[Bag. 2] Resolusi Tahun Baru: 6 Langkah Memulai Optimisasi Resolusi

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 11, 2016

Melanjuti artikel sebelumnya, Lulu sudah membahas enam langkah awal dalam merencanakan, memutuskan hingga persiapan awal resolusi. Kali ini Lulu hadir dengan 6 langkah selanjutnya yaitu untuk mengoptimisasi resolusi yang sudah ditetapkan. Yuk, baca langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Buat dan atur timeline

Setelah mempunyai satu atau dua resolusi besar dan jangka panjang untuk tahun ini. Langkah selanjutnya adalah menyusun timeline. Alangkah lebih baik lagi jika kamu bisa menentukan tenggat waktu (deadline) spesifik dalam menggapai resolusi. Kita ambil contohnya jika resolusimu adalah menurunkan berat badan. Pertama, pastikan kamu sudah melakukan riset kecil atas jumlah bobot yang bisa dibuang dengan periode waktu yang ideal. Sehingga kamu bisa mengatur pola makan, jadwal olahraga, hingga aktivitas pendukung lain seperti perbanyak minum air putih dan segudang aktivitas lainnya.

2. Ikuti rencana yang sudah dibuat secara disiplin

Salah satu penyebab terbesar gagalnya resolusi adalah waktu memulai yang kerap diundur-undur. Seringkali terbesit di pikiranmu akan "Belum ada motivatasi hari ini, aku akan memulainya besok". Keesokan harinya, kamu kembali menjadi hal tersebut sebagai alasan selanjutnya dan berulang-ulang hingga penghujung tahun. Kuncinya adalah, atur timeline sesuai dengan kapasitas diri dan mulailah di saat yang sudah ditentukan. Percaya deh, memulai merupakan fase yang amat sulit, namun semuanya akan menjadi lebih enjoy dan mudah ketika kamu sudah menjadikan aktivitas menuju resolusimu ke dalam rutinitas.

3. Lakukan evaluasi bertahap

Evaluasi itu wajib hukumnya. Jika kamu merasa memerlukan orang lain untuk melakukan evaluasi, maka jangan sungkan untuk mengajak teman terdekat dan lebih baik lagi mengajak orang dengan resolusi yang sama untuk melakukan evaluasi. Evaluasi membantu kamu tetap fokus dan menilai metode-metode yang sudah diterapkan serta mengeluarkan ide-ide baru. Dengan teman seperjuangan, dengan lebih mudah kamu bisa saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain.

4. [BUZZ BUZZ] Selalu ingatkan diri sendiri

Langkah satu ini terdengar sepele memang, namun mengingatkan dan memotivasi diri sendiri terasa cukup berat jika kamu tidak memiliki dorongan yang kuat. Untuk itu, mulai biasakan untuk menuliskan aktivitas per-minggu, bahkan per-hari demi bisa mencapai resolusi tahun ini. Harus tetap semangat!

5. Titik beratkan fokus pada proses bukan hasil akhir

Hal lain yang perlu dimengerti dan diingat adalah, fokus pada proses yang dijalankan, bukan pada hasil akhir yang idamkan. Jika kamu ingin lebih langsing, fokuskan diri pada proses fitness dan latihan-latihan yang dijalankan tiap minggunya bukan pada berapa kilo gram yang sudah berhasil kamu buang setiap bulannya. Because you will get there, eventually!

6. Rancang lingkungan senyaman mungkin untuk mendukung tujuanmu

Mengingatkan dan memotivasi diri sendiri secara berkala juga harus diimbangkan dengan kebiasaan baru. Untuk bisa menurunkan berat badan, ayo mulai buang junk food seperti minuman bersoda, keripik kentang dan menggantinya dengan air mineral, buah-buahan serta sayuran khasiatnya jauh lebih baik demi mendapatkan tubuh yang ideal. Kamu juga bisa memulai kebiasaan baru dengan teman-temanmu lho. Hang-out selanjutnya bisa dilakukan di restoran dengan menu lebih sehat dari biasanya atau mengurangi frekuensi mengkonsumsi rokok.

Setelah memutuskan resolusi besar dan jangka panjang selama 2016, jangan tunda lagi untuk mengatur timeline yang ideal dan mulai sistem untuk meraih resolusi sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi secara berkala dan selalu ingatkan dan motivasi diri sendiri akan tujuan serta fokuskan selalu pada proses yang dijalani. Karena pada akhirnya, hanya kamu yang bisa menggapai kesuksessan tahun ini. Good luck!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru