[Bag. 1] 5 Tips Dasar untuk Rambut Lebih Kuat dan Sehat

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 22, 2016

Secara teknis, rambut dapat juga digolongkan sebagai jaringan mati, dimana kita rela menghabiskan banyak waktu, uang, dan tentunya energi untuk perawatan rambut. Untuk mengikuti trend rambut yang selalu berubah tiap musimnya, kamu melakukan styling pada rambut dengan melakukan pengecetan, pelurusan, pengrtingan, dan banyak aktivitas lainnya. Ketika rambut sudah dihadapkan dengan kekusaman, split ends, ada satu hal yang benar-benar harus kamu pahami. Yaitu, rambut, sama halnya dengan kuku, terbuat dari protein. Maka dari itu, untuk mendapatkan rambut lebih kuat dan sehat, kamu perlu memperhatikan asupan protein pada rambut. Adapun tips dasar yang sudah Lulu ragkum dari readersdigest adalah:

1. Alpukat & Telur

Tips pertama memerlukan alpukat matang dan telur. Haluskan isi buah alpukat dan campurkan telur di dalamnya. Alpukat seperti banyak buah lainnya kaya akan vitamin, asam lemak dan mineral yang membantu rambut untuk tumbuh kembali lebih kuat. Oleskan campuran pada rambut basah dan diamkan setidaknya selama 20 menit, dan bilas rambut hingga bersih. Kamu bisa melakukan tips ini sekali dalam seminggu untuk rambut rusak dan sekali dalam sebulan untuk rambut sehat.

2. Apple Cider Vinegar

Kamu pasti bertanya-tanya "Apa hubungannya Apple Cider Vinegar (ACV) dengan kesehatan rambut?" Well, campuran ACV dengan air hangat akan menyeimbangkan level keasamn pada kulit rambut dan mengeluarkan highlist kemerahan yang dimiliki rambut. Abaikan baunya, oleskan campuran tersebut ke rambut, pijat kepala beberapa menit dan biarkan kering.

3. Omelet Sampo

Yep, benar sekali! Tips ketiga ini memerlukan telur dan sampo. Campur 1 telor dan sampo dan keramaslah seperti biasanya selama 5 menit. Bilas hingga benar-benar bersih. Omelet sampo membantu penguatan protein rambut yang mulai rusak dan menjadi sehat kembali.

4. Kondisioner Homemade

It's okay jika kamu suda mempunyai kondisioner, namun tidak ada salahnya mencoba kedahsyatan kondisioner homemade satu ini. Beberapa teknik dan bahan yang bisa kamu coba antara lain: oleskan mayonnaise pada rambut hingga menutupi seluruh permukaan rambut, diamkan rambut selama 1 jam, dan bilas bersih; ganti kondisioner dengan susu kental manis. Protein yang terkandung di dalam susu memberikan special shine [ada rambut; atau kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan aloe vera, rosemary dan minyak cendana. Campuran tersebut mampu melembutkan, melembabkan, dan juga memberikan wangi pada rambutmu sepanjang hari.

5. Lemon Juice

Manfaat dari buah satu ini, dapat dirasakan dari ujung rambut hingga ujung kaki lho. Selain mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, kamu bisa mendapatkan highlight lebih lembut dan alami dengan membasahi rambut terlebih dahulu sebelum beraktifitas di luar rumah. Namun, jika kamu kurang menyukai lemon juice, kamu bisa menggantinya dengan produk styling rambut yang kaya akan kandungan buah sitrus.

Ladies, dengan mengerti kandungan protein yang ada pada rambut adalah hal terbaik untuk bisa mendapatkan rambut yang lebih kuat dan sehat. Untuk itu, lebih baik lagi memperhatikan asupan protein pada rambut dengan melakukan tips-tips di atas. Yuk dapatkan artikel tips & trik seputar fashion & beauty dan belanja online lainnya dengan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru