8 Tips & Trik Membersihkan dan Menjaga Tas Kulit Branded

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 15, 2016

Tas bermerek atau dikenal juga sebagai tas branded, seringkali menjadi andalan para wanita saat berpergian. Selain desain yang stylish, bahannya yang tahan lama, tas branded juga menguatkan fashion-game si pemilik tas. Salah satu tas favorit para konsumen adalah yang berbahan dasar kulit. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat rela membeli berbagai tas kulit dengan harga yang selangit. Hal ini dinilai wajar oleh beberapa kalangan lho, mengingat tas tersebut bisa digunakan selamanya. Eits, tunggu dulu, untuk bisa memakai tas dalam jangka waktu panjang, kamu perlu melakukan beberapa tips di bawah ini. Menurut cosmopolitan, terdapat beberapa tips & trik yang bisa kamu gunakan seperti:

1. Bersihkan tas seminggu sekali dengan air hangat

Ingat juga untuk menambahkan setetes atau dua tetes sabun cair ke dalam air hangat dan gunakan handuk atau kain untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar tas.

2. Handbag Clinic top tip

Menurut Handbag Clinic, hindari menggunakan baby wipes atau tisu basah yang digunakan pada balita untuk membersihkan noda pada tas kulit. Jangan bilang kamu sering melakukan hal ini?! Well, sahabat telunjuk, berjenis-jenis bahan dan cairan kimia yang terkandung dalam baby wipes dapat merusak warna tasmu secara perlahan lho. Selain itu, juga bisa menyebabkan tasmu kering, hingga sejumlah masalah lainnya.

3. Bersihkan segera, jangan ditunda

Perlu diingat jika kunci dalam membersihkan atau menghilangkan noda seperti ketumpahan tinta adalah membawanya ke tangan profesional. Namun, ketika kamu belum mempunyai kesempatan untuk pergi, coba produk penghilang tinta profesional dan ikuti instruksi pemakaian secara hati-hati.

4. Jika noda sudah cukup lama

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah kembali membawa tas kulit kesayangan ke tangan profesional. Jangan pernah mencoba menghilangi noda yang sudah lama menempel pada tas, alih-alih membersihkan, tasmu malah bisa rusak seperti terjadi robekan kecil dan masalah potensial lainnya.

5. Jangan biarkan tas tidak berisi

Jika orang tua atau teman pernah memberikan tips ini kepadamu, maka jangan berhenti melakukannya. Biasanya, kita akan menyiasati isi tas dengan kertas sehingga tidak kosong. Keadaan terisi penuh membantu penjagaan bentuk tas.

6. Selalu gunakan pembersih noda khusus tas kulit

Pembersih noda yang dikhususkan untuk tas kulit dibuat untuk alasan dan tujuan yang jelas dan tepat. Yaitu untuk menghilangkan noda di tas berbahan dasar kulit. Maka, jangan coba-coba membeli produk pembersih noda yang dikhususkan untuk tas berbahan dasar lain. Terkadang memang lebih mahal dibanding pembersih tas bahan lainnya. Tetapi, harga tidak berbohong kok. Kamu akan mendapatkan hasil paling optimal dengan pembersih noda yang tepat.

7. Hindari menggunakan tas berwarna terang ketika sedang tampil grunge atau gothic

Kamu tidak akan pernah menyangka jika warna gelap pada pakaiannya bisa saja luntur ke tas kulitmu yang berwarna terang. Hal ini sangat mungkin terjadi lho, dan noda yang ditularkan oleh pakaian adalah salah satu noda yang paling sukar dihilangkan pada tas. So, stay aware!

8. Tas bau? Manfaatkan baking powder

Yep, baking powder mempunyai segudang manfaat lain dari sekedar mengembangkan adonan kue dan roti. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tas. Yang bisa kamu lakukan adalah tuang baking powder ke satu mangkok kecil dan letakkan ke dalam tas, tutup rapat. Masukkan tas ke dust bag secara perlahan dan diamkan selama 24 jam. Baking powder berfungsi sebagai penyerap bau tak menyenangkan pada tas, dan voila!

Demi menjaga sihir yang dimiliki tas kulit brandedmu, langsung terapkan 8 tips dan trik di atas ya! Kamu bisa memulainya dengan membersihkan tas selama seminggu sekali hingga menggunakan baking powder untuk menghilangkan bau tak sedap pada tas. Untuk mendapatkan tips & trik seputar fesyen, beauty, dan belanja online yuk langsung klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru