4 Tips Simple Biar Baterai Handphone Nggak Cepet Habis Pas Main Pokemon GO

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jul 27, 2016

Bawa aja powerbank kemana pun kamu main! Well, jawaban tersebut mainstream dan nggak bagus juga untuk hape kalo di-charge terus-terusan pake powerbank. Melansir dari dailydot, Lulu merangkum 4 tips simple yang bisa kamu coba setiap kali main Pokemon GO. Penasaran sama keempat tips-nya? Cek daftarnya di bawah ini ya.

1. Hidupkan 'Battery Saver' di Settings

Berita baiknya, developer Pokemon GO di Niantic ngerti banget kalo baterai akan menjadi isu utama dalam permainan ini. Bener-bener bete kalo lagi hadap-hadapan sama pokemon incaran, tiba-tiba hape mati karena kehabisan baterai. So, para tim Pokemon GO yang jenius-jenius itu, menyediakan fitur Battery Saving di di dalam aplikasi. Kamu tinggal klik ikon Pokeball di layar utama, pilih Setting di sudut kanan atas dan aktifkan "Batery Saver". Fitur ini akan mengurangi brightness layar ketika kamu mengantongi hape, dan tetap memberikan alert berupa getaran (vibration) setiap ada Pokemon yang muncul di sekitar kamu.

2. Kurangi Brightness di hape

Biar nggak kelewatan satu Pokemon pun yang muncul di keliling mu, kamu harus membiarkan Pokemon GO berjalan terus di hape. Walaupun lagi standby, hal ini jelas menguras daya baterai. Untuk itu, kamu perlu melakukan adjustment pada tingkat kecerahan (brightness) hape. Buat layar segelap mungkin namun masih bisa dilihat secara jelas. Kalo kamu menemukan masalah dalam mengadaptasi kecerahaan layar, coba akali dengan mengganti screen protector. Kalo bisa, gantilah screen protector ke layar yang lebih matte yang bisa membuat daya pandang ke layar lebih baik, bahkan saat sedang di luar ruangan.

3. Download data Google Maps Secara Lokal

Pokemon GO menggunakan Google Maps dalam mengeksplor gedung, jalan, dan sekeliling kamu. Secara default, Google Maps berkerja otomatis dan memperbaruhi datanya setiap kali kamu pergi ke tempat berbeda. Celakanya, hal ini cukup mengurasi kuota internet dan baterai. So, kamu perlu mengganti Settings di Google Maps menjadi 'Offline Areas', dan donwload area tempat kamu berpijak kini. Lewat mengaktifkan fitur ini, Google Maps tidak akan memperbaruhi data secara otomatis dan kamu bisa menghemat pulsa internet serta baterai.

4. Low Power Mode ON!

Selain mengaktifkan fitur 'Battery Saver' di aplikasi Pokemon GO, kamu juga perlu mengaktifkan fitur yang sama dari hapemu. So, the fewer the power, the longer the battery will last. Buka 'Settings', lalu baterai, dan aktifkan 'Low Power Mode'. Ajaibnya, kamu tetap bisa menikmati bermain Pokemon GO seperti biasa dan tanpa efek apapun walaupun dalam Low Power Mode. So, kamu belum mengaktifkan 'Low Power Mode' ? Aktifin sekarang jugaaaaaa!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru