5 Tips untuk Menerapkan Pola Makan Sehat (Bagian 1)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Apr 11, 2016

(CMCK) - Mempelajari dan menerapkan pola hidup (pola makan) sehat ialah satu hal yang diminati banyak orang. Namun, pada satu titik, tidak sedikit orang frustasi dan berujung untuk menyelesaikan pola makan sehat mereka. Bahan utama agar tetap termotivasi dan semangat menjalankan hidup sehat kembali ke prinsip dasar mengapa pola makan sehat bersifat krusial pada tubuh kita. Seorang nutritionist asal Amerika Serikat, Heather McClees, mengungkapkan jika pola makan seimbang berdampak baik seperti tekanan gula, fokus, fungsi hati dan sistem percernaan lebih baik, usia lebih panjang, kecilnya resiko akan penyakit, serta berat badan seimbang. Berikut 5 tips menerapkan pola makan sehat:

1. Selalu mulai dengan makanan segar

Makanan segar (fresh food) harus ada di setiap jam makanmu setiap hari. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dan memilih untuk mengandalkan diet bars, shakes, makanan cepat saji dan kafein karena efisien waktu dan "mengenyangkan". Well, kamu salah, yang ada adalah kamu cenderung cepat lapar seharian. Untuk itu, selalu ingat jika tubuh selalu memerlukan vitamin dan mineral yang dimliki oleh sayuran, sayuran hijau dan buah. Sehingga sebisa mungkin untuk mengkonsumsi makanan segar saat sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

2. Dengar rasa lapar

Hal ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, yaitu tidak mendengarkan dan mempelajari rasa lapar yang dirasakan. Jika kamu merasa lapar, maka makanlah, dan jika tidak, kamu tidak perlu mengunyah. Bangun di pagi hari dan kamu langsung merasa lapar, tunggu beberapa saat hingga akhirnya tubuh menyatakan kamu siap untuk makan. Kamu bisa makan siang ketika tubuh sudah memberikan signal dan makanlah saat tengah hari, jangan terlalu pagi atau cenderung sore. Saat makan malam tiba, bukan berarti kamu bisa makan banyak karena cenderung capek setelah beraktivitas seharian. Pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga tetap kenyang hinga pagi hari.

3. Lihat makan lebih dari sekedar kalori

Ya, kamu memang bisa menyiasati porsi makan dengan diet kalori dalam artian menghitung setiap kalori yang masuk ke tubuh dari makanan yang ditelan. Hal yang perlu dicatat ialah alih-alih memilih makanan dalam kemasan dan menghitung kalori yang ada, makanlah makanan sehat seperti sayur, daging, buah dan sayur. Mengapa? Sederhana, kualitas kalori yang terkadung pada makanan segar 10 kali lebih baik dari yang ada di makanan dalam kemasan. So, ketika lapar, lebih baik merebus dada ayam daripada memasak mie instan.

4. Ingat pentingnya kadar gula dalam darah

Kadar gula mendukung dan juga melemahkan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi karbohidrat dan gula berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan bertambah berat badan. Maka, jika kamu mengkonsumsi makanan manis, seimbangkan asupan dengan mengkonsumsi protein dan lemak baik. Untuk itu, konsumsi sayur, sayuran hijau, protein, dan buah-buahan.

5. Hindari gula

Healthy eating rarely involves sugar. So, jika kamu bisa mengabaikan gula yang terdapat makanan dan minuman manis seperti dessert, sirup, dan sebagainya, itu lebih baik. Beberapa hal buruk yang dipacu oleh gula seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, membuat terlihat lebih tua, dan pastinya bertambah berat badan. Namun, bukan berarti tubuh tidak memerlukan gula sama sekali, kamu harus tetep membutuhkan gula untuk membentuk tenaga. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan yang merupakan sumber gula alami untuk mendapatkan energi.

Mempelajari dan mengimplementasi pola hidup dan pola makan sehat tidak sukar bukan? Hal yang selalu perlu diingat adalah mengapa makan sehat itu penting dan bermanfaat untuk tubuh dan kehidupanmu. Mulai implementasikan tips-tips di atas dan happy healthy eating!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru