

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 15, 2016

Tren fesyen ikut berganti seiring dengan pergantian tahun dan musim. Nggak heran kalo toko-toko pakaian brand ternama di pusat perbelanjaan selalu mengganti setelan yang ada di etalase mereka. Berkat etalase tersebut juga, kamu terbujuk untuk mencoba dan akhirnya membeli baju baru. Dalam artikel ini, Lulu bukan mau mengajak kamu untuk beli baju baru. Tetapi ingin ngajak kamu merawat baju yang sudah ada biar lebih tahan lama. Yuk intip seluruh tipsnya berikut ini:

1. Pisahkan pakaian menurut warna

Yep, hindari mencuci pakaian berwarna gelap dan terang, serta yang berbahan halus dan lebih tebal secara bersamaan. Untuk itu, siapkan beberapakan keranjang untuk pakaian berwarna gelap, untuk yang berwarna lebih terang. Lalu jangan lupa juga untuk memisahkan pakaian yang berbahan tebal dan tipis.

2. Tidak melebihi kapasitas mesin cuci

Selain harus memisahkan beberapa jenis bahan pakaian saat mencuci. Kamu juga harus memerhatikan beban yang ditanggung oleh mesin cuci dalam satu periode mencuci. Hindari untuk mencuci pakaian terlalu banyak, karena selain hasil cucian yang kurang bersih, bisa juga terjadi kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan pada bajumu.

3. Balik jeans sebelum mencuci

Untuk menghindari warna jeans cepat pudar. Ada baiknya kamu membalik jeans terlebih dahulu dan mencuci dengan keadaan dalam di luar. Dengan begitu warna jeansmu tidak akan cepat pudar.

4. Tidak mencuci jaket dan outer lain terlalu sering

Faktanya, selain pakaian dalam, kamu bisa menggunakan potongan baju lainnya secara berulang. Seperti jaket atau baju dingin. Pencucian berulang-ulang akan menyebabkan penipisan bahan, warna yang memudar, dan pemborosan deterjen.

5. Hindari dry cleaning

Harga layanan yang cenderung lebih mahal, komponen dry cleaning mengandung banyak zat kimia yang akhirnya bisa merusak bahan baju. Ketika kamu menemukan noda pada baju, segera lalukan cuci-tangan baju pada bagian noda membandel. Bahkan lakukan perendaman setelahnya jika memang dibutuhkan.

6. Lakukan rotasi

Iya, Lulu mengerti. Kamu mempunyai gaya andalan yang "gue banget". Demi menjaga pakaian tersebut tahan lama, biasakan untuk merotasi pakaian. Trik yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan pakaian bersih atau yang habis dicuci dan disetrika pada tumpukan paling bawah. Dengan begitu, kamu akan mengambil pakaian yang terletak pada tumpukan paling atas.

7. Proses pengeringan sesuai warna baju

Nggak ribet kok! Hanya memang perlu sedikit usaha. Untuk itu kamu perlu menjemur pakaian berwarna terang di luar ruangan atau di bawah sinar matahari dan yang berwarna gelap di dalam ruangan. Perlu diingat jika sinar matahari bisa memudarkan warna gelap pada baju. Maka, perhatikan proses penjemuran pakaian ya!

8. Selalu lipat baju dingin (knitwear)

Hindari untuk menggantung baju dingin seperti knitwear berbentuk cardigan dan jumper di hanger ya. Karena hal ini akan menyebabkan baju dingin lebih longgar dan lebar.

Tampil lebih gaya bukan melulu harus beli baju baru. Dengan menjaga baju menjadi lebih tahan lama, kamu bisa melakukan mix & match baju lama dengan adaptasi tren terbaru. Untuk bisa lebih tahan lama, jangan lupa lakukan kedelapan tips di atas ya! Untuk membaca artikel tips & trik lainnya, yuk langsung klik tombol di bawah ini aja!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru