5 Tips untuk Menerapkan Pola Makan Sehat (Bagian 2)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Apr 11, 2016

(CMCK) - Untuk mendukung pola hidup sehat, kamu menerapkan pola makan sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, untuk terus termotivasi dan akhirnya bisa membuat hal tersebut menjadi rutinitas dan pola makan yang tanpa disadari terimplementasikan, kamu memerlukan tips-tips agar penerapannya berjalan lancar dan kamu mengerti bagaimana "makan sehat" yang benar. Jika di artikel sebelumnya, Lulu sudah membahas 5 tips pertama, berikut adalah tips selanjutnya untuk menerapkan pola makan sehat:

1. Ingat jika lemak bukan musuhmu

Perlu di-highlight jika lemak bukanlah musuh bagi tubuhmu, karena pada dasarnya tubuh membutuhkan seluruh substansi dan memiliki manfaat sendiri bagi tubuh. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah ada lemak baik dan lemak jahat bagi tubuh. Lemak baik bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit, selain itu juga baik untuk mendorong mood lebih baik dan membentuk energi. No, tubuh tidak membutuhkan lemak jahat yang berasal dari mentega batangan atau makanan berminyak. Lemak baik dapat ditemukan pada makanan sehat seperti ikan salmon, alpukat, telur, chia, dan kacang-kacangan.

2. Keep it simple

Jika kamu sudah mengikuti para aktor pelaku pola hidup dan makan di instagram atau blog, kamu pasti berpikir jika makan sehat harus berbeda dari hari ini, besok, lusa, dan seterusnya. Kamu tidak perlu meribetkan soal makanan sehat apa yang mau diramu hari ini dan setelahnya. Iya, kamu memang bisa mengganti makananmu, namu lakukanlah percobaan pada bahan makanan yang sudah ada. Remember, real food can be simple and quick to prepare. Do not overcomplicate things!

3. Makan makanan yang ada di kulkas

Terdengar sedikit ambigu memang, namun hal ini bisa membantu untuk lebih disiplin dalam penerapan pola makan sehat. Isi kulkas dengan makanan sehat seperti buah, sayuran, roti rendah lemak, telur, kacang-kacangan dan pilih beberapa bumbu seperti mustard, sambel, bumbu tanpa garam, dan lainnya. Usahakan untuk tidak mengambil makanan di luar apa yang ada di kulkas, dan stay committed!

4. Menata ulang isi dapur

Jika makan apa yang ada di kulkas terlalu membosankan, kamu bisa menyiasati variasi makanan dengan menata ulang isi dapur. Buang atau donasikan snack-snack seperti keripik kentang, coklat, sup instant, hingga sereal kaya gula dan ganti dengan tomat dalam kemasan, kentang, bumbu atau rempah-rempah, selai kacang, dan opsi lain.

5. One size doesn't fit all

Seluruh tips yang sudah disampaikan bisa saja tidak cocok untuk masing-masing individu. Maka dari itu, Lulu menyarankan kamu untuk mengetahui dan memperlajari hormon, isu kesehatan saat ini, aktivitas sehari-hari, kebiasaan tidur & istirahat, hingga tingkat stress yang mempengaruhi kesehatan masing-masing individu. Hingga akhirnya, kamu bisa mencari tahu jenis, porsi, frekuensi yang membentuk pola makan sehat. So, remember, one size doesn't fit all!

Mempelajari dan mengimplementasi pola hidup dan pola makan sehat tidak sukar bukan? Hal yang selalu perlu diingat adalah mengapa makan sehat itu penting dan bermanfaat untuk tubuh dan kehidupanmu. Mulai implementasikan tips-tips di atas dan happy healthy eating!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru