[Bag. 3] Resolusi Tahun Baru: 7 Langkah Menjaga Konsistensi Dalam Menyelesaikan Resolusi

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 12, 2016

Setelah usai membahas bagian satu dan bagian dua mengenai langkah-langkah membuat dan memulai resolusi. Langkah yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana untuk menjaga konsistensi dalam menyelesaikan atau meraih resolusi. Untuk bisa sampai tujuan, terdapat beberapa langkah yang wajib hukumnya untuk ditaati sehingga secara konsisten dan disiplin kamu bisa mencapai titik yang diinginkan. Apa saja sih langkah-langkah selanjutnya?

1. Memberikan hadiah pada diri sendiri

Menghadiahkan diri sendiri bisa menjadi motivasi yang baik, namun perlu diingat jika kamu tidak perlu terlalu sering menghadiahkan diri sendiri. Dari timeline yang sudah ditetapkan sebelumnya, tentukan frekuensi pemberian hadiah. Dimulai dengan hadiah-hadiah kecil untuk periode beberapa bulan sekali hingga GRAND PRIZE ketika kamu benar-benar sampai pada tujuan!

2. Selalu ingatkan dan motivasi diri akan sukses

Percaya deh, mengingatkan dan memotivasi sendiri merupakan hal yang cukup sulit. Gimana bisa berhasil kalo semangat yang dimiliki terbilang minim? Untuk itu Sahabat Telunjuk, kamu harus bisa menjaga motivasi dan dedikasi pada diri sendiri dan ingat juga bagaiamana kesuksessan yang akan didapatkan berdampak pada kehidupan sehari-harimu di masa mendatang. Tidak mudah memang, namun bukannya tidak mungkin! Let's go!

3. Hadapi rasa takut atas perubahan

Rasa takut akan perubahan itu hukumnya lumrah kok. Tenang kamu tidak sendirian. Secara psikologi, ketika manusia sudah merasakan rasa nyaman dalam hidupnya, perubahan pun dinilai sukar untuk dijalankan. Tetapi kenapa tidak untuk KAMU yang lebih baik? Pertama, ayo buat daftar ketakutanmu dan pelajari baik-baik. Kedua, diskusikan pada teman terdekat atas bagaiamana strategi terbaik untuk menghadapinya. Dan ketiga, ubah "Saya takut" menjadi "Saya akan", hingga "Saya melakukan". Semangat!

4. Kenali kebiasaan-kebiasaan buruk

Langkah keempat sejalan dengan langkah sebelumnya. Jika sebelumnya kamu membuat daftar rasa takut apa yang kamu hadapi, kali ini kamu diperlukan untuk membuat daftar atas apa yang seringkali membuatmu kalah atau gagal. Contohnya, kamu harus mengubah kebiasaan dari nongkrong di mall atau wisata kuliner bersama teman-temanmu menjadi jalan-jalan ke museum atau memilih untuk mencicipi makanan baru di restoran yang menawarkan menu-menu sehat. Kenali kebiasaan secara mendalam, dan ubah mereka menjadi aktivitas pendukung resolusimu ya!

5. Ulangi kembali ketika gagal

"Saya gagal!" That's alright! Bahkan atlet profesional sekaliber Lionel Messipun tidak langsung menjadi superstar sesaat dia merumput di lapangan. Resolusi membutuhkan proses, dan proses meliputi kegagalan. Untuk itu, langsung mulai kembali sesaat kamu kalah. Jangan menunda untuk hal-hal yang tidak diperlukan apalagi menyerah. Yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan hari atau tanggal sebagai "reset button". Jadi, ketika kamu gagal, kamu harus memulainya kembali di hari yang sudah ditetapkan.

6. Andalkan juga pertolongan orang lain

Teman terdekat, keluarga, dan teman se-resolusi adalah sumber dukungan terkuat. Kamu bisa menghidari stress dengan meminta dukungan dan masukan kepada mereka. Jadikan dukungan dan masukan tersebut sebagai renungan dan hadapi masa-masa down bersama mereka. Karena nasihat dan ide-ide barulah akan terus memotivasi dirimu mencapai sukses.

7. Buat jurnal

Membuat jurnal atau catatan atas apa yang sudah kamu lakukan demi mencapai resolusi membantumu untuk terus berlari. Tentukan hari menulis jurnal tersebut dan upayakan untuk tidak ketinggalan satu kesempatan pun

Menjaga konsistensi, motivasi, dan dedikasi pada diri dalam mencapai resolusi jelas tergolong hal berat. Namun, dapat disiasati dengan 7 langkah di atas. Jangan sungkan juga untuk selalu berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan jadikan hasil diskusi berupa ide dan masukan sebagai motivasi untuk berlari mengejar resolusi lebih kencang lagi. Untuk mendapatkan tips lain seputar inspirasi gaya hidup dan belanja online, yuk klik tombol di bawah ya!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru