5 Elemen Kunci Dalam Menulis CV

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Feb 02, 2016

Terdapat beberapa elemen kunci yang harus ikut serta di dalam sebuah CV. Ya, CV berperan sebagai gerbang menuju pekerjaan yang diidamkan. Untuk itu, kamu memperhatikan 5 elemen kunci sebuah CV yang sudah Lulu rangkum dari COrinne Mills, Manager Director dari Personal Career Management via BBC:

1. Terspesialisasi

Perhatikan kualifikasi dari lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar. Hindari mengirim satu CV yang sama ke seluruh lowongan kerja yang ada. Tipsnya adalah, pelajari masing-masing kualifikasi dan tanggungjawab yang dibutuhkan, dan spesialisasikan CV mu sejalan dengan apa yang diinginkan oleh pekerjaan tersebut.

2. Keep it simple!

Hmm, kamu cukup menuliskan CV dalam dua halaman A4 saja, itu sudah cukup kok. Hindari menulis CV terlalu panjang hingga lebih dari 2 halaman.

3. Terdiri dari informasi kunci

Detail personal termasuk nama, alamat, nomor telepon dan alamat email aktif, serta akun sosial media. Seluruh informasi tersebut harus dicantumkan secara jelas. Tanggal lahir bukanlah lagi informasi kunci, dan jangan lupa untuk menyertakan foto close up, dengan pose formal dan santai.

4. "Pamer" prestasi

Tawarkan banyak ide dan kekuatan yang kamu miliki lewat prestasi yang berhasil ditorehkan. Ingat untuk selalu mencantumkan data yang sebenarnya dan tidak berlebihan.

5. Cek dan ricek

Sebisa mungkin lakukan cek dan ricek pada setiap kata yang ada di dalam CV. Selain itu, kamu juga bisa melihat kembali apakah pemilihan huruf, warna, serta garis yang ada terlihat pantas dan membuat CVmu menarik. Hindari typo, benar-benar hindari typo.

Sahabat Telunjuk, siap menghadapi tantangan karir baru? Pastikan kamu memperhatikan 5 elemen kunci yang wajib masuk dalam CVmu. Oh ya, kamu juga bisa menemukan tips-tips seputar karir, belanja online, fashion & beauty dengan menekan tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru