5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat CV

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 28, 2016

Setiap kali melamar pekerjaan baru, CV yang baik bersifat penting. CV merupakan tool pertama yang bisa menghantarkan kamu ke tahap selanjutnya. Maka, penting banget hukumnya untuk membuat dan menyusun CV sebaik mungkin. Perlu diingat juga pada rata-ratanya terdapat 250 resume yang masuk setiap kali ada lowongan kerja. Bahkan jumlahnya bisa berganda berkali lipat tergantung dengan industri, jenis pekerjaan, dan perusahaan yang membuka lowongan kerja. Untuk itu, kamu perlu menyusun CVmu dengan baik dan menarik agar menarik perhatian sang rekruter. Lulu sudah merangkum 5 hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat CV yang baik, disadur dari topresume.

1. Buat daftar seluruh pekerjaan

Daftar pekerjaan jelas bervariasi pada tiap individu. Pada detik ini, kamu bisa saja sudah bekerja di banyak perusahaan. Namun, bisa juga baru bekerja di satu perusahaan pada jangka waktu yang cukup lama. Abaikan, buat daftar lengkap dari seluruh pekerjaan yang pernah kamu jalani.

2. Tulis semua tugas dan tanggungjawab

Jika kamu berfikir kamu mengingat seluruh tugas dan tanggungjawab pada pekerjaan sebelumnya, tetap terdapat kesempatan kamu lupa satu dan dua tugas. Untuk itu, tulis dulu seluruh tugas dan tanggungjawab yang pernah kamu emban pada tiap-tiap posisi. Pastikan kamu tidak melupakan satu tugaspun.

3. Lihat kembali lowongan kerja

Jika selama ini kamu berfikir 1 CV saja cukup dan bisa digunakan untuk seluruh lowongan kerja yang ada. Maka, kamu keliru. Faktanya, jika CVmu cukup berkesan, rekruter dengan teliti membaca kalimat yang kamu tulis. Dan dikhawatirkan terdapat kesalahan tanggal atau bahkan jenis posisi yang kamu lamar. Untuk itu, lihat kembali posisi yang dilamar secara seksama dan pasangkan dengan keahlian atau pengalaman kerja sebelumnya. Selalu tonjolkan kelebihan yang berkaitan erat dengan posisi yang dilamar dan hindari blind applying.

4. Review performa

Manager mempunyai satu tanggungjawab khusus yaitu memastikan setiap anggota pada timnya bisa bekerja baik, saling membentuk tim yang solid, dan bisa berkembang. Untuk itu, tidak jarang manajemen atau perusahaan mengadakan review pada tiap-tiap karyawannya. Nah, ingat dan jika perlu catat output hasil review baik kekurangan dan kelebihan. Jadikan review tersebut sebagai kekuatan yang kamu miliki di dalam CV.

5. Membuat bank kata kerja

Buat apa sih harus membuat bank kata kerja? Faktanya, sebagian besar pelamar kerja aktif terbiasa dengan budaya copy-paste dan kerapkali mengenyampingkan isi CV mereka dari orisinalistas. Maka, cari kata-kata kerja positif yang cocok untuk disisipkan dalam kalimat CV, dan susun CV menurut kekuatan yang dimiliki.

Sahabat Telunjuk, siap menghadapi tantangan karir baru? Pastikan kamu melakukan 5 hal di atas sebelum menyusun CV terbaru ya. Wajib banget deh hukumnya menyusun CV yang baik, sehingga menarik para rekruter untuk memanggilmu ke tahap selanjutnya. Oh ya, kamu juga bisa menemukan tips-tips seputar karir, belanja online, fashion & beauty dengan menekan tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru