7 Cara Atasi Ngantuk Saat Sedang Bekerja

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 26, 2016

Mengantuk dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Biasanya, kamu sering merasa ngantuk setelah makan siang. Rasa ngantuk pun sulit sekali dihindarkan sehingga tak jarang mengganggu konsentrasi saat bekerja. Berikut ini cara alami untuk mengatasi rasa ngantuk agar kamu kembali berenergi dan tetap produktif.

1. Mengatur Tidur

Tidak mengherankan jika kamu berusaha melawan rasa ngantuk karena kamu tidur larut malam dan bangun saat pagi buta. Mungkin juga kamu sering mengurangi tidur pada hari kerja dan justru tidur sepanjang hari ketika akhir pekan tiba. Jika kamu bersungguh-sungguh ingin melawan rasa ngantuk, mulailah mengatur waktu tidur dan istirahat dengan waktu yang sama setiap hari, bahkan saat akhir pekan.

2. Tidur Siang

Tidur siang sangat baik. Tidur selama 30 menit dapat menghilangkan rasa ngantuk, mengembalikan energi, dan membuat kamu lebih produktif sepanjang siang. Ingat, jangan tidur terlalu lama. Tidur siang yang terlalu lama menyebabkan sulit tidur saat malam hari.

3. Banyak Minum Air

Apa kamu meminum banyak air? Meminum banyak air ternyata dapat melawan rasa ngantuk. Minumlah delapan sampai sepuluh gelas air mineral dalam sehari dan lihatlah hasil yang lebih baik pada dirimu.

4. Sarapan

Tubuhmu membutuhkan kalori untuk menjalankan aktivitas seharian. Tidak sarapan malah akan membuat badanmu lesu sehingga hanya mampu menahannya sampai siang. Sarapan tidak perlu makan makanan besar, cukup semangkuk sereal atau segelas susu.

5. Hindari Makanan Berlemak dan Manis

Tubuhmu membutuhkan kalori untuk asupan energi, tetapi tidak semua kalori itu sama. Kalori yang terdapat dalam makanan berlemak dan manis akan menyebabkan gula darahmu naik sehingga kamu merasa lelah dan lesu.

6. Makan Biji-bijian, Buah, dan Sayur

Kita memang harus sarapan dan menghindari makanan berlemak dan manis. Sebaiknya cobalah memakan biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging tanpa lemak.

7. Hirup Udara Segar

Berada di dalam ruang kerja terus menerus dapat membuat kamu penat. Hiruplah udara segar di luar untuk mengembalikan energimu. Kamu juga bisa sekedar membuka jendela, berdiri di luar ruangan, atau berjalan-jalan. Nikmati udara segar dan sinar matahari jika kamu merasa lelah dan tidak bisa tidur siang.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru