[Bag. 1] Resolusi Tahun Baru: 6 Langkah Membuat Resolusi dan Persiapan Awal

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 08, 2016

Tahun baru, salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap individu. Momen tersebut menyimpan segudang kemeriahaan, keceriaan, hingga nostalgia. Pada 31 Desember setiap tahunnya, serangkaian rencana disusun untuk merayakan kenangan selama satu tahun lamanya dan menyambut kedatangan tahun baru. Resolusi menjadi satu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari momen tersebut. Setiap individu berkontemplasi, menyendiri untuk berfikir, dan juga berdiskusi dengan sesama demi menetapkan resolusi tahun baru. Namun, tidak sedikit dari kita yang bahkan belum kepikiran resolusi sama sekali. Tidak perlu khawatir, bulan ini, Januari, semuanya tentang resolusi kok. Untuk itu, Lulu sudah merangkum 6 tips membuat resolusi dan persiapan awal yang disadur dari wikihow:

1. Buat pemetaan dan pertimbangan atas perubahan dan perkembangan apa yang ingin dilakukan

Hal ini bisa berhubungan dengan banyak hal. Resolusi tahun baru tidak melulu harus berhenti merokok, mengurangi asupan junk food, atau turun berat badan. Pertama-tama, buatlah daftar beberapa kemungkinan resolusi dengan empat pertimbangan berikut: apakah resolusi tersebut dapat meningkatkan kesehatan tubuh, berkaitan dengan menurunkan berat badan, berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi junk food hingga berolahraga secara kontinyu; apakah resolusi tersebut dapat meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain? Pertimbangkan output final dari resolusi; apakah resolusinya bisa meningkatkan kesuksessan dan kebahagiaanmu di dunia kerja; dan apakah resolusi tersebut bisa membawa perubahan?

2. Pilih satu atau dua resolusi jangka panjang

Membuat semuanya menjadi lebih runyam atau 'overcomplicating" seringkali menghampiri kamu dalam urusan pengambilan keputusan. Kuncinya adalah baca dan pahami daftar resolusi beserta pertimbangan yang sudah dibuat secara seksama dan langsung putuskan satu atau dua resolusi jangka panjangmu. Sahabat Telunjuk, biasanya resolusi yang langsung menarik perhatian saat pertama kali kamu membaca adalah yang paling berarti untukmu.

3. Buat sistem sendiri

Resolusi akan lebih mudah dicapai dengan adanya sistem yang kamu buat menyesuaikan kapasitas dan kekuatan dirimu sendiri. Sistem membagi resolusi jangka panjangmu menjadi beberapa aktivitas yang dimana akan memudahkan dalam menaklukkan resolusi. Ambil contohnya jika ingin menurunkan berat badan sebanyak 20 kg tahun ini. Sistem yang diterapkan bisa berbentuk aktivitas seperti mengurangi hingga berhenti mengkonsumsi makanan cepat saji dan yang mengandung kadar gula tingga, mengkonsumsi air lebih banyak, berolahraga tiga kali seminggu hingga rutin berolahraga di gym.

4. Lihat kembali resolusi dan refleksikan menggunakan SMART

SMART terdiri dari Specific/Siginificant, Measurable, Attainable, Relevant (atau Rewarding), Trackable. Resolusi harus mengandung 5 unsur tersebut. Resolusi harus bisa disistemkan dalam artian kamu mempunyai daftar aktivitas untuk meraih tujuan akhir. Selain itu, harus bisa diukur atau orang lain bisa mengidentifikasi perubahan yang kamu lakukan. Selanjutnya resolusi juga harus realistis, boleh mengambil resolusi setinggi mungkin, namun harus diukur kembali dengan tolak ukur dirimu sendiri, hindari menggunakan sudut pandang orang lain. Keempat, resolusi tersebut harus bermanfaat untuk banyak sisi kehidupan seperti hubungan dengan sesama dan dunia kerja. Dan terakhir, sama halnya dengan dapat diukur, untuk mengukurnya kamu harus bisa meninggalkan jejak dalam periode tertentu seperti pengukuran sebulan atau tiga bulan sekali.

5. Informasikan resolusi ke orang terdekat

Diskusikan resolusi dan apa yang melatarbelakangi resolusi tersebut. Jangan sungkan untuk meminta tolong kepada orang lain seperti membantu mengingat tujuan akhir tahun. Memberitahu resolusi ke orang lain juga menyuntikkan semangat kepada dirimu, karena biasanya orang yang "sesumbar" atas resolusinya akan merasa malu jika akhirnya tidak tercapai. So, work your body out!

6. Prin resolusimu dan pajang dimana matamu sering menatap atau dekat denganmu

Simpan juga soft copy atau file dari resolusi tersebut disetiap gadget yang dimiliki. Hasil print-outnya dapat kamu tempel di kantor, di kamar, di kamar mandi, di ruang makan, di pintu kulkas, hingga simpan di dompet! Hal ini akan menyebalkan pada akhirnya, namun membantumu untuk terus termotivasi dan ingat akan resolusi.

Berikut enam (6) langkah yang kudu kamu coba dalam menentukan resolusi tahun ini. Hindari pengambilan keputusan yang sifatnya tergesa-gesa namun tidak perlu mempertimbangkan selama berhari-hari. Masih belum mempunyai resolusi? Ayo mulai dengan langkah pertama di atas! Dan untuk mendapatkan tips & trik seputar belanja online serta gaya hidup lainnya, yuk langsung klik aja tombol di bawah ini! Good luck!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru